Pulau-Pulau di Sumatera Barat yang Ternyata Lebih Indah dari Maldives

Sumatera Barat, ranah Minang yang beradat dan kaya akan tradisi serta budaya. Alamnya elok menyuguhkan keindahan yang bukan hanya ramah di mata tapi juga memperkaya jiwa dengan keindahan mengagumkan. Jangan menganggapnya berlebihan karena begitulah Sumatera Barat dengan ibu Kotanya Padang. Di daerah lain, mungkin sesuatu yang bisa dinikmati tentang salah satu provinsi di bagian barat Sumatera mungkin seputar kuliner dan pertunjukan seninya saja, namun jika kamu datang ke Sumatera Barat, kamu juga bisa menikmati keindahan alam mulai dari pegunungan, ramainya perkotaan, hingga dalamnya lautan.

Khusus untuk pesona baharinya, ternyata nggak kalah loh dari Bali, Raja Ampat, atau Derawan sekalipun. Bahkan ada yang menyamakan pantai-pantai di Sumbar dengan Kepulauan Maladewa atau Maldives. Nggak heran jika sampai ada yang berkata seperti itu, karena memang destinasi wisatanya menawarkan keindahan yang menawan. Apalagi dengan pulau-pulau di lepas pantainya, semakin melengkapi kecantikan Sumatera barat. Berikut ini adalah beberapa pulau populer yang nggak boleh kamu lewatkan.

1. Pulau Pagang

Pulau Pagang [image source]
Pulau Pagang [image source]

Pulau Pagang juga bisa ditempuh dari Pelabuhan Bungus. Yang keren dari tempat ini adalah pantai yang eksotis dengan air lautnya yang jernih kebiruan. Pepohonan yang rindang akan langsung menyambutmu dan memberikan udara yang begitu segar khas pantai yang nggak mungkin bisa kamu rasakan di tengah-tengah kota. Sampai saat ini Pulau Pagang masih terus dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari andalan di Sumatera Barat.

2. Pulau Mandeh

Pulau Mandeh [image source]
Pulau Mandeh [image source]

Pulau Mandeh inilah yang sering disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Kenapa bisa begitu? Kamu baru akan tahu jawabannya jika bertandang ke sana langsung. Gugusan pulau-pulau kecil dihubungkan dengan lautan yang biru, menawarkan keindahan layaknya taman surga. Secara Administratif, Mandeh masuk dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan yang berdekat dengan Kota Padang.

3. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan [image source]
Pulau Pasumpahan [image source]

Pulau Pasumpahan memiliki kondisi alam yang masih alami, baik di darat maupun lautannya. Dengan begitu, kamu bisa puas bermain-main di hamparan pasir pantai sambil menyantap kuliner setelah itu snorkeling mengintip ikan-ikan berenang di sela-sela terumbu karang. berbagai biota laut akan memanjakan matamu, dijamin kamu bakal betah berlama-lama di sana. Pulau Pasumpahan berada dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

4.  Pulau Sawo

Puau Sawo [image source]
Puau Sawo [image source]

Pulau Sawo memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih yang luas. Pemandangan paling indah akan kamu saksikan saat matahari terbenam. Kamu bisa berangkat dari pelabuhan di Kota Padang karena jaraknya dari ibu kota Sumatera Barat itu hanya sekitar 2 km saja. Jika kamu naik perahu nelayan cukup menempuh perjalanan selama 15 menit saja. Dengan luas mencapai 4,6 hektare, Pulau Sawo tidak dihuni olah manusia, namun kamu masih tetap bisa datang ke sini untuk menikmati suasana pantai yang berdampingan dengan asrinya pepohonan. Di sekitar Pulau Sawo terdapat titik snorkeling yang bisa kamu datangi untuk mengintip keindahan bawah laut.

5. Pulau Pandan

Pulau Pandan [image source]
Pulau Pandan [via google map]

Pulau Pandang lebih luas lagi dari Pulau Sawo yaitu mencapai 16,6 hektare. Pesona yang paling mengagumkan dari tempat ini adalah adanya pasir putih di tepi pantai. Kamu bisa bermain di sini, bareng orang-orang terdekatmu. Jika bosan, turun saja ke pantainya yang kondisi air lautnya begitu jernih. Kamu bisa memandang terumbu karang dan ikan-ikan kecil bahkan dari atas permukaan laut. Fasilitasnya lengkap di mana ada warung yang menjual makanan dan ketersediaan air bersih. Untuk menuju Pulau Pandan kamu juga berangkat dari Kota Padang.

6. Pulau Air

Pulau di Sumatera Barat [image source]
Pulau di Sumatera Barat [image source]

Tidak begitu jauh dari Pulau Sawo, terdapat daratan yang luasnya sekitar 4,7 hektare. Masyarakat Sumatera Barat menyebutnya dengan nama Pulau Air. Sampai saat ini, Pulau Air terus dipromosikan sebagai destinasi wisata taman laut dengan terumbu karang dan biota laut yang beragam. Kamu bisa datang ke sini untuk melakukan snorkeling, diving dan lain sebagainya, pasti seru sekali kan? Secara administratif Pulau Air masuk dalam wilayah Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Pulau Sibunta

terumbu karang di taman laut [image source]
terumbu karang di taman laut [image source]

Pulau Sibunta memiliki keindahan tersendiri yang nggak mungkin bisa kamu temukan di tempat lain. Baik daratan maupun baharinya, menyuguhkan keindahan yang begitu memanjakan mata. Kamu yang mencari ketenangan bisa juga datang ke Pulau Sibunta untuk mengistirahatkan tubuh menyegarkan pikiran. Untuk menginjakkan kaki di daratannya, kamu harus mengarungi lautan dari Padang dengan perjalanan selama 18 menit, jaraknya sekitar 12,5 kilometer dan bisa dicapai dengan perahu motor milik nelayan.

8. Pulau Bindalang

Pulau Bindalang [image source]
Pulau Bindalang [image source]

Mantai memang selalu asyik dilakukan untuk mengisi liburan. Apalagi jika kamu bisa santai bareng keluarga atau sahabat sambil menikmati aroma laut yang terbawa oleh angin. Nah lokasi mantai yang keren itu ada di Sumatera Barat. Tepatnya di Pulau Bindalang. Kamu bisa ke sini dengan berangkat menggunakan transportasi laut yang tersedia di Pelabuhan Muaro. Jaraknya tempuhnya tidak terlalu lama, hanya sekitar 20 menit saja. Segera setelah datang, kamu bisa bermain-main di pasir putih yang luas.

9. Pulau Toran

Pulau Toran [image source]
Pulau Toran [image source]

Pulau Toran pasti masih asing di telingamu. Memang sampai sekarang, tidak banyak yang tahu tentang pesona dan keindahannya. Padahal kamu juga bisa bersenang-senang menikmati keindahan alam di sini. Areanya yang masih alami, pas banget dijadikan sebagai lokasi berkemah. Dari daratan utama sumatera Barat, tepatnya dari daerah Bungus, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam.

Itulah beberapa pulau yang keren di Sumatera Barat. Bagaimana menurutmu? Apakah keindahan alamnya sudah pantas disebut Maldivesnya indonesia? Berikan komentarmu di bawah ini ya! Next