Pulau Sara’a, Pesona Surga di Ujung Sulawesi Utara

Hampir setiap jengkal bumi Indonesia punya pesona yang tiada duanya. Dari jantung kota hingga beranda terdepan yang berbatasan dengan negara tetangga, nampak indah dan mengagumkan. Ayo main ke tempat yang lebih jauh lagi, mengarungi bahari hingga sampai di wilayah Bupati Cantik Sri Manalip yaitu Talaud, Sulawesi Utara. Ada Pulau Sara’a yang cantiknya kebangetan, tidak percaya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Satu lagi Maladewanya Indonesia ada di Sulawesi dan dijuluki Pulau Sara’a. Daya tarik utamanya sudah pasti terletak pada hamparan pasir putih yang berpadu serasi dengan laut biru yang memanjakan mata.

Pulau Sara’a [image source]

Hingga saat ini fasilitas yang ada terus ditambah dan dikembangkan agar para wisatawan lebih puas dan betah lama-lama di Sara’a. Memang butuh waktu yang tidak sebentar agar bisa sampai dan menginjakkan kaki di daratannya.

Pulau Sara’a [image source]

Satu kata yang akan muncul di benak saat pertama kali datang ke sini adalah bersih. Jelas sekali terlihat hampir tidak ada sampah yang merusak pemandangan serta alam. Pentingnya masalah sampah ini memang disadari oleh berbagai pihak.

Pulau Sara’a [image source]

Pemerintah setempat dengan menggandeng masyarakat, bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman tanpa merusak alam. Hasilnya nampak pada Pulau Sara’a yang seindah ‘surga’.

Pulau Sara’a [image source]

Akses ke Kebaputan yang berjuluk Porodisa ini bisa melalui Manado, cobalah cari tiket pesawat yang menuju ke Bandara Sam Ratulangi kemudian menuju ke Bandara Melanguane, Talaud dengan menempuh jarak 271 mil laut.

Pulau Sara’a [image source]

Setelah sampai di Melanguane, ibu kota Kabupaten Talaud, kamu bisa langsung menuju ke Pulau Sara’a dengan menempuh perjalanan darat dan laut. Memang tidak berpenghuni dan masih tergolong perawan tapi jutsru itu yang bikin penasaran.

Pulau Sara’a [image source]

Dari Pelabuhan Melong, waktu tempuh menuju ke gugusan Pulau Sara’a bisa mencapai 30 menit menaiki perahu milik nelayan setempat. Harga sewanya normal sekitar 300 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah.

Pulau Sara’a [image source]

Manfaatkan waktu ketika air laut sedang surut untuk senorkeling di sekitar pulau, kamu akan menyangka bahwa ‘surga’ telah lama ada di Indonesia. Sungguh sempurna ciptaan Yang Maha Kuasa.

Snorkeling [image source]

Pualu Sara’a tentu bukan satu-satunya destinasi yang bisa dikunjungi sewaktu menjelajahi Talaud. Kamu bisa sekalian mampir ke Pantai Karakelang yang kecantikannya juga tidak kalah menggoda.

Pulau Karangkelang [image source]

Atau bisa juga mengintip mistisnya Goa Weta yang memanjang sampai 400 meter di daerah Rainis, yang masih satu daratan dengan Bandara Melanguane. Jangan khawatir kalau soal kuliner dan akomodasi, di pusat Kabupaten Talaud ada banyak pilihannya kok.

Goa Weta [image source]
Lokasi : Sara’a, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Wisata di ujung Indonesia ini memang bikin siapapun jadi ‘mupeng’. Jadi, jangan buang-buang waktu lagi yuk segera atur jadwal untuk berkunjung ke Pulau Sara’a dan objek wisata lain di sekitarnya. Next