Spot Snorkeling di Batam? Pulau Petong Jawabnya

Advertisement

Kota Batam yang menjadi kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau memang dikelilingi oleh gugusan pulau kecil yang jumlahnya sangat banyak. Dengan begitu traveler awam saja tahu bahwa daerah ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari. Salah satu kegiatan yang paling asyik dilakukan di tempat seperti itu adalah snorkeling dan satu tempat yang recommended untuk didatangi yaitu Pulau Petong.

Sebetulnya Batam itu punya banyak sekali spot snorkeling kece tapi kalau traveler mencari yang sedikit anti mainstream ya Pulau Petong ini pilihannya. Secara geografis, pulau ini terletak tidak jauh dari spot snorkeling yang sudah populer yaitu Pulau Abang. Yang artinya posisinya juga dekat dengan Pulau Galang Baru, salah satu deretan pulau utama di kota Batam yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang.

Bawah Luat Pulau Petong, via instagram
Bawah Luat Pulau Petong, via instagram

Sebelum berangkat ke Pulau Petong sebaiknya traveler bergabung dengan paket tur yang ada di kawasan Pulau Galang Baru. Hal ini mempertimbangkan belum adanya transportasi umum yang melayani penyeberangan ke pulau tersebut kecuali kapal-kapal yang mengangkut rombongan wisata.

Penyeberangan dari Pulau Galang Baru menuju Pulau Petong sekitar 20-35 menit tergantung kecepatan kapal. Dengan bergabung paket tur traveler bisa mengunjungi beberapa titik snorkeling yang lokasinya berada di tengah laut. Lokasi yang digunakan untuk bermain snorkeling adalah perairan dangkal dengan kedalaman sekitar 2-3 meter.

Snorkeling di Pulau Petong, via instagram
Snorkeling di Pulau Petong, via instagram

Sebetulnya tanpa harus nyebur ke dalam air, traveler sudah bisa melihat dengan jelas gugusan terumbu karang yang ada di perairan Pulau Petong. Pasalnya laut di sekitar pulau ini sangat jernih. Tapi kurang lengkap rasanya jika main ke laut tapi tubuh tidak basah so, mending segera saja menceburkan diri ke laut apalagi dengan cara ini kamu bisa melihat ikan-ikan kecil lebih jelas.

Pulau Petong, via instagram
Pulau Petong, via instagram

Selain snorkelingan, traveler juga bisa bermain-main di Pulau Petong dengan pantainya yang berish dan berpasir putih. Ada beberapa agen wisata yang melayani paket tur ke Pulau Petong dengan tarif yang beragam. Salah satunya yang paling populer adalah Reefs Adventure. Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi keberadaan Pulau Petong bisa dilihat pada peta berikut.

Advertisement
Tags
kepulauan riau Kota Batam Pulau batam Pulau Petong
Share