Catat! Ini Jadwal Rutin Pesta Diskon di Kota-Kota Besar Tanah Air

Advertisement

Belanja murah tapi dapatnya banyak, siapa yang nggak tergiur jika disuguhi dengan surga belanja penuh diskon seperti itu? Dengan adanya pesta atau festival belanja, barang-barang yang bisanya dipatok dengan harga selangit, bisa kamu jangkau dengan beberapa rupiah saja. Momen seperti itu tentu nggak ada setiap waktu, bisa-bisa hanya muncul setahun sekali saja. Nggak masalah kan jika sekali belanja kamu bisa memborong banyak barang hingga lemarimu kembali penuh. Umumnya pesta diskon besar-besaran diadakan di kota-kota besar yang memiliki banyak pusat perbelanjaan seperti Jakarta dan Surabaya. Bahkan setiap mall memiliki acara diskon tersendiri.

Barang-barang yang dijual juga nggak  sekadar pakaian dan perkakas saja, tapi juga ada berbagai kuliner yang rasanya mantap. Istilah lain untuk festival belanja tersebut adalah bazar. Meski begitu, kemu harus jeli-jeli memilih barang. Karena nggak semuanya memiliki kualitas baik. Namanya juga barang diskonan. Tapi jika kamu bisa membeli sesuatu yang harganya jauh lebih murah, kenapa enggak? Jika di hari biasa kamu hanya membawa pulang satu atau dua potong pakaian, tapi saat pesta diskon sepuluh baju pun nggak akan masalah untuk dompetmu, masih ada banyak sekali keuntungan lainnya. Agar kamu nggak kelewatan gelaran menarik itu, kamu akan membeberkan tentang berbagai festival belanja di kota-kota besar Indonesia.

1. Bandung Great Sale

Bicara soal surga belanja, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang Bandung. Kota Kembang tersebut dikenal sebagai pusat mode di Indonesia. Banyak sekali outlet-outlet yang menjual berbagai jenis pakaian dan aksesorisnya. Bertepatan dengan hari jadi Kota Bandung, maka akan diadakan bandung Great Sale. Acara tersebut tentu akan bertabur diskon. Harapannya kunjungan wisatawan akan meningkat, sehingga perekonomian dan sektor lain juga akan kecipratan dampak baiknya.

Bandung Great Sale [image source]
Bandung Great Sale [image source]
Tahun ini Bandung Great Sale digelar pada  10 September hingga 09 Oktober 2016. Berbagai mall hingga pertokoan akan ambil bagian dalam memeriahkan Bandung Great Sale. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan Joerliawan. “Untuk menyukseskan Bandung Great Sale, mal sampai usaha kecil menengah akan ikut dalam program ini,” ujar Herlan. Selain itu, festival belanja tersebut juga menjadi bagian dari strategi menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016.

2. Festival Jakarta Great Sale

Jakarta adalah ibu kota negara yang saat ini menjadi kota teramai, baik dari segi ekonomi maupun pemerintahan. Potensi tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar Jakarta bisa menjadi tujuan wisata yang menarik. Salah satu kegiatan keren dan ditunggu-tunggu di kota tempat Monas berdiri itu adalah Festival Jakarta Great Sale. Kamu bisa belanja berbagai keperluan dengan harga semiring mungkin. Bahkan ada yang memberikan diskon gila-gilaan hingga 95 persen.

Jakarta Great Sale [image source]
Jakarta Great Sale [image source]
Biasanya Festival Jakarta Great Sale diadakan pada Bulan Juni hingga Juli bertepatan dengan hari jadi Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan agar Jakarta bisa menjadi destinasi wisata belanja. “Dengan adanya pesta diskon tahunan ini diharapkan dapat menjadikan Jakarta sebagai destinasi belanja dan mendatangkan wisatawan datang ke Jakarta,” jelas Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

3. Pekan Raya Jakarta

Pekan Raya Jakarta (PRJ) sudah digelar sejak bertahun-tahun yang lalu dan hingga saat ini disambut baik tidak hanya oleh warga Jakarta, tapi juga dari daerah-daerah lain. Acara tersebut adalah pameran yang menyuguhkan berbagai barang produksi. Kamu bisa belanja puas banget di Pekan Raya Jakarta, karena besar diskonnya bikin melongo.

Pekan Raya Jakarta [image source]
Pekan Raya Jakarta [image source]
Selain itu, pemeran yang biasanya digelar di Monas tersebut juga menyuguhkan berbagai hiburan dan pentas kesenian. Momen yang pas untuk mengadakan acara tersebut adalah saat hari jadi Jakarta, jadi kamu bisa berburu barang belanjaan di PRJ sekitar pertengahan Juni hingga Juli.

4. Surabaya Shoping Festival

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia dan menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur. Ketika peringatan hari jadi Surabaya, maka masyarakatnya bergembira dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah Surabaya Shoping Festival (SSF) yang digelar selama satu bulan penuh.

Surabaya Shoping Festival [image source]
Surabaya Shoping Festival [image source]
Jumlah diskonnya bukan main-main, di sebagian besar mall di Surabaya akan memberikan diskon hingga 80 persen. Banyak pihak mengharapkan agar SSF bisa menjadi magnet agar pengunjung Kota Surabaya terus meningkat. Saat kamu ada di Surabaya di Bulan Mei, sempatkan untuk berburu diskon ya! Karena pada saat itulah SSF biasanya diadakan.

5. Semarang Great Sale

Semarang Great Sale atau biasa disebut dengan Smargres bukan hanya bertabur barang diskonan tapi juga hadiah-hadiah mewah untuk para pengunjung, mulai dari mobil hingga sepeda motor. Kesempatanmu untuk mendapatkan banyak barang bagus dengan harga murah akan semakin besar. Smargres tahun ini adalah yang keenam, dan rutin dilakukan pada bulan April hingga Mei. Tahun 2015 kemarin setidaknya ada sekitar 1500 pelaku usaha yang ikut serta menyemarakkan Smargres. Angka tersebut meningkat pada tahun ini yaitu sekitar 2000 pelaku usaha.

Semarang Great Sale [image source]
Semarang Great Sale [image source]
Baik pemerintah maupun elemen lain optimis jika pariwisata Semarang akan semakin beken dengan festival belanja penuh diskon seperti Semarang Great Festival. Sama seperti beberapa kota lain, Smargres juga digelar dalam rangka hari jadi Kota Semarang. Dengan segala keistimewaannya, nggak berlebihan menyebut pesta belanja di Semarang tersebut sebagai agenda berskala nasional.

Baca Juga : Pentagon di Amerika? Bukan, Ini Pusat Perbelanjaan di China!

Itulah beberapa pesta belanja bertabur diskon di berbagai kota besar Indonesia, yuk segera siapkan dompetmu dan borong belanjaan sesuai dengan seleramu. Jangan sampai menyesal dan akhirnya menunggu setahun lagi untuk acara serupa.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur semarang Surabaya Wisata Belanja
Share