Long Weekend Bareng Keluarga? Barang-barang Ini Jangan Sampai Ketinggalan

long weekend bareng keluarga

Liburan telah tibaaa! Yap, Desember memang bulan yang ditunggu-tunggu karena banyak tanggal merah. Weekend saja sudah cukup menggembirakan, apalagi jika liburnya tambah sehari lagi? Wah, senangnya. Sudah ada rencana ke mana nih long weekend kali ini? Pantai, pegunungan, atau malah mau wisata sejarah? Well, selain ke mana, dengan siapa juga penting, lho.

Jika biasanya hari liburmu kamu habiskan dengan sahabat atau kekasih, ada baiknya kali ini kamu meluangkan waktu untuk keluarga. Sekali-kali, rencanakan liburan seru bersama keluarga yang selama ini sudah jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Nah, ini dia barang-barang yang wajib dibawa saat long weekend bareng keluarga.

Snack dan Minuman Favorit Keluarga

Bawa makanan dan minuman sendiri
Bawa makanan dan minuman sendiri (image source)

Makanan memang bisa dibeli di mana-mana, apalagi jika akan menuju tempat wisata. Namun, membawa atau menyiapkan makanan sendiri dari rumah lebih tidak beresiko. Keluarga lebih tahu selera dan bahkan alergi yang dimiliki oleh anggota keluarga lainnya. Nggak mau kan liburannya terganggu karena ada yang alerginya kambuh di perjalanan? Selain itu, membawa makanan dan minuman sendiri bisa lebih hemat. Tahu kan kalau makanan dan minuman di tempat wisata kadang mahalnya nggak ketulungan?

Obat-obatan dan Alat P3K

Bawa obat-obatan dan p3k
Bawa obat-obatan dan p3k (image source)

Persiapkan obat-obatan yang diperlukan juga perlengkapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Selama berlibur, kita tak tahu apotik dan rumah sakit terdekat ada di mana. Meski sekarang semuanya bisa dicari lewat internet, namun bisa saja kamu sedang berada di wilayah yang susah signal. Nah, gunanya membawa obat-obatan dan perlengkapan P3K sendiri agar bisa menolong anggota keluarga yang sakit dengan lebih cepat dan tidak berlarut-larut. Semakin cepat sembuh dan merasa baikan, liburan pun makin cepat dilanjutkan. Dan, satu lagi, jangan lupa ajak seluruh keluarga berdoa saat akan memulai perjalanan agar semuanya dilindungi dan selamat hingga kembali ke rumah.

Itinenary yang Disepakati

Jangan lupa membawa itinerary
Jangan lupa membawa itinerary (image source)

Yan perlu disepakati saat akan berlibur dengan keluarga tak hanya tempat tujuan liburan, namun juga spot-spot yang akan didatangi. Rencanakan ini dengan anggota keluarga yang lain, dan catat tempat dan urutannya yang sudah disepakati bersama. Nah, itinenary ini jangan sampai ketinggalan, ya. Nggak mau kan liburannya jadi nggak asik karena ribut sendiri karena masing-masing punya keinginan dan tujuan sendiri?

Baju Kompakan dengan Keluarga

Kompakan kostum dengan keluarag
Kompakan kostum dengan keluarga (image source)

Siapa yang bilang kalau kompakan itu cuma boleh sama pacar? Bisa kompakan pas liburan sama keluarga juga seru. Tak perlu yang terlalu ribet. Pilih warna yang netral, seperti putih atau biru. Dan pilih akan dipakai saat kapan. Jangan lupa untuk mengambil gambar dan mengabadikan momen liburan keluarga seru dalam foto, ya. Kapan lagi nih bisa liburan bareng keluarga dan kompakan seperti ini?

Kostum Khas Liburan

Jangan lupa bawa kostum liburan pribadi
Jangan lupa bawa kostum liburan pribadi (image source)

Jangan lupa untuk membawa serta kostum liburanmu. Jika tujuan liburan keluarga kali ini ke pegunungan, maka siapkan pakaian dingin terbaik yang kamu punya. Sebaliknya, jika keluarga memutuskan untuk ke pantai, jangan tinggalkan bikini lucumu di rumah. Well, ada baiknya tidak membawa yang terlalu seksi, mengingat kamu sedang berlibur bersama keluarga. Bagi tanggung jawab bawaan liburan kepada saudara-saudaramu agar nantinya tidak saling menyalahkan saat ada barang yang tertinggal.

Perlengkapan Game untuk Seru-seruan

Siapkan permainan atau gitar
Siapkan permainan atau gitar (image source)

Agar liburan makin seru, jangan lupa juga membawa perlengkapan game yang mudah. Pilih game yang bisa mudah dimainkan oleh semua umur. Ajak ayah dan ibu untuk bermain juga. Atur hukuman dan hadiah apa juga bisa membuat suasana makin hidup. Kalau memang ada yang bisa bermain gitar dan bernyanyi, juga bisa dibawa, lho.

Nah, itu tadi barang-barang yang tak boleh ketinggalan saat menikmati long weekend bareng keluarga. Selain melepas stress, liburan keluarga jelas bisa mendekatkan diri dengan satu sama lain. Happy holiday, happy long weekend, ya. Next