7 Pilihan Penginapan di Kota Batu, Murah dan Berkelas

Kota Wisata Batu memang memiliki banyak destinasi wisata. Sebagai sarana pendukung sudah barang tentu jika di dalam wilayahnya tersedia beraneka penginapan dari yang berkelas hotel melati hingga hotel berbintang. Keberadaan akomodasi penginapan dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting dalam bisnis pariwisata sebab dari fasilitas inilah traveler akan tinggal dan menghabiskan banyak hari di lokasi wisata.

Bagi sebagian traveler yang memiliki dana berlimpah, urusan menginap adalah hal sepele tapi tidak sedikit pula traveler yang mempertimbangkan dengan matang saat memilih penginapan. Umumnya mereka mencari penginapan yang memiliki fasilitas lumayan bagus dengan tarif terjangkau. Berikut Travelingyuk mencoba mengumpulkan aneka penginapan murah yang tersedia di Kota Batu.

1. de Daunan Home and Garden Guest House

Penginapan yang pertama ini sangat pas untuk backpacker apalagi menginap rame-rame karena guest house yang berada di alamat Jl. Trunojoyo 2, Junrejo, Batu ini hanya memasang tarif 300 ribuan saja. Masih bilang mahal? Coba dulu diintip fasilitas yang didapatkan tamu. Penginapan ini menawarkan fasilitas antar jemput dari dan menuju hotel. Konsepnya sebagai rumah kebun tentu menghadirkan suasana sejuk dan segar.

de Daunan Home and Garden Guest House, via instagram
de Daunan Home and Garden Guest House, via instagram

Masih kurang? Inilah mengapa disebut ramah dengan backpacker, de Daunan Home and Garden Guest House menyediakan rental motor yang memudahkan mobilitas para pelancong yang hendak berkeliling Kota Batu. Sekali lagi kalau mau murah liburannya rame-rame, bisa patungan buat bayar biaya akomodasi di penginapan keren ini. Tiap ruangan villa dilengkapi ruang tamu yang lumayan besar. Intinya tempat ini nyaman banget untuk diinapi rame-rame.

2. Bunga Matahari Guest House

Untuk mendapatkan penginapan dengan tarif yang terjangkau bagi backpacker sebaiknya melakukan perjalanan secara berkelompok. Selain lebih asyik, kesempatan untuk mendapatkan penginapan murah pun lebih mudah. Sebab belum banyak penginapan di Indonesia yang menyediakan kamar jenis dorm untuk solo traveler, kebanyakan yang ditawarkan adalah villa dan juga guest house harganya agak mahal tapi bisa buat rame-rame. Biayanya pun bisa ditekan dengan cara patungan.

Bunga Matahari Guest House, via instagram
Bunga Matahari Guest House, via instagram

Salah satu pilihannya di Kota batu adalah Bunga Matahari Guest House. Penginapan ini terletak di alamat Jalan Suropati No.49, dari hotel ini hanya butuh berkendara 2 menit untuk sampai di Museum Angkut, 5 menit menuju Jatim Park 1 dan 10 menit ke Jatim Park 2. Fasilitas kamar yang didapatkan tamu antara lain TV layar datar, lemari pakaian, area tempat duduk, kamar mandi shower. Tarif satu malamnya mulai dari Rp.500 ribuan.

3. Hotel Grand City Kota Batu

Kualitas hotel bintang 3, lokasi strategis dan harga cukup terjangkau mungkin itulah sedikit hal yang menggambarkan Hotel Grand City Kota Batu. Hotel ini berada di alamat Jalan raya Sidomulyo 104 yang notabene punya akses mudah menuju lokasi seperti Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 dan juga Museum Angkut.

Hotel Grand City Kota Batu, via instagram
Hotel Grand City Kota Batu, via instagram

Hotel Grand City Kota Batu menawarkan tarif kamar mulai dari Rp473.000 – Rp716.000 per malam. Tips untuk booking hotel ini adalah dengan melakukannya secara online. Seperti dilihat Travelingyuk pada situs TripAdvisor, di sana terdapat rekomendasi pilihan situs booking hotel dengan tarif yang berbeda. Dengan begitu traveler bisa memilih harga yang paling murah atau yang sesuai dengan kemampuan finansial. Terlebih sebelum memesan traveler bisa membaca dulu review dari traveler lain yang pernah menginap di hotel ini.

4. Ciptaningati Hotel

Mencari penginapan murah yang berada dekat dengan obyek-obyek wisata seperti Jatim Park 1, Alun-Alun Kota Batu dan Kampoeng Kidz? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan reservasi di Ciptaningati Hotel yang beralamatkan di Jalan Argopuro 154, Kota Batu. Hotel ini terbilang masih sangat baru mengingat di beberapa bagian masih dilakukan proses pembangunan.

Ciptaningati Hotel, via instagram
Ciptaningati Hotel, via instagram

Kebanyakan tamu merasa puas menginap di Ciptaningati Hotel hanya saja sedikit kekurangannya terletak pada fasilitas yang belum bisa digunakan secara maksimal karena masih dalam proses tahap pembangunan. Tarifnya sendiri kurang bersahabat untuk para backpacker tapi cukup ramah bagi traveler kelas menengah ke atas. Satu malam menginap di hotel ini dipatok dengan tarif minimal Rp. 800 ribuan. Tarif sebesar itu terlihat cukup sepadan dengan fasilitas, kenyamanan serta mudahnya akses menuju ke berbagai lokasi wisata andalan Kota Batu.

5. Kampung Lumbung Hotel

Jika membaca alamatnya pasti akan membuat banyak traveler kecewa karena lokasinya jauh dari pusat kota tapi setelah menginap di hotel ini banyak yang merasa kerasan dan enggan pulang. Kampung Lumbung Hotel, berada di alamat Jl Ir Sukarno, Kota Batu menjadi pilihan tepat untuk ngadem pikiran dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Pilihan kamarnya beragam ada villa kayu dan ada pula kamar standar hotel modern.

Kampung Lumbung Hotel, via instagram
Kampung Lumbung Hotel, via instagram

Hotel ini didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah perkampungan. View hotel dari ketinggian bisa traveler lihat dari gambar yang Travelingyuk sediakan di atas. Nuansa tradisional sangat kental saat memasuki kawasan hotel sehingga tamu seolah-olah diajak kembali menyusuri lorong waktu menuju beberapa puluh tahun lalu. Banyak traveler yang memberikan 5 bintang untuk nilai hotel yang memiliki rentang tarif mulai dari Rp541.000 – Rp2.027.000 per malam ini.

6. Royal Orchids Garden Hotel

Royal Orchids Garden Hotel adalah hotel bintang tiga yang ada di Kota Batu. Hotel ini mendapat begitu banyak review positif dari traveler yang pernah menginap di sana, kamu pun bisa melihat ulasan-ulasan tersebut di situs pencarian traveling TripAdvisor. Kebanyakan traveler mengaku puas dan terkejut dengan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan hotel. Singkatnya, hotel ini lebih bagus ketimbang foto-fotonya di internet.

Royal Orchids Garden Hotel, via instagram
Royal Orchids Garden Hotel, via instagram

Royal Orchids Garden Hotel memiliki kolam renang dengan pemandangan yang sangat indah. Cukup dengan membayar Rp. 520 ribu traveler sudah bisa menginap di hotel bintang 3 ini. Apalagi hotel yang memiliki suasana tenang di alamat Jl. Indragiri 4, Kota Batu ini berada dekat dengan obyek wisata terkenal semacam Jatim Park 2, Museum Angkut dan Batu Secret Zoo. Fasilitasnya pun tak kalah keren ada penitipan anak, wifi gratis, lapangan tenis, spa, bar dan yang pasti kolam renang yang kece.

7. Kusuma Agrowisata Hotel

Pilihan terakhir Tarvelingyuk tambahkan penginapan kelas bintang 3 dengan tarif lumayan murah mengingat status kebintangannya. Adalah Kusuma Agrowisata Hotel yang beralamat di Jl. Abdul Gani Atas, Kota Batu. Hotel ini memiliki area yang sangat luas dengan jumlah ketersediaan kamar hotel sebanyak 155 buah dengan berbagai jenis. Tarif termurah untuk kamar standar di Kusuma Agrowisata ini sekitar Rp. 527 ribu per malam.

Kusuma Agrowisata Hotel, via instagram
Kusuma Agrowisata Hotel, via instagram

Fasilitas seperti kolam renang, restoran, akses wifi, spa, dan pusat kebugaran bisa traveler gunakan jika menjadi tamu di hotel tersebut. Lokasi hotel ini pun sangat strategis karena berada tidak jauh dari obyek wisata populer di Kota Batu seperti Batu Secret Zoo, Museum Angkut dan juga Alun-Alun Kota Batu. Hotel ini juga menyediakan wisata agro petik buah apel dan jambu. Untuk jenis wisata satu ini traveler tidak perlu menginap di hotel terlebih dahulu cukup membayar biaya Rp. 95 ribu sudah bisa mencicipi wisata agro yang ditawarkan. Selebihnya dilihat dari ulasan traveler di TripAdvisor, hotel ini memang cukup nyaman untuk menjadi jujugan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *