Akun-Akun Medsos Untuk Pantau Arus Balik Mudik Jalur Darat

Lebaran adalah sebuah momen yang paling ditunggu oleh mayoritas orang Indonesia. Dengan libur yang lebih panjang ketimbang libur nasional biasanya, aktivitas bepergian tentu meningkat. Kalau saat lebaran, bukan cuma traveling tapi kita mengenalnya dengan sebutan mudik atau pulang kampung. Karena semua orang melakukan perjalanan bersamaan, macet jelas tak terelakkan. Tapi jaman kan sudah canggih, buktinya kamu bisa kok pantau arus lalu lintas terutama untuk mudik dan arus balik lewat akun-akun media sosial ini. Sudah follow?

NTMC Polri

NTMC merupakan singkatan dari National Traffic Management Center yang berarti pusat pengaturan lalu lintas untuk skala nasional. Dengan jumlah pengikut hampir satu juta orang, informasi yang diberikan oleh akun Twitter NTMC Polri ini pastinya sangat dinanti. Terutama pada momen yang rawan macet dan butuh jalan alternatif seperti mudik dan arus balik ini.

NTMC Polri [Image Source]
Tak hanya memberikan informasi tentang lalu lintas dari banyak kota padat di Indonesia, Twitter NTMC Polri juga memberikan informasi keselamatan yang penting lainnya. Kamu yang sering di perjalanan, rasanya wajib untuk follow akun Twitter ini. Banyak informasi penting di-update setiap jamnya.

Suara Surabaya

Dari namanya pasti sudah bisa tertebak ya kalau Suara Surabaya memberikan informasi seputar Surabaya. Walau begitu, kawasan Jawa Timur lainnya juga termasuk di dalamnya. Melalui Facebook dan Twitter, Suara Surabaya dipercaya oleh netizen sebagai penyedia dan tempat memberi informasi tentang lalu lintas. Ini jelas bisa banget dimanfaatkan ketika mudik dan arus balik datang.

Suara Surabaya [Image Source]
Jika ingin memberikan informasi, keluhan atau kecelakaan yang kamu temukan di perjalanan pun bisa melalui Suara Surabaya. Kamu tinggal cari saja E100 pada Facebook atau @e100ss pada Twitter. 

Pantau Mudik

Sesuai dengan namanya, akun Twitter Pantau Mudik memberikan kamu pantauan ter-update tentang arus, jalur dan informasi lainnya seputar mudik dan arus balik. Follower atau warganet pun bisa menyampaikan keluhan, informasi dan pertanyaan tentang jalur yang akan atau sedang dilewati. Kamu tinggal mention saja.

Tak cuma pantauan mudik saja, terkadang akun Twitter yang jumlah follower-nya mencapai 30ribu ini juga men-tweet gambar-gambar humor sebagai selingan, informasi bencana dan lainnya. Untuk bacaan ketika akan pulang dari kampung halaman, cocok banget nih.

RTTMCHUBDAT

Namanya agak susah diingat ya, tapi RTTMCHUBDAT ini adalah singkatan dari Road Transport & Traffic Management Center atau pusat pengaturan lalu lintas dan transportasi darat. Sudah tertebak ya, RTTMCHUBDAT ini memberikan informasi tentang arus mudik dan balik khususnya lewat jalur darat. Dalam setiap tweet-nya, RTTMCHUBDAT juga mencantumkan cuaca terkini. Jadi kamu yang follow akun ini bisa sedia payung sebelum hujan, deh.

Ketika waktu mudik dan arus balik seperti ini, mengikuti akun twitter RTTMCHUBDAT adalah solusi alternatif pencegah terjebak macet yang cemerlang. Sebab setiap informasi lalu lintas yang diberikan oleh RTTMCHUBDAT juga disertai dengan cuplikan yang diambil dari CCTV.

HaloPantura

Pantura adalah salah satu jalur paling sering digunakan dan diberitakan ketika waktu mudik dan arus balik datang. Kehadiran akun Twitter HaloPantura tentu disambut sangat baik oleh netizen. Lihat saja follower-nya yang hingga kini berjumlah puluhan ribu. Informasi-informasi terkini mengenai jalur pantura (pantai utara) bisa kamu dapatkan di sini, pun jika kamu ingin memberikan informasi terkait.

Sama seperti akun-akun media sosial yang sudah disebutkan di atas, informasi yang diberikan oleh Halo Pantura juga biasanya muncul dalam rentang menit. Karenanya kamu tak perlu takut info yang ada sudah basi. Buruan buka Twitter dan follow deh.

Media sosial kini memang berkembang begitu pesat, informasi juga dengan mudah bisa didapat. Dengan momen mudik dan arus balik seperti ini, ada baiknya kamu memanfaatkan akun-akun media sosial yang sudah disebut di atas untuk mendapatkan atau berbagi info lalu lintas. Berbagi itu bermanfaat, kan? Next