Relaksasi Ala Jacuzzi di Alam Terbuka? Bisa, Datanglah ke Pantai Temboko Lehi!

Advertisement

Selama ini kita mengenal kawasan Sulawesi Utara sebagai surganya wisata bahari di kawasan utara Indonesia. Di kawasan ini, kita bisa menemukan Taman Laut Bunaken yang keindahannya sudah diakui dunia. Terumbu karang yang memikat serta biota laut warna-warni lain membuat Bunaken tidak pantas untuk ditolak oleh siapa saja yang datang.

Oh ya, selain dikenal karena memiliki taman laut yang memikat, Sulawesi Utara juga dikenal memiliki pantai yang unik. Di salah satu pantai bernama Temboko Lehi ini, kita bisa menemukan kawasan laut yang memiliki suhu cukup tinggi. Kalau kita biasanya di pantai untuk berenang atau snorkeling, di Temboko Lehi kita bisa relaksasi sambil berendam air hangat. Yuk, simak keseruan dari Pantai Temboko Lehi yang tidak ada duanya di Indonesia ini.

Keunikan Pantai Temboko Lehi

Yang menjadikan Pantai Temboko Lehi unik dan lain dari pantai-pantai lain di Indonesia adalah airnya yang cukup panas. Jika di pantai lain menawarkan pasir putih yang lembut, air yang biru jernih, hingga pesona bawah laut yang memikat, Pantai Temboko Lehi menawarkan sensasi yang menyengat dari air yang panas dan kadang muncul banyak gelembung uap air panas dari dasar laut.

Pantai temboko Lehi [image source]
Pantai temboko Lehi [image source]
Panasnya air laut di kawasan Pantai Temboko Lehi terjadi karena pantai ini berada di kaki Gunung Api Karangetang. Gunung api yang masih aktif ini menyebabkan air yang ada di atasnya mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Keadaan ini membuat kawasan ini tidak memiliki biota laut seperti ikan karena kalau sampai ada ikan berenang di sini, mereka akan matang.

Cara Menikmati Pantai Temboko Lehi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya di atas kalau air laut yang ada di Pantai Temboko Lehi cukup panas untuk membuat ikan jadi matang. Bahkan kalau kamu menggali pasir di sekitar pantai, uap panas akan keluar. Sebutir telur mentah yang kamu letakkan di dalam pasir akan matang dengan sendirinya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Keindahan Temboko Lehi [image source]
Keindahan Temboko Lehi [image source]
Untuk menikmati sensasi panas dari air pantai, penduduk sekitar sudah menyediakan semacam bak-bak besar di pinggiran pantai. Saat air pasar, bak-bak ini akan terisi penuh dengan air yang suhunya tidak terlalu panas. Di bak ini kamu bisa menikmati air yang hangat sembari relaksasi dan menikmati alam di sekitar pantai yang masih alami.

Kalau kamu masih ingin berenang di pantai kawasan ini, menjauhlah lebih ke tengah dengan bantuan dari perahu. Semakin ke tengah, air semakin dingin sehingga kulit tidak akan melepuh karena terkena sengatan air dan uap panasnya.

Fasilitas Pantai Temboko Lehi

Pantai Temboko lehi berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Sulawesi Utara yang telah dikelola dengan baik. Pantai di kawasan ini masih sangat alami dan tidak semua orang mengetahuinya. Hanya orang-orang tertentu atau penjelajahan yang bisa sampai ke pantai yang masih sangat alami ini.

fasilitas [image source]
fasilitas [image source]
Saat ini pemerintah setempat sedang berusaha memperbaiki infrastruktur dari pantai. Bak-bak yang menampung air akan segara diperbaiki. Fasilitas toilet dan kamar mandi juga akan dibangun agar pengunjung jadi kerasan dan ingin kembali lagi. Oh ya, kawasan ini sudah mulai memiliki penginapan dan kedai yang bisa kamu jadikan sasaran setelah lama berendam air panas.

Akses ke Pantai Temboko Lehi

Akses ke Pantai Temboko Lehi cukup melelahkan jika kamu berangkat dari Manado. Setidaknya kamu haru menempuh perjalanan sejauh 137 km. Lokasi Pantai Temboko Lehi tidak berada di kawasan pulau utama sehingga kamu harus menyeberang selama 4 jam perjalanan dari Pelabuhan Manado ke Pulau Siau.

Pulau Siau [image source]
Pulau Siau [image source]
Setelah melakukan perjalanan selama empat jam, kamu akan tiba di Pelabuhan Pahe di Pulau Siau. Dari perlabuhan ini kamu bisa menyewa jasa ojek yang banyak bermunculan di sana. Dari lokasi pelabuhan hingga ke lokasi pantai diperlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan.

Inilah ulasan lengkap tentang Pantai Temboko Lehi yang sangat unik dan beda dari pantai lainnya. Di tempat ini, kamu bisa berendam air panas sambil melakukan relaksasi di alam terbuka. Very recommended, kalau kamu ingin sesuatu yang beda!

Advertisement
Tags
panai lehi pantai temboko lehi
Share