Traveling ke Purworejo, Kunjungan ke Pantai Ketawang Jangan Sampai Terlewatkan!

Advertisement

Kalau traveler searching di internet mengenai tempat wisata di kabupaten Purworejo maka kebanyakan akan menyarankan untuk mengunjungi Pantai Jatimalang. Tidak salah memang mengingat pantai tersebut adalah andalan wisata kabupaten ini yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memudahkan traveler yang berkunjung. Tapi kali ini Travelingyuk merekomendasikanmu untuk datang ke Pantai Ketawang!

Traveling ke Purworejo jangan sampai melewatkan kunjungan ke Pantai Ketawang. Meski belum seramai Pantai Jatimalang namun pantai ini punya spot kece yang dijamin bikin kamu makin oke di instagram. Pantai ini adalah satu-satunya pantai yang ada di Purworejo dan memiliki mercusuar.

Pantai Ketawang, Purworejo, via instagram
Pantai Ketawang, Purworejo, via instagram

Pantai Ketawang berada di dusun Ketawang, desa Ketawangrejo, kecamatan Grabag, Purworejo. Masyarakat sekitar juga sering menyebutnya sebagai Pantai Jetis lantaran posisinya yang berbatasan dengan dusun Jetis yang ada di sebelah timur desa Ketawangrejo. Pertama kali sampai di lokasi mungkin sebagian besar traveler akan menyesal sebab pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam penuh dengan pasir besi.

Tapi jangan buru-buru pulang, perhatikan pemandangan sekitar. Yap pantai Ketawang memiliki daya tarik lain selain pantai itu sendiri. Dari tepi pantai traveler akan melihat jajaran pegunungan Sewu dan perbukitan Menoreh yang hijau di sisi timur. Pun demikian dengan pemandangan karst Gombong di sebelah barat yang makin memperkaya pemandangan alam disekitar pantai.

Pantai Ketawang dilihat dari mercusuar, via instagram
Pantai Ketawang dilihat dari mercusuar, via instagram

Bukan hanya itu saja, tidak jauh dari pantai ini atau berjarak sekitar beberapa ratus meter ke arah barat kamu akan menjumpai mercusuar yang sangat tinggi. Jarang-jarang kan ada pantai yang memiliki mercusuar seperti ini. Mercusuar ini berada di tengah rawa-rawa di mana kanan kirinya dimanfaatkan warga sebagai kolam ikan dan lahan bercocok tanam.

Melihat dari foto-foto yang beredar di Instagram, kemungkinan besar traveler bisa naik ke puncak mercusuar. Sebab banyak sekali traveler yang mengambil gambar dari puncaknya dan hasilnya keren-keren. Tidak usah tunggu lama kamu pun bisa mencoba naik ke atas dan melihat hamparan luas pantai Ketawang serta jajaran pegunungan yang mengelilinginya. Dijamin gambarmu akan nampak keren jika diupload nanti.

Mercusuar Pantai Ketawang, via instagram
Mercusuar Pantai Ketawang, via instagram

Di sekitar Pantai Ketawang juga telah ada warung-warung makan yang menjual menu pengganjal lapar. Sangat pas untuk kamu yang kelaparan, tinggal mampir dan beli salah satu menu favoritmu, ada kupat tahu, mie ayam, bakso, sate, atau rames. Nah tambah lagi kan referensi tempat wisata keren di Purworejo, buruan sambangi pantai ini.

Advertisement
Tags
Explore Purworejo Pantai Ketawang Purworejo Wonderful Indonesia
Share