10 Pantai di Belitung, Indahnya Nggak Nanggung-Nanggung

Belitung adalah negeri tempat orang-orang bersenandung tentang keindahan. mengutarakan tentang tempat wisata di Belitung yang kecantikannya memang tak tanggung-tanggung. Kawasan yang berada di Pulau Sumatera ini semakin terkenal berkat sebuah film bertajuk Laskar Pelangi yang menceritakan sepak terjang anak-anak istimewa yang bangga dengan tanah kelahirannya. Kamu juga harus datang sendiri ke sana, jangan hanya melihat lewat sosial media saja. Merasakan langsung bagaimana udara dan suasana Belitung tentu akan jadi kenangan yang tak terlupakan.

Salah satu wisata Belitung yang jadi andalan adalah pantainya. Kamu akan disuguhi air laut yang jernih berwarna biru dengan ombak yang tenang. Seperti menghadapi sebuah kolam renang raksasa. Di tepiannya nampak bebatuan besar yang mulus tersebar tak beraturan, namun justru jadi pemandangan yang mengagumkan. Lalu ada pantai apa saja di Belitung? Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Pantai Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang [image source]
Tanjung Kelayang bisa dibilang adalah primadona di Belitung. Lokasinya yang keren, membuat tempat ini jadi tuan rumah ajang kelas internasional yaitu Sail Wakatobi Belitong. Sesuai karakteristik pantai di Belitung, Tanjung Kelayang juga memiliki bebatuan besar di tepinya. Kontras sekali dengan lautan yang berwarna biru terhampar luas. Secara keseluruhan, dibagi menjadi dua area yaitu bagian batu granit dan satu lagi adalah pantai dengan pasir putih. Jangan lupa membawa kamera, karena kalau tidak mengabadikan beberapa foto kamu akan rugi sendiri. Apalagi kalau datang dari jauh. Para wisatawan bisanya akan berenang, bermain pasir, atau mencoba berbagai wahana yang disediakan.

Lokasi : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung sekitar 37 km dari pusat Kota Tanjung Pandan.

2. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang [image source]
Belitung terdiri dari beberapa pulau, dan salah satu yang terbesar adalah Pulau Kepayang. Daratan ini juga memiliki gugusan pantai yang eksotis, begitu cemerlang saat diterpa sinar matahari. Luasnya hanya sekitar 14 hektare sebenarnya, namun punya banyak sudut yang cantik. Jika kamu berada di tepian barat Tanjung Kelayang, pasti bisa melihat keberadaan Pulau Ini. Para turis yang ingin datang akan diantar menggunakan boat dari Tanjung Kelayang dan setelah itu mereka dipersilakan untuk bersenang-senang menikmati alam terbuka yang menawan.

Lokasi : Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

3. Tanjung Tinggi

Tanjung Tinggi [image source]
Wisata Belitung semakin lengkap dengan keberadaan Pantai Tanjung Tinggi. Tempat ini sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Hal itu menunjukkan jika Tanjung Tinggi memang memiliki daya tarik yang memikat. Jika kamu berangkat dari Kota Tanjung Pandan, maka untuk sampai di spot keren ini harus menempuh perjalanan sejauh 30 km. Tenang, akses jalannya mudah ditempuh, kamu bisa melaju dengan santai hingga sampai di pantai. Tanjung Tinggi sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mentereng seperti penginapan dan pusat kuliner. Mau berhari-hari di sini, nggak akan bikin kamu cepat bosan. Bahkan kamu dapat mengintip kehidupan bawah laut dengan snorkeling. Jika masih kurang, ada spot-spot untuk memancing lho. Ada satu hal yang perlu kamu tahu, perhatikan keberadaan ubur-ubur di pantai atau kamu akan tersengat.

Lokasi : Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

4. Pulau Burung

Pulau Burung [image source]
Dalam bahasa setempat disebut Pulau Burong, posisinya ada di bagian utara Belitung, tak jauh dari desa nelayan Tanjung Binga. Jika dilihat dari ketinggian, Pulau Burung ini tidak begitu luas, namun di sepanjang tepiannya ada pasir putih dan batu-batu granit menjulang dengan gagahnya. Pemberian nama Pulau Burung ternyata diambil dari bentuk batu granit di lokasi tersebut yang menyerupai kepala burung. Untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri kamu harus ke sini dengan menumpang perahu dari Tanjung Binga selama 20 menit. Di waktu itu pula kamu bisa melihat hamparan Laut China Selatan.

Lokasi : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

5. Desa Nelayan Tanjung Binga

Tanjung Binga [image source]
Tanjung Binga adalah tempat yang bisa kamu datangi jika ingin melihat kehidupan nelayan di samping suasana pantai dengan gugusan pulau di kejauhan. Desa ini terletak 22 km dari Tanjung Pandan dan 8 km dari Tanjung Tinggi. Karena sebagian besar penduduknya adalah nelayan, maka kamu akan mudah menemukan penjual seafood seperti ikan bakar. Tanjung Binga adalah destinasi wisata kuliner yang mantap di Belitung. Tak jauh dari tepi pantai di Tanjung Binga ada Bukit Berahu ,tempat berdirinya resort mewah dan restoran dengan pemandangan laut.

Lokasi : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

6. Pulau Lengkuas

pulau-lengkuas [image source]
Pulau Lengkuas wajib masuk dalam daftar destinasi dalam tripmu ke Belitung. Pantainya sungguh cantik dengan pepohonan hijau menyejukkan. Karena sudah terkenal, maka suasananya pun ramai dengan berbagai aktivitas wisatawan. Ada satu yang menarik dari Pulau lengkuas yaitu keberadaan mercusuar setinggi 50 meter di bibir pantainya. Bangunan itu termasuk bersejarah karena telah ada sejak ratusan tahun yang lalu yaitu sekitar tahun 1882.

Lokasi : Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

7. Tanjung Marang Bulo

Tanjung Marang Bulo [image source]
Tanjung Marang Bulo berada di Pulau Seliu yang terkenal memiliki hamparan pantai yang menawan di Belitung. Banyak yang datang ke sini untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Ketika air laut pasang, batu-batu yang tersebar di bibir pantai akan nampak seperti mengapung di atas laut. Sambil menunggu sunset, kamu bisa berenang atau sekadar santai di bawah pohon sambil menikmati semilir angin laut.

Lokasi : Pulau Seliu, Kapulauan Bangka Belitung

8. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar [image source]
Pantai Batu Berlayar adalah spot yang Instagram-able di Belitung. Karena memadukan kejernihan air laut berwarna kebiruan dengan batuan granit serta pepohonan rindang di tepiannya. Dinamakan Batu berlayar karena ada dua batu berukuran besar dan menjulang tinggi menyerupai layar perahu. Daratannya tidak terlalu luas, namun cukup membuatmu puas.

Lokasi : Ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

9. Teluk Limau

Teluk Limau [image source]
Masyarakat setempat mengenal tempat ini sebagai Pantai Teluk Aben namun sebagian juga menyebutnya dengan Teluk Limau. Posisinya ada di antara Pantai Parai dan Pantai Matras Sungailiat. Untuk melaju ke sini, kamu harus menempuh perjalanan selama 25 menit dari bandara Pangkal Pinang. Meski tidak besar dan luas, namun jika mengingat keindahannya, Teluk Limau pantas jadi rekomendasi. Masih sedikit wisatawan yang datang ke sini karena memang lokasinya tersembunyi, selain itu jalannya masih belum memadai.

Lokasi : Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

10. Pantai Penyabong

Pantai penyabong [image source]
Pantai Belitung akan membuat kamu termenung memikirkan betapa indahnya bumi ini. Ada banyak pilihan yang mungkin nggak akan selesai kamu kelilingi dalam waktu sahari. Coba saja datang ke Pantai Penyabong, bahkan untuk undur diri dari serpihan surga ini rasanya nggak rela. Fasilitasnya lengkap dengan adanya toilet, tempat bilas, hingga pusat kuliner enak.

Lokasi : Kecamatan Membalong. Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Nah sudah punya daftar pantai di Belitung bukan? Sekarang saatnya kamu menentukan mana tempat wisata belitung yang akan kamu kunjungi. Nggak usah bingung milih, kenapa tidak dijelajahi saja semuanya?

One Comment

Leave a Reply

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *