Pantai-Pantai di Aceh Dengan Pasir Putih dan Air Bening Kebiruan, Adem!

Advertisement

Objek wisata Aceh menyuguhkan suasana ramai tapi juga tentram dengan rasa aman karena penduduknya begitu menjunjung tinggi hukum dan kerukunan. Kamu juga harus menjelajah sampai ke pantai. Memandang samudera yang luas dan merasakan pasir laut, selalu mampu memperbaiki suasana hati. Dijamin, kamu akan lebih bahagia dan senang saat bermain di perairan yang bening kebiruan. Berikut ini adalah beberapa destinasi yang nggak boleh kamu lewatkan.

1. Tanjung Ujung Kelindu

Ujung Kelindu [image source]
Ujung Kelindu adalah sebuah perbukitan yang berbatasan langsung dengan laut. Sebelumnya jarang yang tahu tentang tempat keren di wilayah Krueng Raya tersebut, tidak setiap hari ada yang mengunjunginnya. Jika pun ada, adalah penduduk setempat yang ingin merumput atau memancing ikan. Sekitar tahun 2014 silam, salah satu acara televisi meliput Ujung Kelindu dan mengenalkan pesonanya pada masyarakat luas, sejak saat itu namanya makin menjadi buah bibir dan banyak didatangi wisatawan.

Ujung Kelindu [image source]
Daya tarik utama di tempat ini adalah tebing-tebing yang tinggi dengan rerumputan hijau. Dari ketinggian, kamu bisa memandang luasnya lautan. Bahkan pesonanya disamakan dengan pantai-pantai di Flores. Dengan keindahan seperti itu, nggak heran jika Ujung Kelindu jadi primadona dan muncul di banyak akun Instagram. Tanjung yang dikenal dengan sebutan Ujung Dunia tersebut ada di Desa Lamreh, sebuah wilayah yang masuk dalam kawasan kecamatan Krueng Raya, sekitar 1 km dari pelabuhan Malahayati, Aceh Besar.

Lokasi : Ujung Kelindu, Lamreh, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

2. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Lhok Mee [image source]
Tidak jauh daru Ujung Kelindu ada satu pantai yang eksotis dan unik. Lokasinya juga ada di Desa Lamreh, jadi kamu bisa mampir ke tempat ini jika bertandang ke Aceh. Namanya Lhok Mee memiliki kawasan pasir pantai yang luas dan berwarna putih. Ada pepohonan yang tumbuh di bibir pantai. Pohon dalam air tersebut begitu terkenal dan membuat pemandangan jadi makin keren. Penduduk setempat menyebutnya dengan “Geurumbang”.

Pantai Lhok Mee [image source]
Untuk sampai di sana, kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh dari Kota Banda Aceh, jaraknya bisa mencapai 40 km dan 2 km dari Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar. Di dekat pantai terdapat perbukitan yang diberi nama Bukit Soeharto. Kabarnya, semasa menjadi presiden, pemimpin Orde Baru tersebut ikut ambil bagian dalam upaya penghijauan bukit.

Lokasi : 

3. Pantai Ujong Batee

Ujong Batee [image source]
Pantai ini ada di jalur yang menghubungkan Kota Banda Aceh dengan Pelabuhan Malahayati. Setidaknya kamu harus menempuh perjalanan selama 20 menit dari pusat kota untuk sampai di Pantai Ujong Batee. Karena berada di pesisir Kabupaten Aceh Besar, kamu akan menikmati suasana yang sunyi dan menenangkan, sambil memandangi laut di Selat Malaka. Arti nama Ujong Batee dalam bahasa setempat adalah ujung batu.

Ujong Batee [image source]
Ujong Batee [image source]
Pemilihan nama tersebut tidak bisa lepas dari keberadaan Pulau Weh yang berdiri seperti bongkahan batu di ujung laut. Konon katanya, Pulau Weh sebelumnya menyatu dengan Sumatera. Bibir pantai cukup lebar, pasir putih sudah menjadi daya tarik utama. Begitu serasi dengan birunya air laut yang membawa ombak.  Di Ujong Batee banyak tumbuh pohon pinus, membuat nuansa di sana begitu sejuk.

Lokasi : Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia

4. Pantai Lampuuk

Pantai Lampukk [image source]
Pantai Lampuuk dulu pernah menjadi tujuan utama yang cukup terkenal sebelum terjadinya bencana tsunami tahun 2004. Sempat mengalami kerusakan, kini rupanya telah sembuh dan kembali menggemakan keindahannya. Seperti dulu, Pantai Lampuuk banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin menikmati pasir pantai yang luas, ombak yang menggulung membawa angin dan suara khas. Kamu bisa datang ke sini untuk bersantai dan sejenak menarik diri dari rutinitas.  Bencana tsunami memang memberikan trauma tersendiri karena sebagian penduduk Lampuuk tewas, bangunan-bangunan hancur dan pepohonan tumbang.

Pantai Lampukk [image source]
Namun, sama seperti daerah lainnya yang mengalami dampak tsunami, Pantai Lampuuk juga menerima  rehabilitasi dan rekonstruksi. Karena areanya cukup luas, maka pengunjung bisa melewati empat jalur berbeda, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Di sini kamu bisa mencoba banyak hal, bukan hanya berenang saja, tapi juga selancar dan berkunjung ke kawasan konservasi penyu.

Lokasi : Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar

5. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar [image source]
Pantai Batu Berlayar juga nggak kalah keren dan memiliki ciri khas yang nggak akan kamu temukan di tempat lain. Sesuai namanya, kamu tidak hanya menikmati pasir dengan ombak saja, ada hiasan alami berupa batu-batu yang menjulang tinggi menyerupai layar. Pantai Batu Berlayar menawarkan keindahan alam yang mempesona. Nggak heran jika keberadaannya masuk dalam daftar ikon wisata andalan Kabupaten Aceh Selatan.

Batu Berlayar Aceh [image source]
Batu Berlayar Aceh [image source]
Untuk membuktikan keindahannya, kamu bisa berangkat dari ibu kota Aceh Selatan menuju Gampong Gunung Cut, Kecamatan Samadua. Dekat pantai masih ada beberapa destinasi wisata lain, seperti Air Terjun (Ie Dingeun). Sampai saat ini, fasilitas untuk para pengunjung masih terus dikembangkan. Harapannya, suatu saat ini pantai Batu Berlayar menjadi destinasi wisata unggulan di Aceh.

Lokasi : kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan

Itulah beberapa pantai dengan pasir putih di Aceh. Indonesia sekali lagi terbukti memiliki banyak sekali tempat dengan pemandangan surgawi. Namun yang terpenting adalah upaya untuk menjaga dan melestarikannya, jadi jangan cuma datang untuk liburan saja, tapi kamu juga harus menjadi wisatawan yang bertanggung jawab.

 

Advertisement
Tags
pantai pantai aceh wisata aceh
Share