Orang Pacitan Ngabuburitnya di 10 Tempat Ini

Advertisement

Daerah di pesisir selatan Jawa Timur ada banyak pantai cantik yang bisa dijadikan lokasi ngabuburit. Khususnya di objek wisata Pacitan. Kalau bosan dengan pantainya masih banyak pilihan tempat lain yang bisa dikunjungi untuk sekadar menghabiskan waktu sore hingga menunggu datangnya adzan magrib. Travelingyuk merangkumnya menjadi 10 tempat ngabuburit berikut ini.

1. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria [image source]
Pantai Teleng Ria adalah pantai yang terletak paling dekat dari pendopo Kantor Kabupaten Pacitan. Pantai inilah yang menjadi tujuan rekreasi utama warga yang tinggal di pusat kota. Secara fisik nilai estetika pantai Teleng Ria memang masih kalah dengan pantai seperti Klayar dan Watukarung yang juga berada di kabupaten Pacitan. Namun dengan pertimbangan jarak yang dekat dengan pusat kota membuat banyak orang memilih ngabuburit ke pantai ini.

Pantai Teleng Ria [image source]
Lokasi : Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

2. Jalur Lintas Selatan (JLS)

JLS [image source]
Sebagian JLS yang ada di tengah kota telah rampung dikerjakan dan langsung menjadi tempat hits di kota ini. Sebagai indikatornya banyak bermunculan rumah makan di pinggiran yang kerap dijadikan tempat ngabuburit anak muda. Ada penjual takjil berupa Degan Bakar yang membuka lapaknya di pertigaan JLS dekat Kampung Pacitan. Buat yang penasaran rasanya bisa langsung datang ke lokasi tersebut atau menelusuri jalanan sepanjang JLS untuk memilih menu lainnya.

Kuliner dekat JLS [image source]
Lokasi : Pacitan, Jawa Timur

3. Pasar Minulyo

Ilustrasi Pasar [image source]
Semua pasti tahu Pasar Minulyo itu terbesar di kabupaten Pacitandan berada di utara Terminal Bus. Pasar ini dilengkapi dengan sentra kuliner yang cukup menarik untuk dikunjungi saat bulan puasa. Kamu bisa mengajak anak-anak mereka di arena permainan anak yang digelar di halaman pasar. Nah, itulah alasan mengapa pasar Minulyo menjadi salah satu tujuan ngabuburit populer di Pacitan.

Ilustrasi Pasar [image source]
Lokasi : Jl. Jend. Gatot Subroto, Baleharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

4. Pantai Soge

Pantai Soge [image source]
Pantai yang terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo ini menjadi salah satu ikon wisata baru kota Pacitan. Apalagi di traveler tidak perlu membayar untuk menikmati keindahan pantainya sebab pantai tersebut berada tepat di pinggir JLS. Selain menikmati pantai dari atas bukit traveler juga suka berfoto di Jembatan Soge yang juga menjadi landmark baru kota Pacitan. Tak hanya warga Ngadirojo, aksesnya yang hanya butuh waktu 30 menit dari pusat kota menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan ngabuburit warga kota juga.

Pantai Soge [image source]
Lokasi : Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

5. Pantai Watukarung

Pantai Watukarung [image source]

Pantai Watukarung juga menjadi destinasi idola traveler asing. Umumnya mereka datang ke Watukarung karena tergoda dengan ombak pantainya yang cukup menantang buat surfing. Untuk warga lokal sendiri datang ke pantai ini karena terpesona dengan keindahan alam dan juga sunsetnya. So, kalau akhir pekan coba saja rencanakan ngabuburit sekaligus buka puasa di pinggir pantai Watukarung sambil menikmati matahari terbenam yang kece.

Pantai Watukarung [image source]
Lokasi :  Pringkuku, Watukarung, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

6. Alun-Alun Pacitan

Alun-Alun pacitan [image source]
Sebelah utara alun-alun ada lapangan basket dan volly yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Buat yang tidak suka capek-capek cukup berkeliling taman dengan air mancur keren di tengahnya atau sekedar bermain ayunan di tengah taman. Di sekeliling taman hadir pedagang makanan, jajanan hingga minuman. Tak ketinggalan pula di bulan puasa mulai terlihat jasa penukaran uang baru di sekitar alun-alun.

Alun-Alun pacitan [image source]
Lokasi : Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

7. Masjid Agung Pacitan

Masjid Agung Pacitan [image source]

Masjid Agung Pacitan juga menjadi tujuan ngabuburit yang mengasyikkan. Selain bisa foto-foto dengan bangunannya yang megah traveler sekalian bisa ikut kajian untuk menambah ilmu. Apalagi jika ngabuburitnya dilanjut hingga salat magrib dan tarawih berjamaah di sini, biasanya akan ada takjil dan menu buka grtais.

Masjid Agung Pacitan [image source]
Lokasi : Jl. T. Imam Bonjol, Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timu

8. Loh Denok

Loh Denok Pacitan [image source]

Dari pusat kota menuju Loh Denok tidak memakan waktu yang lama hanya sekitar 15 menit. Itulah mengapa tempat ini sangat representatif buat ngabuburut karena dekat untuk dijangkau. Lagi pula tempat ini juga cukup nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan kota beserta pantainya dari ketinggian.

Loh Denok Pacitan [image source]
Lokasi : Dadapan,Kecamatan Pringkuku, Pacitan

9. Pancer Door

Pancer Door [image source]
Pancer Door menjadi tujuan ngabuburit asyik berikutnya. Pantai ini adalah bagian dari Pantai Teleng Ria yang berada di ujung timur jadi keduanya memiliki garis pantai yang sama hanya pengelolaannya saja yang berbeda. Selain digunakan sebagai tujuan rekreasi kawasan Pantai Pancer Door juga kerap digunakan untuk menggelar acara perkemahan baik tingkat regional hingga nasional. Di sana pula traveler bisa menjumpai Etalase Geopark serta spot surfing kesukaan bule.

Pancer Door [image source]

10. Sungai Cokel

Naik perahu di Sungai Cokel
Naik perahu di Sungai Cokel [image source]
Pacitan memang terkenal memiliki Sungai Maron yang bikin mata segar ketika memandangnya. Namun untuk sensasi yang tidak kalah seru, kamu bisa mendatangi Sungai Cokel. Ada perahu yang bisa dinaiki sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Paddleboard di Sungai Cokel
Paddleboard di Sungai Cokel [image source]
Lokasi :  Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

Yang membedakan bukit Pakiss dengan Loh Denok adalah viewnya. Bukit ini berada di sisi timur sehingga traveler bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari sini. Kalau malam pemandangannya pun tak kalah keren, warna-warni lampu kota serta kerlap-kerlip bintang jadi suguhan utamanya.

Advertisement
Tags
Alam Alam bawah laut terbaik Ramadan Wisata Pacitan
Share