Jajan dan Oleh-Oleh Asli Semarang yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Semarang adalah kota yang cemerlang dan mengagumkan dengan ciri khasnya yang tak ada di kota-kota lain seperti Jakarta maupun Surabaya. Sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang, menjadi pusat segala aktivitas mulai dari pemerintahan hingga perekonomian. Namun yang datang untuk berwisata juga nggak sedikit. Kawasan yang identik dengan Lumpia ini menyuguhkan beberapa sudut kota tua yang begitu antik namun menawan.

Jika saat ini kamu sedang melakukannya, sempatkan juga untuk berburu kuliner berupa jajanan atau oleh-oleh berikut ini. Meski judulnya adalah makanan khas, tapi jangan remehkan soal rasa dan kenikmatan pada gigitan pertama. Setelah kamu merasakan sendiri, nanti-nanti kalau mau ke Semarang lagi pasti nggak mau pulang kalau belum beli. Lalu apa saja yang bisa kamu dapatkan di Semarang? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Kue Lumpura Jagalan

Lumpur Jagalan [image source]
Kue Lumpur ini adalah jajanan dengan rasa gurih dan teksturnya lembut, terbuat dari kentang. Makanan semacam ini sebenarnya ada di mana-mana, nggak hanya Semarang. Bahkan Di Malang kue lumpur masih sering jadi santapan di acara-acara tertentu seperti selamatkan atau pernikahan. Biasanya kue lumpur disajikan polos atau diberi tambahan kismis di tengah-tengahnya. Namun tidak begitu dengan kue lumpur Jagalan, ada banyak toping seperti Kacang, Cokelat, hingga keju. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan memesan melalui nomor 024-3550659 atau 08122938810.

2. Sambal Bawang Bu Djoko

Sambal Bu Djoko [image source]
Sambal Bawang ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas rasanya mantap dan cocok dibawa-bawa untuk perjalanan ke luar kota atau justru sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah. Ketika botolnya dibuka, kamu akan langsung mencium aroma bawang dan gurihnya cabai. Bisa disandingkan dengan berbagai makanan seperti lalapan atau penyetan dan lain sebagainya. Sambal Bawang Bu Djoko juga menerima pengiriman ke luar kota. Jika kamu berminat bisa langsung menghubungi nomor telepon 081225225988.

3. Lumpia

Lumpia Gang Lombok [image source]
Ke Semarang wajib dong berburu ikon kulinernya yang sudah terkenal hampir ke seantero Nusantara. Apalagi kalau bukan lumpia, ada banyak penjual cemilan ini di Semarang. Namun yang paling legendaris tentu saja adalah Lumpia Gong Lombok. Di sinilah kuliner ini dibuat untuk pertama kalinya hingga sekarang jadi populer dan dijual di mana-mana bahkan di luar Semarang. Letak Gang lombok ini tepatnya di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kauman, Semarang Tengah. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan dengan menghubungi nomor telepon 0816-4881-194.

4. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel [image source]
Namanya cukup unik, namun jangan dihubungkan dengan rel kereta yang sudah pasti keras, roti ini tentu bisa digigit dan rasanya enak. Roti Ganjel bisanya dibuat menjelang Bulan Puasa Ramadan dan dinikmati pada saat acara pawai Dugderan setahun sekali. Namun saat ini di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran terdapat toko yang menjual Roti Ganjel dengan tekstur yang lebih lembut. Bentuknya seperti bolu namun terdapat taburan wijen di atasnya Bukan Cuma rasa lezat yang akan kamu dapatkan, tapi juga aroma kayu manis yang menggoda.

5. Lontong Waiki

Waiki [image source]
Makanan ini sebenarnya bukan seperti lontong-lontong pada umumnya, tapi malah berbentuk kue lapis legit atau spekkoek yang digulung dan dibungkus menyerupai lontong. Tentu saja tampilannya jadi unik dan membuat orang penasaran. Rasanya begitu enak dan lembut saat digigit. Produk Semarang ini bisa kamu beli di tokonya langsung. Datang saja ke alamat Jalan Senjoyo 2 No. 1 Semarang. Harganya nggak mahal, hanya sekitar Rp. 17 ribu.

6. Tumpi

Tumpi [image source]
Tumpi adalah camilan berupa rempeyek dengan rasa gurih. Bisa disantap dengan makanan berat seperti nasi dan lauk atau dibuat camilan. Yang membedakan tumpi dengan rempeyek lain adalah penggunaan kacang hijau sebagai topping. Tumpi ini banyak dijual di sentra industri keripik Semarang, tepatnya di daerah Karangbolo, Desa Larep, Ungarab Barat. Karena berupa kuliner kering, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Nggak usah khawatir kalau mau beli banyak, karena per bungkusnya hanya sekitar Rp 11 ribu saja.

7. Tahu Bakso

Tahu Bakso [image source]
Camilan adalah pilihan yang nikmat saat santai di sore hari dengan semilir angin sepoi-sepoi. Daripada cuma bengong dan bingung mau ngapain, mending makan saja. Salah satu menu yang enak adalah Tahu Bakso Bu Pudji. Lebih lezat lagi kalau disantap saat masih hangat bareng sambal atau cabe rawit. Ada dua pilihan yaitu tahu bakso goreng dan rebus, namun dua-duanya wajib kamu coba karena semuanya itu nendang di lidah. Kuliner khas ini sudah ada sejak tahun 1995 dan hingga sekarang masih tetap eksis karena rasanya tak pernah berubah. Tahu Bakso Bu Pudji bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh Semarang, misalnya saja di Jalan Pandanaran.

Itulah beberapa menu oleh-oleh di Semarang yang mantap, jadi setelah puas jalan-jalan di Kota Lumpia, kamu bisa berbagai nikmatnya Semarang lewat jajanan tersebut. Next