Menikmati Oleh-oleh Khas Purwakarta, Enaknya Tidak Akan Terlupa

Purwakarta yang tak jauh dari Jakarta punya banyak destinasi keren. Ada deretan air terjun yang dikelilingi pemandangan indah dan tempat kulineran dengan menu penggugah selera. Dan setelah tiba waktunya kembali setelah puas bersenang-senang, buah tangan menjadi hal yang patut dibawa pulang. Purwakarta punya beberapa oleh-oleh yang enak. Apa saja ya? Simak ulasannya di bawah ini.

1.  Salak Pusaka Mulya

Salak Pusaka Mulya [image source]
Buah dengan kulit berwana hitam seperti sisik ini punya rasa yang enak saat dinikmati langsung maupun dalam bentuk olahan seperti es buah dan lain sebagainya. Menemukan salak juga tidak sulit karena ada di mana-mana. Namun yang tumbuh di Purwakarta memiliki  rasa yang lebih segar dan enak. Namnya adalah Salak Pusaka Mulya, jenis lokal yang banyak dijual oleh petani setempat.

Ilustrasi Salak Purwakarta [image source]

2. Simping

Simping bentuk Ikan [image source]
Ingat Simping jadi ingat Purwakarta. Memang camilan ini sudah terkenal sebagai oleh-oleh yang khas. Kelezatan dan rasa gurih yang ditawarkan didapat dari bahan berupa tepung terigu dan bumbu-bumbu khusus. Pembuatannya menggunakan cetakan spesial sehingga bentuknya bisa pipih seperti kripik. Jadi ketika digigit ada sensasi renyah. Saat ini tersedia juga berbagai varian rasa seperti kencur, kelapa, keju, hingga cabai.

Simping dengan Arumanis [image source]

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi [image source]
Sate Maranggi juga populer di Purwakarta. Berbeda dengan sate kebanyakan yang menggunakan bumbu kacang, kuliner ini justru menggunakan sambal yang terbuat dar tomat dan cabai. Rasanya tentu tidak kalah nikmat, apalagi saat daging bakar sudah dilumuri sambal kemudian disantap dengan nasi yang masih hangat. Saat ini sate maranggi sudah ada di beberapa toko oleh-oleh Purwakarta seperti Galeri Menong di Jl. Veteran No.134.

Sate Maranggi [image source]

4. Gula Cikeris

Gula Cikeris [image source]
Purwakarta juga punya Gula Cikeris sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Keunikan ada pada bahan pembuatan yang menggunakan gula pasir dan aren. Berbentuk seperti gula merah kebanyakan dan dibungkus dengan daun. Sesuai namanya, kuliner ini banyak ditemukan di Cikeris, Kecamatan Bojong. Konon, gula keris nemiliki khasiat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ilustrasi gula cikeris [image source]

5. Semprong

Semprong [image source]
Pembuat semprong tersebar di berbagai wilayah Purwakarta. Itulah mengapa kamu akan menemukan makanan ini hampir di semua toko oleh-oleh. Jika simping bentuknya pipih, beda lagi dengan semprong yang menyerupai tabung panjang. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat proses pembuatannya adalakah desa Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan.

Semprong [image source]
Itulah beberapa oleh-oleh Khas Purwakarta yang bisa kamu bawa pulang. Punya kuliner favorit lainnya untuk buah tangan? Bagikan komentarmu di bawah ini ya! Next