Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Enaknya Tidak Cepat Pergi

Bumi Blambangan atau Banyuwangi adalah salah satu gerbang menuju Bali. Jika kamu akan melaluinya jangan cuma sekadar lewat. Nikmati kuliner Banyuwangi dan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk dinikmati dengan keluarga di rumah. Apa saja pilihannya? Ulasan yang lebih lengkap ada di bawah ini.

1. Bagiak

Bagiak Banyuwangi [image source]
Bagiak adalah kue kering yang dibuat dari tepung sagu dan tambahan bahan-bahan lain. Rasanya khas dengan bentuk lonjong dan biasanya berwarna putih. Namun sekarang ini para penjualnya sudah banyak berinovasi menghadirkan bagiak dengan berbagai bentuk, warna serta rasa. Jika kamu penasaran ingin mencobanya, bisa langsung menuju toko oleh-oleh yang tersebar di penjuru Banyuwangi. Salah satunya adalah Rumah Kue Gajah Oling, sekitar 20 menit dari Pelabuhan Ketapang.

Penjual Bagiak Banyuwangi [image source]
Nama Tempat : Rumah Kue Khas Banyuwangi Gajah Oling
Lokasi : Jl. Imam Bonjol No.34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Telepon : 0813-3666-6167

2. Durian Merah

Durian Merah [image source]
Sekitar bulan April 2016 Pemerintah Banyuwangi mengadakan festival bertepatan dengan musim panen durian. Acaranya tentu tak jauh-jauh dari jenis buah andalan Kabupaten Paling luas di Jawa Timur tersebut yaitu durian merah. Jika kamu termasuk penyuka buah rasa ‘surga’ ini jangan sampai tidak mencobanya. Budi daya durian merah ada di beberapa tempat seperti Songgon dan Kemiren. Dan waktu yang paling tepat untuk datang adalah saat musim panen tiba. Harga satu buah bisa mencapai Rp250.000.

Durian Merah [image source]
Lokasi : Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

3. Kopi Kemiren

Kopi Kemiren [image source]
Ada sebuah kedai di Desa Kemiren yang bisa kamu datangi untuk membeli oleh-oleh berupa bubuk kopi yang wangi dan nikmat ketika diseduh. Bahkan setiap tahun diadakan Festival Ngopi Sepuluh Ewu untuk memanjakan para pecinta kopi. Tahun 2016 acara digelar pada Bulan November. Pelataran rumah warga di Kemiren penuh dengan meja berisi cangkir-cangkir kopi dan kuliner Khas Banyuwangi lainnya.

Kopi Kemiren [image source]
Lokasi : Kopi Kemiren Jaran Goyang, Gg Lorong Cilik, Kemiren, Glagah, Banyuwangi
Telepon: 0822-4782-8384

4. Rengginang Banyuwangi

Ilustrasi Rengginang Banyuwangi [image source]
Ingat rengginang jadi ingat lebaran, camilan dari ketan ini sebenarnya populer di mana-mana dan banyak mengisi toples ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Bayuwangi punya rengginang khasnya sendiri. Cara membuatnya cukup mudah, ketan yang telah dikukus dengan bumbu kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu digoreng sampai renyah. Kalau kamu tidak punya waktu, beli saja di toko oleh-oleh Banyuwangi.

Ilustrasi Rengginang Banyuwangi [image source]
Lokasi : Osing Deles, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Telepon: 0822-1006-8615

5. Pia Glenmore

Pia Glenmore [image source]
Dirintis oleh Ibu Suciati, kini Pia Glenmore telah populer dan identik sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi. Camilan berupa pia dengan berbagai macam isian bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Ada kacang hijau, nanas, hingga strawberry. Untuk mendapatkan makanan ini, kamu bisa datang langsung ke tempat asalanya di Kecamtan Glenmore. Atau bisa juga beli di toko oleh-oleh lain.

Pia Glenmore [image source]
Lokasi : Jl. Kolonel Sugiono No.33, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Telepon: (0333) 419191

Itulah beberapa oleh-oleh Banyuwangi yang bisa kamu bawa pulang. Jangan sepelekan buah tangan, sesederhana apapun tetap akan memberikan kesan. Jadi oleh-oleh apa yang paling ingin kamu borong nanti? Next