Tidak Hanya Tugu Khatulistiwa, Pontianak Juga Punya Banyak Objek Wisata

Pontianak merupakan kota di Indonesia yang dilalui oleh jalur khatulistiwa. Tak heran, kota ini sangat terkenal dengan Tugu Khatulistiwa yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tugu ini terletak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pontianak dan terdiri dari 4 pilar kayu berlian. Tak jauh dari lokasi Tugu Khatulistiwa ini juga terdapat museum yang menyimpan berbagai informasi mengenai garis khatulistiwa.

Tapi selain Tugu Khatulistiwa yang terkenal, Pontianak juga masih punya banyak objek wisata lainnya yang layak Anda kunjungi. Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Istana Kadariyah

Istana Kadariyah merupakan salah satu objek wisata budaya yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Pontianak. Istana ini merupakan bekas tempat tinggal Sultan Syarif Abdurrahman yang didirikan pada tanggal 14 Rajab 1158 H atau 23 Oktober 1771. Untuk tiba di lokasi ini, Anda perlu bergerak sejauh 4 kilometer kea rah Kampong Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Sesampainya di tempat ini, Anda akan langsung dimanjakan dengan arsitektur Istana Kadariyah yang sangat khas Bugis.

Di Pontianak juga ada kesultanan #keraton #kadariyah #pontianak #kalimantan #barat #kalbar #indonesia #cloudalbum #instanusantarabandung #instasunda #instanusantara #instagood #instadaily #instagram

A post shared by Consistania Demawati (@staniasita) on

Di bagian depan Istana Kadariyah, Anda bisa melihat meriam kuno yang kabarnya merupakan buatan Perancis dan Portugis. Jika masuk ke dalam Istana Kadariyah, Anda bisa melihat langsung berbagai benda peninggalan Sultan Pontianak pertama, Sultan Sharif Abdurrahman Alkadrie, hingga Sultan Pontianak ke depalan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie.

2. Sinka Island Park

Kalau ingin lebih dekat dengan alam Pontianak, Anda bisa berkunjung ke Sinka Island Park yang merupakan sebuah taman rekreasi di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Objek wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga karena Anda bisa menikmati kebun binatang, pantai, dan kolam renang sekaligus. Kebun binatang di Sinka Island Park dinamakan Sinka Zoo, menjadi rumah dari lebih 200 spesies hewan. Untuk masuk Sinka Zoo, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 saja.

Di Sinka Island Park Anda juga bisa menikmati keindahan Pantau Banjau yang sangat unik karena pinggirannya dipenuhi bebatuan. Namun sayangnya, hal ini juga yang membuat Pantai Banjau tak cocok dijadikan lokasi berenang. Jika ingin berenang, Anda bisa mengunjungi kolam renang yang terletak di dalam kawasan Sinka Island Park.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai yang terletak sekitar 4 jam perkalanan dari Kota Pontianak ini tak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Kalimantan Barat. Terletak tepatnya di daerah Singkawang, Pantai Pasir Panjang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Dari kejauhan, Anda bisa menyaksikan keindahan Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipisahkan oleh Laut Natuna. Pasir di Pantai Pasir Panjang ini cukup bersih dan lembut sehingga cocok dijadikan tempat bersantai ataupun beraktivitas misalnya sepakbola pantai atau voli pantai.

Menjelang petang, Anda bisa beristirahat di pondok-pondok yang terdapat di sepanjang pantai sambil menanti matahari terbenam. Kalau ingin bermalam, di lokasi ini banyak sekali penginapan yang bisa dijadikan tujuan. Restoran pun tersedia sehingga Anda tak perlu takut kelaparan saat bermain di Pantai Pasir Panjang. Untuk masuk ke pantai ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada hari libur. Untuk mencapai Pantai Pasir Panjang, Anda bisa berangkat dari Bandara Supadio menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

4. Tugu Digulis

Selain Tugu Khatulistiwa, di Pontianak juga ada tugu lain yang cukup terkenal yaitu Tugu Digulis, disebut juga dengan Tugu Bambu Runcing, monument ini dibangun untuk mengingat perjuangan pemuda Kalimantan dalam perang kemerdekaan Indonesia. Tugu ini terletak tepat di tengah kota Pontianak, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, persis di Bundaran Universitas Tanjungpura.

Tugu ini memiliki bentuk yang sangat unik, berupa 11 bambu runcing yang menjulang tinggi dengan ukuran-ukuran berbeda. Di malam hari, pemadangan di sekitar Tugu Digulis akan semakin indah karena ada air mancur lengkap dengan lampu berwarna-warni. Tugu Digulis ini diresmikan oleh mantan Gubernur Kalimantan Barat, H. Soedjiman, pada tanggal 1o November 1987 bertepatan dengan hari pahlawan.

5. Museum Negeri Pontianak

Pecinta wisata sejarah wajib mengunjungi Museum Negeri Pontianak atau yang disebut juga dengan Museum Kalimantan Barat. Di dalam museum ini, Anda bisa menemukan berbagai peninggalan dan informasi menarik seputar artefak yang ditemukan di Kalimantan Barat, benda-benda peninggalan kerajaan di Kalimantan Barat, barang hasil kerajinan dari Suku Daya, serta koleksi keramik dari Negeri Tirai Bambu, Cina.

Untuk berkunjung ke Museum Negeri Pontianak, Anda tak perlu bingung karena lokasinya terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Museum ini buka mulai dari hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 pagi hingga 03.00 sore. Di depan museum ini ada lokasi foto yang populer di kalangan pengunjung karena terdapat taman dengan jembatan kayu yang cantik.

Nah, makin yakin untuk menjadikan Pontianak sebagai destinasi liburan Anda berikutnya? Selamat berlibur dan menikmati keindahan kota Pontianak yang menakjubkan, ya!

 

Written by andi

andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *