Nusa Barong, Surga Tersembunyi di Selatan Jember

Advertisement

Objek wisata Jember tidak kalah menawan dengan tempat lainnya. Sayang, daerah ini sering terlupakan karena banyak turis memilih berkunjung ke Pulau Bali. Padahal, di lepas pantai selatan Jember ada banyak surga tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Seperti Nusa Barung atau lebih dikenal dengan Nusa Barong, pulau terluar Indonesia dengan sejuta keindahan.

Pulau Tidak Berpenghuni yang Dikagumi Banyak Traveler

Nusa Barong Island
Nusa Barong Island [image source]
Thailand punya Phi-Phi yang eksotis. Banyak yang menyebut Nusa Barong sebagai Phi-Phi-nya Indonesia karena memiliki kemiripan. Wisata alam ini berada di selatan kota Jember atau tepatnya sekitar 4,5 km di arah barat daya Puger (Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger). Selama ini pulau tersebut hanya dihuni oleh beragam satwa seperti penyu hijau, rusa Jawa, biawak air dan monyet. Wah, tertarik untuk traveling ke pulau tidak berpenghuni ini?

Penyu di Nusa Barong
Penyu di Nusa Barong [image source]

Kepulauan Cantik dengan Jutaan Keindahan Alam

Nusa Barong Jember
Nusa Barong Jember [image source]
Karena jarang tersentuh oleh tangan manusia, Nusa Barong masih asri dan hijau. Dari kejauhan, perpaduan hutan mangrove, pantai serta daratan rendah sangat memanjakan mata. Sementara itu, pantai di pulau dengan luas 6100 hektar ini masih bersih dan enak untuk berjemur. Kamu bisa menatap keindahan laut yang berwarna biru kehijauan dengan puas. Atau berenang cantik sekaligus menikmati cantiknya karang yang terlindungi di sana.

Pasir Pantai di Nusa Barong
Pasir Pantai di Nusa Barong [image source]

Destinasi Menantang yang Membuat Ketagihan

Garis Pantai Nusa Barong
Garis Pantai Nusa Barong [image source]
Perjalanan menuju Nusa Barong memang tidak mudah. Dari Surabaya, kamu bisa mengendarai motor atau juga naik angkutan umum jurusan Jember. Setelah sampai di terminal, naik angkutan kota menuju Puger Wetan. Sampai di pelabuhan Puger, banyak nelayan yang menyewakan perahunya dengan harga bervariasi untuk mencapai Nusa Barong. Sebagian besar membandrol biaya Rp 1,5 juta untuk maksimal 10 orang dan sampai di tujuan dalam waktu satu jam setengah. Nah, sebelum berangkat, kamu juga wajib mengantongi izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember.

Perjalanan ke Nusa Barong
Perjalanan ke Nusa Barong [image source]

Objek Wisata Lain yang Tidak Kalah Menarik

Pantai Papuma
Pantai Papuma [image source]
Saat musim angin barat atau atau musim penghujan, Bidang KSDA pasti akan menolak kepergian wisatawan yang bertujuan ke Nusa Barong. Hal ini karena kencangnya angin laut yang sangat berbahaya untuk mereka. Tidak perlu khawatir, Jember masih memiliki banyak tempat lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Puger yang biasa digunakan nelayan berlabuh. Tidak jauh dari sana, ada pantai lain yang cukup terkenal di Jawa Timur. Apalagi kalau bukan Pantai Papuma yang berjarak 24 km dan bisa di tempuh selama 1 jam-an.

Pantai Tanjung Papuma
Pantai Tanjung Papuma [image source]

Wajib Berburu Kuliner Enak Khas Jember

Nasi Pecel Gudeg Lumintu
Nasi Pecel Gudeg Lumintu [image source]
Di sekitar pelabuhan menuju Nusa Barong memang jarang ada warung makanan. Namun, tidak ada salahnya untuk menjajal kuliner di sana seperti Warung Es Jus di Puger Wetan yang buka hingga 24 jam. Nah, jika kamu berniat untuk mencicipi makanan khas kota ini, coba berkunjung ke Warung Gudeg dan Pecel Lumintu di Jl. Kertanegara 33. Di kedai ini menjual menu berupa gudeg pecel  khas Jember. Rasanya benar-benar enak dan nendang di lidah.

Nasi Pecel Gudeg Jember
Nasi Pecel Gudeg Jember [image source]
Sedikit tips untuk kamu berniat liburan ke sana. Selain memilih bulan yang tepat, usahakan membawa bekal yang banyak terutama air putih. Pasalnya, Nusa Barong sangat minim air tawar dan tidak ada warung. Jangan lupa pula untuk tidak membuang sampah di sana. Pulau Nusa Barong masih alami, jangan sampai rusak oleh tangan nakal kita.

Advertisement
Tags
Alam Explore Jember Wisata Jember
Share