Nasi Kebuli Mbah Soleh, Kuliner Arab dengan Citarasa Jawa

Advertisement

Salah satu kuliner khas Timur Tengah yang cukup populer di Tanah Air adalah Nasi Kebuli. Racikan nasi dengan kaldu kambing ini mudah ditemukan di kota-kota yang banyak ditinggali warga keturunan arab seperti Surabaya dan Gresik. Namun jangan salah, Solo ternyata juga punya warung dengan menu tersebut. Salah satunya adalah Nasi Kebuli Mbah Soleh Ngru-Q yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 66, Laweyan, Solo. Nah, seperti apa sih rasa dari kuliner yang dimodifikasi sesuai lidah orang Jawa ini?

1. Nasi Kebuli Kambing

Nasi Kebuli Kambing
Nasi Kebuli Kambing [image source]
Menu makanan yang paling laris dan menjadi tujuan pengunjung di Warung Mbah Soleh adalah Nasi Kebuli Kambing. Setiap jam makan siang, warung ini selalu ramai. Bagaimana tidak, rasa rempah di setiap gigitan terasa dan sangat cocok untuk lidah orang Jawa. Selain itu, ada juga porsi kembulan yang bisa disantap bersama keluarga atau sahabat.

Kebuli Kambing Porsi Kembulan
Kebuli Kambing Porsi Kembulan [image source]

2. Kambing Bakar Cairo yang Menggugah Selera

Kambing Bakar Cairo
Kambing Bakar Cairo [image source]
Dari melihat gambarnya saja, pecinta kuliner pasti sudah ngiler. Ialah Kambing Bakar Cairo yang merupakan menu baru di Warung Mbah Soleh, bumbu dari makanan ini merasuk hingga ke tulang. Dagingnya empuk dan pastinya memanjakan lidah pemburu kuliner. Harga untuk seporsinya juga terjangkau, sekitar Rp28.000,00.

Kambing Bakar Cairo yang Menggugah Selera
Kambing Bakar Cairo yang Menggugah Selera [image source]

3. Nasi Kebuli Ayam yang Tidak Kalah Mantap

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam [image source]
Bagi kamu yang tidak suka dengan menu dari kambing, disediakan varian lain. Ialah Nasi Kebuli ayam yang rasanya nendang dan mantap. Rempahnya yang bancak langsung berasa di gigitan pertama. Dengan harga Rp18.000,00  dijamin kenyang makan di sana.

Nasi Kebuli Ayam Mbah Soleh
Nasi Kebuli Ayam Mbah Soleh [image source]

4. Tengkleng Mantap Khas Mbah Soleh

Tengkleng Mantap Khas Mbah Soleh
Tengkleng Mantap Khas Mbah Soleh [image source]
Mencoba kuliner Solo kurang lengkap tanpa menu tengkleng. Jangan khawatir, di Warung Mbah Soleh juga tersedia sup dengan bahan utama daging, jeroan atau tulang kambing ini. Enaknya lagi, kuahnya segar karena tidak menggunakan santan serta tulangnya empuk. Harga seporsi dari menunya juga terbilang murah, hanya Rp17.000,00.

Tengkleng Mbah Soleh
Tengkleng Mbah Soleh [image source]

5. Roti Prata di Solo

Roti Prata di Solo
Roti Prata di Solo [image source]
Kebuli Mbah Soleh bukan hanya menyajikan menu makanan khas Timur Tengah saja. Di sana juga tersedia Roti Prata yang diketahui asalnya dari India. Menu ini selalu dipadukan dengan teh tarik yang hangat dan menyegarkan. Untuk Satu porsi Prata hanya Rp15.000,00 sedangkan teh tariknya Rp9.000,00.

Roti Prata Kebuli Mbah Soleh
Roti Prata Kebuli Mbah Soleh [image source]
Nama : Kebuli Mbah Soleh Ngru-Q
Alamat : Jln. Perintis Kemerdekaan no: 66 Kabangan Solo
Telepon : 0851 0552 0002
Website : www.kebulimbahsoleh.com
Instagram : https://www.instagram.com/kebulimbahsoleh/

Nah, ingin rasakan sensasinya makan ala Timur Tengah? Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Solo saja.

Advertisement
Tags
kuliner kuliner Solo
Share