Museum Madam Tussauds, Perekam Sejarah Dunia dari Dulu Hingga Sekarang

Ternyata, di bumi ini ada lho tempat berkumpulnya berbagai tokoh dunia mulai dari pemimpin negara, artis hingga robot terkenal BB8, loh kok bisa? Jangan kaget ya, jika setelah masuk di tempat ini, kamu akan melihat orang-orang terkenal berpose dengan gaya khasnya. Tapi, yang ada di hadapanmu itu tentu bukan asli, alias patung lilin yang dibuat semirip mungkin.

Tempat yang khusus memamerkan patung lilin tersebut bisa kamu sebut dengan Museum Madam Tussauds. Di seluruh dunia ada beberapa negara yang memiliki museum seperti itu. Sebut saja Thailand, Hongkong, Inggris, hingga Turki. Di dalamnya ada berbagai atraksi yang menarik dan pameran figur. Bahkan ada juga lho orang-orang Indonesia yang dibuatkan versi patung lilinnya.

1. Presiden Jokowi Dipatungkan, Menyusul Soekarno dan Anggun C. Sasmi

Setelah Soekarno dan Anggun, kini Museum Madam Tussauds berencana membuatkan patung lilin untuk orang nomor satu di Indonesia saat ini yaitu Joko Widodo. Bagi sebagian orang, tentu hal ini menimbulkan tanda tanya besar mengenai alasannya. Yang pasti, pihak museum memiliki pertimbangkan tersendiri, kita sebagai orang Indonesia pantas bangga dengan bertambahnya figur tokoh Indonesia di jajaran patung lilin Madam Tussauds.

patung Soekarno dan Anggun [image source 1 , 2 ]
patung Soekarno dan Anggun [image source 1 , 2 ]

Sebelum menentukan pilihan, pihak Museum Madam Tussauds di Hong Kong melakukan survey terlebih dahulu. Memang nama Joko Widodo bukan yang paling banyak dipilih oleh pengunjung museum. Meski begitu, nama-nama orang penting di dunia saat ini berhasil diungguli oleh Jokowi. Hal itu disampaikan langsung oleh Konsulat Jenderal RI untuk Hongkong yaitu Tri Tharyat. “Nama Presiden Jokowi mengalahkan Donald Trumph, Hillary Clinton. Bahkan Lionel Messi saja kalah,” kata Tri. Pihak museum sendiri menganggap Jokowi pantas dipatungkan karena gayanya yang unik di antara pemimpuin dunia saat ini.

2. Mengenal Madam Tussaud

Museum Madam Tussauds ini begitu ngehits sebagai destinasi wisata. Itu karena figur-figur patung di dalamnya begitu mirip dengan tokoh aslinya. Kamu bisa berfoto dengan patung itu, orang yang tak tahu, pasti mengira kamu memang foto sama tokoh atau karakter asli entah itu manusia, hewan mitos, atau robot dalam film-film sekalipun. Lalu sebenarnya siapa sih Madam Tussauds yang namanya digunakan sebagai julukan museum tersebut?

Patung Madam Tussauds [image source 1 , 2 ]
Patung Madam Tussauds [image source]

Nama aslinya adalah Marie Tussaud, ia dilahirkan pada tahun 1761 di Strasbourg, Perancis sebagai anak pembantu seorang dokter. Namun siapa sangka, jika bakat yang ia miliki di kemudian hari bisa membuat namanya begitu terkenal. Ibunya bekerja untuk Dr. Phillippe Curtius, majikan sekaligus orang yang mengajari Tussaud dalam seni pembuatan patung lilin.

3. Bertahan Hidup di Tengah Kecamuk Perang

Setelah membuat patung lilin dari berbagai tokoh dunia saat itu bersama Tussauds, Curtius meninggal dunia pada tahun 1974. Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun 1802 Tussaud pindah ke London akibat Perang Inggris-Perancis.

madam Tussauds [image source 1 , 2 ]
madam Tussauds [image source 1 , 2 ]

Karena tidak bisa kembali ke kampung halamannya, ia harus bersusah payah dan berjuang agar bisa bertahan hidup di London dengan memamerkan karya-karyanya serta beberapa patung warisan dari Curtius. Karena kegigihannya, ia berhasil memiliki tempat pameran permanen di Baker Street, London.

4. Karya Pertama yang Melegenda

Jauh sebelum Jokowi dan Soekarno, ada patung-patung yang dibuat sendiri oleh Madam Tussaud beberapa di antaranya masih ada hingga saat ini, termasuk patung dirinya sendiri yang dibuat pada tahun 1842. Karya pertama yang ia buat menyerupai figur Marie Arouet de Voltaire, seorang pejuang yang bergerak menggunakan tulisan asal Perancis dan berkarya pada Era Pencerahan. Karena ia pernah menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh, maka tidak heran jika Madam Tussaud begitu terinspirasi untuk membuat patung mirip Voltaire.

Patung Voltaire [image source 1 , 2 ]
Patung Voltaire [image source 1 , 2 ]

Beberapa waktu setelah itu, ia mulai membuat patung-patung lilin tokoh dunia lain seperti Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin. Keahliannya memang mengagumkan, bahkan ia bisa menciptakan sebuah ruangan yang penuh dengan patung-patung berbentuk mengerikan berupa korban-korban Revolusi Perancis, termasuk juga patung para pembunuh dan penjahat. Saat ini ruangan tersebut dijuluki “The Chamber of Horrors”, berani memasukinya?

Wah itulah sepenggal ulasan tentang siapa itu Madam Tussaud dan karya-karyanya. Pihak Museum Madam Tussauds Hong Kong telah melakukan pengukuran terhadap tubuh Presiden Jokowi, jadi dalam beberapa bulan lagi figurnya dalam bentuk patung akan terpampang nyata sekali. Kira-kira mirip nggak ya? Next