Asyik! Berkunjung ke Museum dan Istana Bogor Gratis

Kabar baik datang dari Bogor. Kota dingin di Jawa Barat ini kembali akan menggelar acara besar-besaran dalam rangka Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 535. Tak hanya pemandangan alam yang eskotis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) bakal mengenalkan wisata budaya mereka kepada wisatawan secara cuma-cuma. Yap, acara tersebut adalah Istana Bogor Untuk Rakyat (Istura) serta Museum Open.

Dilansir dari Kompas, Kabid Pariwisata Disbudpar Kota Bogor mengungkapkan bahwa tempat-tempat bersejarah yang bakal dibuka secara gratis meliputi museum serta istana Bogor. Acara menyenangkan satu ini rencananya akan digelar sejak tanggal 24-28 Juli 2017. Sementara jam bukanya dimulai pukul 08.00-17.00 WIB. Salah satu museum yang akan dibuka secara gratis dalam acara tersebut Museum Sejarah Alam Indonesia (Munasein).

Istana Bogor
Istana Bogor [image source]
Munasein ini merupakan museum baru di Bogor dan baru diresmikan pada bulan Agustus 2016 lalu. Museum yang merupakan perkembangan dari Etnobotani ini sendiri terletak di Jalan Juanda no 22-24, Bogor. Selain Munasein, museum lain yang dibuka dalam rangka Hari Jadi Bogor adalah Museum Peta (Pembela Tanah Air) yang berada di kawasan militer Pusat Pendidikan Zeni. Sesuai namanya, destinasi wisata satu ini menceritakan pembentukan PETA sampai mencapai kemerdekaan Indonesia.

Museum berikutnya yang juga dibuka gratis dalam acara besar-besaran ini adalah Museum Perjuangan yang berlokasi di Jalan Merdeka nomor 56. Museum Kepresidenan Balai Kriti serta Museum Zoologi yang menyajikan koleksi flora dan fauna purba. Dalam penjelasan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor Shahlan Rasyidi, pihaknya juga telah membuka pendaftaran bagi warga atau wisatawan dari luar kota sejak tanggal 15 Juni 2017 lalu.

Museum Zoologi
Museum Zoologi [image source]
Nah, untuk kamu yang berniat berkeliling museum Bogor, cukup datang saja ke lokasi pendaftaran yang berada di Kantor Disbudpar, Jalan Pandu Raya serta di Gedung Kemuning Gading. Pun digratiskan, pihak panitia menghimbau agar wisatawan tetap mengikuti peraturan seperti bersikap sopan serta berpakaian rapi. Nah, berniat untuk menjelajah tempat bersejarah di Bogor? Yuk, segera daftar dirimu dan ajak keluarga atau sahabat terdekatmu! Jangan lupa untuk mampir ke destinasi Bogor lainnya ya! Next