Menikmati Keindahan Alami Dipadu Nuansa Misteri Nusa Barong Jember

Mempunyai waktu luang adalah sebuah anugerah bagi kamu yang memiliki jadwal padat setiap hari. Waktu luang ini bisa kamu gunakan untuk istirahat, menyalurkan hobby, atau bercengkrama dengan keluarga. Namun, tak sedikit pula dari kamu yang memanfaatkan waktu luang untuk traveling. Yup! Membunuh rasa jenuh dengan traveling adalah pilihan yang tepat. Apa lagi kalau traveling menikmati keindahan alam Indonesia. Wah, rasa jenuh dan penat karena kesibukan hilang seketika.

Pantai bisa jadi salah satu tujuan untuk membuang penat. Hamparan pasir, birunya air laut, dan romantisnya senja bisa mengisi ulang semangat yang sempat redup. Karena itu, kali ini kami akan mengulas sebuah pulau cantik di Jember, yaitu Nusa Barong. Seperti apa sih keindahan Pulau Nusa Barong?

Phi-Phi Island dari Indonesia

Siapa sih yang nggak kenal dengan keindahan Phi-Phi Island di Thailand? Kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand, di Indonesia juga ada. Pulau Nusa Barong dengan luas 6.100 hektar ini pantainya memiliki hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih.

Pantai Nusa Barong [image source]
Pantai Nusa Barong [image source]

Suasana tropis pulau ini sangat mendukung untuk bersantai sembari menikmati deburan ombak diiringi suara bermacam-macam fauna. Di Nusa Barong kamu akan menjumpai beraneka ragam fauna seperti rusa Jawa, biawak air, monyet kra, dan penyu hijau. Kamu juga bisa menikmati keindahan hutan Nusa Barong yang tersusun atas tiga formasi hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah.

Keindahan Alami Berbalut Nuansa Misteri

Dibalik keindahan pemandangan Nusa Barong yang memanjakan mata, tersimpan sebuah misteri yang membuat bergidik calon pengunjung sekaligus menimbulkan rasa penasaran. Saat traveling ke Pulau Nusa Barong, kamu nggak akan menemukan penduduk lokal yang bisa diajak bersosialisai. Sudah sejak lama pulau ini tak berpenghuni.

Tebing di Nusa Barong [image source]
Tebing di Nusa Barong [image source]

Pulau Nusa Barong dipercaya merupakan tempat berdiam ribuan makhluk halus. Selain itu,ada pula sebab lain mengapa Pulau Nusa Barong dengan segala keindahannya tetap tak berpenghuni. Hal itu berasal dari arti kata Nusa Barong. Nusa berarti pulau, sedangkan barong berarti ular. Banyak yang percaya Pulau Nusa Barong dihuni oleh seekor ular besar panjang.

Napak Tilas Sejarah Bangsa Indonesia

Sebelum tak berpenghuni, Pulau Nusa Barong pernah menjadi penyokong ekonomi Kerajaan Blambangan. Pulau Nusa Barong adalah penghasil sarang burung walet. Ekonomi Kerajaan Blambangan berkembang pesat dari hasil penjualan sarang burung walet ke pedagang Cina. Lama-kelamaan politik di Pulau Nusa Barong juga turut berkembang.

Laut Biru Nusa Barong [image source]
Laut Biru Nusa Barong [image source]

Perkembangan politik Nusa Barong membuat Belanda mengawasi pulau ini. Akhirnya pada tahun 1777 pecahlah perang di Pulau Nusa Barong. Dalam peperangan tersebut 27 orang gugur. Sejak saat itu Pemerintah Hindia Belanda melarang perdagangan dan pribumi untuk mengunjungi Pulau Nusa Barong. Akhirnya pada tahun 1920 Pulau Nusa Barong ditetapkan sebagai cagar alam.

Dengan keindahan berbalut nuansa misteri dan sejarah tersebut, Pulau Nusa Barong sangat layak dikunjungi. Jika ingin berkunjung ke sana ada sedikit tips dari kami untuk kamu. Jangan lupa membawa persediaan air tawar yang cukup dan siapkan mental serta kesehatan karena medan menuju Pulau Nusa Barong lumayan menantang. Selamat menikmati keindahan laut lepas ujung terluar Indonesia lewat Pulau Nusa Barong! Next