Mengunjungi West Bank, Daerah di Palestina yang Kerap Terjadi Konflik

Dari sekian banyaknya tempat paling buruk di dunia yang bisa dikunjungi, West Bank pasti masuk tuh dalam salah satunya. Kamu tahu sendiri kalau daerah ini selalu menyumbangkan banyak headline ngeri. Entah soal bom bunuh diri, konflik dan sebagainya. Jadi, bisa dikatakan nekat dan tak sayang nyawa kalau sampai berkeinginan mengunjungi tempat ini. Tapi, benarkah West Bank aslinya seseram itu?

Kalau kita pandang dari perspektif luar, tentu West Bank adalah tempat buruk yang haram dikunjungi. Tapi, kalau mau sedikit merendahkan rasa sok tahu, takut, ego, dan sebagainya, West Bank is a beautiful place to visit. Beneran, meskipun kesannya amburadul segala macam, tapi West Bank ini adalah tempat yang kaya spot wisata. Apalagi kalau kamu suka sejarah dan juga hal-hal yang berbau religi.

Sama seperti anggapan semua orang soal Korea Utara yang dari luar ngeri tapi dalamnya oke, West Bank kurang lebih juga menawarkah hal yang sama. Nah, berikut ini adalah bukti-bukti yang bakal menunjukkanmu betapa layaknya West Bank untuk dikunjungi.

Sekelumit Soal West Bank yang Harus Kamu Tahu

West Bank secara teritori adalah milik Palestina, tapi daerah ini letaknya ada di dalam Israel. Nah, mungkin karena posisinya yang kejepit seperti ini, akhirnya sering terjadi persinggungan antara orang-orang Palestina dan Yahudi Israel. Bagi orang Yahudi sendiri, West Bank adalah tempat historis leluhur mereka. Dari sini kita tahu ya pokok permasalahannya kenapa di daerah ini sering sekali terjadi konflik.

West Bank [Via expertvagabond]
West Bank [Via Digitaljournal]
West Bank adalah satu-satunya bagian Palestina yang tersisa setelah sebelumnya sedikit demi sedikit ditaklukkan Israel lewat perang atau cara-cara lain. Nah, kalau dilihat dari sejarahnya lagi, West Bank pernah diduduki oleh Israel dalam Perang Enam Hari di tahun 1967. Seiring waktu berjalan, West Bank berpindah-pindah pemilik, dan hari ini diklaim oleh Palestina. Oh iya, PBB juga mengakui kalau West Bank ini adalah milik negara Islam tersebut.

Hebron, Kota Sejuta Kejutan di West Bank

Sudah ya bagian kelam-kelamnya, sekarang waktunya untuk mencari yang asik-asik di sini. Di West Bank sebenarnya banyak kota yang bisa dikunjungi, tapi dari semuanya yang mungkin paling menarik adalah Hebron. Kota yang terletak di bagian selatan West Bank ini punya banyak keunikan yang mengejutkan. Tak hanya tentang tempat-tempatnya saja, tapi juga kehidupan warganya sendiri.

Kota Hebron [Via expertvagabond]
Kota Hebron [Via expertvagabond]
Hebron ini nasibnya kurang lebih sama seperti West Bank. Terbagi menjadi dua bagian, Palestina dan Israel. Untuk wilayah Hebron Palestina (kita sebut ini H1) luasnya sekitar 80 persen, sedangkan sisanya (H2) yakni 20 persen adalah milik Israel. Kalau konflik tak usah ditanya ya karena hal itu memang sering terjadi. Tapi, split 2 wilayah ini akhirnya justru melahirkan satu kekayaan wisata tersendiri.

Mengunjungi H1 dan H2 tidak boleh satu kali jalan. Maksudnya harus sendiri-sendiri, karena owner sampai guide-nya berbeda. Nah, ini jadi hal menyenangkan karena kita bakal ditampakkan pemandangan yang berbeda. Seperti apa sih? Keep scrolling, ya!

Menguak Hal-Hal Menyenangkan di H1

Hal yang menarik soal H1 bukan tentang tempat sebenarnya, tapi kehidupan masyarakatnya. Kita bisa lihat di sana orang-orang Palestina bisa hidup dengan cukup aman dan tenang. Aktivitas warga cukup ramai apalagi pasar-pasarnya yang begitu aktif. Ada berbagai barang khas Palestina yang bisa kamu boyong di sini. Entah makanan, fashion, atau apa pun yang ada di sana.

Pasar di H1 Hebron [Via expertvagabond]
Pasar di H1 Hebron [Via expertvagabond]
Selain mengunjungi pasar dan melihat geliat aktivitas orang-orang Palestina, kita juga bisa lho mengunjungi rumah-rumah penduduk. Ada banyak pilihan sih rumah mana yang mau dikunjungi, tapi mungkin ada baiknya kamu memilih yang lama. Ada beberapa rumah di sini yang usianya sangat tua bahkan sampai ratusan tahun. Desainnya cukup unik sih, seperti batuan yang dipahat, walaupun barang-barangnya berserakan.

Rumah tua di H1 [Via expertvagabond]
Rumah tua di H1 [Via expertvagabond]
Mengunjungi rumah orang Palestina di Hebron bakal makin berkesan dengan sambutan mereka yang ramah. Segelas teh dan beberapa kudapan jelas akan mereka berikan. Tak hanya itu, kamu pun juga bisa mencari tahu tentang apa-apa yang terjadi di Hebron selama ini yang mungkin tak banyak media mengetahuinya.

Uniknya H2 yang Tak Banyak Orang Tahu

H2 kurang lebih sama seperti H1, di sini kita akan menikmati pemandangan orang-orang Israel berlalu lalang serta mereka yang sibuk dengan aktivitasnya. Cukup unik sih, terlebih mereka juga ramah-ramah seperti orang-orang Palestina. Tempat yang bisa dikunjungi di Hebron H2 ini juga tak jauh beda dari tetangga sebelahnya. Tempat ramai seperti market dan juga home tour.

Penduduk Israel di H2 [Via expertvagabond]
Penduduk Israel di H2 [Via expertvagabond]
Sama seperti H1, di H2 ini guide pasti akan mengajakmu untuk berkunjung ke salah satu rumah penduduk di sana. Bangunan rumahnya sendiri tak begitu spesial, tapi kamu pasti akan sangat menyenangi suasananya. Setelah melakukan kunjungan singkat, mungkin yang bisa dihampiri adalah monumen-monumen yang ada di sana. Overall, mengunjungi tempat ini sangat menyenangkan.

Mengunjungi Makam Nabi Ibrahim

Selain H1 dan H2, masih ada satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi di sini. Ya, apalagi kalau bukan Tomb of Abraham atau makam Nabi Ibrahim. Sebelum memasuki tempat suci bagi tiga agama besar di dunia ini, kamu akan dihadapkan oleh banyak pemeriksaan yang cukup detail dan lama. Menghindari yang tidak-tidak kalau menurut petugasnya. Setelah selesai, kamu dipersilakan untuk melihat makam sang Pembangun Kakbah ini.

Makam Nabi Ibrahim [Via expertvagabond]
Makam Nabi Ibrahim [Via expertvagabond]
Makam Ibrahim terletak dalam ruang khusus yang memiliki jendela di beberapa sisi. Kacanya sendiri bullet proof biar aman dari apa pun. Makam Nabi Ibrahim ini tinggi dan dibungkus oleh kain berwarna hijau seperti yang bisa kamu lihat di atas. Melihat ini mungkin akan terenyuh karena beliau adalah pendahulu para nabi yang dipercaya di beberapa agama. Hal yang unik dari tempat ini adalah adanya masjid dan juga tempat ibadahnya orang Yahudi. Keunikan lainnya, orang-orang yang berbeda agama di sana bisa rukun berbagi tempat.

Dengan melihat semua ini, fix, West Bank adalah tempat yang sangat layak dikunjungi. Mungkin awalnya kamu bakal deg-degan setengah mati, apalagi dengan pemeriksaan satu dan lainnya. Tapi, begitu bisa masuk ke dalamnya kamu bakal mendapatkan banyak hal baru. Dijamin nggak bakal nyesel kalau kamu bisa mampir ke sini. Next