Ini Pelajaran Tak Terlupakan dari Perjalanan Mengelilingi Indonesia

Advertisement

Siapa sih yang nggak ingin jalan-jalan, termasuk juga kamu kan? Pasti ada beberapa tempat yang ingin kamu kunjungi atau mungkin kamu ingin bertandang ke semuda destinasi wisata di dunia ini. Nggak ada salahnya kok memiliki mimpi semacam itu, tapi tunggu dulu. Sebelum keliling dunia, apa kamu nggak ingin khatamin wisata Nusantara? Dari Papua di ufuk timur, hingga Aceh di ujung barat terdapat surga-surga alam dengan pemandangan yang menakjubkan.

Ternyata, mengelilingi Indonesia itu mendatangkan banyak manfaat lho. Kamu juga bisa mempelajari banyak hal. Seperti yang kita ketahui jika negeri ini terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki segudang tradisi dan budaya. Dengan melangkah lebih jauh lagi, kamu akan sadar jika kita tinggal di negara yang sangat kaya. Berikut ini adalah sebagian dari banyak hal yang akan kamu dapatkan, simak ulasannya sampai selaesai ya! Semoga semangatmu untuk traveling semakin menggelora.

1. Kamu Belajar Banyak Tentang Hidup

Ayolah kamu harus mencoba keluar dari zona nyamanmu saat ini, lakukan berbagai hal baruyang seru. Salah satunya dengan traveling mengelilingi Indonesia. Dengan begitu, kamu akan sadar bahwa wawasan dan pengetahuanmu hanya sedikit. Kamu bisa mulai dari tempat-tempat yang dekat dengan rumahmu. Nggak masalah jika kamu mulai dari menelusuri jejak-jejak sejarah di kawasan kota tua, siapa tahu nantinya kamu akan semakin mantap untuk menginjakkan kaki di puncak gunung atau menyelam mengintip keindahan bahari.

Belajar tentang hidup [image source]
Belajar tentang hidup [image source]

Kamu juga akan belajar banyak tentang hidup. Baik itu soal hidupmu sendiri atau kehidupan orang lain. Contohnya saat kamu masuk ke pedalaman suku-suku Papua, kamu akan melihat bagaimana mereka bertahan hidup menghadapi alam liar.

2. Kamu Tidak Akan Pernah Sendiri

Ya meski kamu akan melihat berbagai keragaman budaya dan tradisi, namun dalam hatimu yang paling dalam tidak akan memandangnya sebagai sebuah perbedaan. Dalam arti kita semua adalah bagian dari Nusantara, saudara setanah air. Dengan keliling Indonesia, kamu bisa menemukan teman di berbagai tempat.

Kamu tidak sendiri [image source]
Kamu tidak sendiri [image source]

Teman yang banyak, akan mendatangkan banyak manfaat. Kamu bisa belajar tentang berbagai bahasa daerah, mengenal kuliner-kuliner khas yang dibuat langsung di tempat asalnya dan lain sebagainya. Sekali kamu melangkah keluar rumah untuk berwisata, hidupmu tidak akan kesepian dan selalu rami dengan banyak hal baru.

3. Kamu Akan Bertemu dengan Orang yang Tak Terlupakan

Di tempat yang baru, kamu akan bertemu dengan orang yang baru. Beberapa di antaranya mungkin akan menjadi sahabat baikmu. Kamu mungkin tidak pernah menduga tentang cara kalian bertemu, namun justru hal itu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ketika kamu nanti punya kesempatan untuk datang ke tempat itu lagi, seolah-olah ada kenangan yang terputar kembali.

Bertemu orang tak Terlupakan [image source]
Bertemu orang tak Terlupakan [image source]

Kamu juga bisa mendatangi teman-teman baru yang istimewa itu, berbagai cerita dan banyak hal lainnya. Sama halnya ketika kamu mengambil perjalanan dengan kereta api atau bis, sudah menjadi sifat orang timur untuk ramah pada orang lain. Kamu bisa ngobrol dengan penumpang yang ada di sebelahmu dan bergembira menikmati perjalanan bersama, pasti seru sekali kan?

4. Kamu Bisa Mencoba Hal baru

Jika ada tempat dan orang baru, pasti ada juga kegiatan-kegiatan yang sama sekali asing untukmu. Belum apa-apa jika kamu hanya mendatangi kota-kota besar. Kenapa kamu nggak mencoba untuk rafting menaklukan jeram-jeram yang ganas, lompat dari atas tebing ke lautan yang jernih dan menyegarkan, atau mungkin mendaki sampai ke puncak gunung.

mencoba hal baru [image source]
mencoba hal baru [image source]

Kamu masih melakukan sedikit saja dari sekian banyak hal seru di muka bumi ini. Ingat, umur semakin bertambah, jangan sampai kamu menyesal karena tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Itulah beberapa hal yang akan kamu alami saat traveling mengelilingi Indonesia. Jadi, apakah sekarang kamu jadi makin semangat? Semoga impianmu untuk bisa menjamah pulau-pulau keren di Nusantara dapat segera tercapai ya.

Advertisement
Tags
Budaya Indonesia wisata indonesaia
Share