Menikmati Kuliner Mendoan Gurih di Purwokerto

Pernah dengar berita tentang geger mendoan di Banyumas beberapa waktu yang lalu? Sebagian besar warga setempat tak setuju dengan privatisasi mendoan. Bagaimana tidak, tindakan ini dianggap bisa mematikan usaha pedagang gorengan tempe khas tersebut. Terlepas dari itu semua, yang namanya mendoan memang mentap di lidah, apalagi jika belinya di beberapa kedai berikut ini.

1. Toko Sawangan No 1

Ilustrasi Mendoan sawangan [image source]
Gorengan seperti mendoan sebenarnya lumrah ada di berbagai kota. Namun yang khas Purwokerto sebagai ibu kota Banyumas memiliki keunikan baik dari segi rasa maupun bentuk. Biasanya kuliner serupa tersaji dalam keadaan kering serta krispi, tapi tidak dengan mendoan. Irisannya begitu tipis dan ketika digigit tidak kering tapi bukan berarti jauh dari kelezatan. Coba saja langsung di Toko Sawangan No 1. kamu akan tahu segurih apa mendoan ketika dicocol dalam sambal yang pedas.

Ilustrasi Mendoan sawangan [image source]
Lokasi : JL Jend. Sutoyo, No. 23, Kedungwuluh, Kedungwuluh, Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Telepon : (0281) 639392

2. Mendoan Mirasa

Mendoan [image source]
Yang ini juga masih ada di Sawangan, termasuk penjual paling tua dan legendaris. Jika kamu ingin rasa mendoan asli bisa menjadikan Toko Mirasa sebagai pilihan. Lokasinya tidak jauh dari Alun Alun Purwokerto, kamu bisa mampir hanya dengan berkendara sejauh 500 meter. Tentu saja mendoan bukan satu-satunya yang bisa dinikmati, beli juga oleh-oleh Purwokerto lainnya.

Mendoan Mirasa [image source]
Lokasi : Kedungwuluh, Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

3. Mendoan Eco 21

Mendoan Eco 21 [image source]
Sawangan adalah salah salah satu pusat kuliner Banyumas, untuk mendoan saja ada banyak penjualnya. Tak begitu jauh dari Toko Mirasa ada Mendoan Eco 21. Di sini kamu bisa melihat bagaiman proses pembuatannya. Dari mulai membumbui hingga mengemas. Langsung disantap di tempat juga boleh, mumpung masih panas. Para wisatawan yang berniat menjadikan mendoan sebagai oleh-oleh bisa request untuk kapan mendoannya digoreng. Bisa langsung di hari itu atau yang tahan sampai 3 hari. Sebelum incip-incip coba mampir ke Museum Uang di Jl. Jenderal Sudirman jaraknya hany sekitar 450 meter faro Toko Eco 21.

Museum Uang [image source]
Lokasi : Jl. Raya Purwokerto, Sawangan, Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Telepon : (0281) 632824

4. Mendoan Kriuk Baturraden

Mendoan Kriuk [image source]
Objek wisata Baturraden memang keren, ada pemandangan alam yang mengagumkan mirip Bogor atau daerah Kota Batu. Saat udara sejuk atau dingin, paling enak makan mendoan disandingkan dengan kopi dan sambal kecap pedas, pasti nikmat. Tempat untuk mewujudkannya adalah Warung Mendoan Kriuk. Bu Ripah dijamin mantap. Setelahnya atau sebelumnya kamu bisa menghangatkan diri di pemandian air panas yang masih dalam satu lokasi.

Kawasan Wisata Baturraden [image source]
Lokasi :  Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Purwokerto bisa diakses dari Jogja dalam waktu 4 jam, sedangkan dari Bandung butuh waktu sekitar 6 jam menggunakan mobil. Jika terlalu melelahkan bisa memilih kereta api sebagai transportasi sekalian backpackeran di Banyumas mengkhatamkan ikon Baturraden seperti Pancuran 7, Telaga Sunyi, hingga Curug Jenggala. Next