Seperti Ini Masjid Tertua di Benua Afrika

Berbicara tentang negara di Afrika yang memiliki situs peninggalan Islam paling penting pasti tak lepas dari negara Tunisia. Di dalam negara ini berdiri sebuah masjid yang disebut-sebut sebagai yang tertua di Benua Afrika, Masjid Agung Kairouan namanya.

Traveler yang sedang berlibur di Tunisia, jangan cuma menikmati keberagaman budayanya saja. Sempatkan pula untuk mengunjungi situs peninggalan Islam berupa masjid tertua di Benua Afrika. Adalah Masjid Agung Kairouan, masjid tua yang terletak di kota Kairouan menjadi salah satu peninggalan Islam terpenting di Benua Hitam.

Dari informasi yang didapatkan Travelingyuk di laman UNESCO, Masjid Agung Kairouan dibangun sejak abad ke 670. Masjid ini dibangun oleh Jenderal Uqba ibn Nafi yang kemudian dilakukan renovasi menyeluruh untuk memperkokoh strukturnya oleh Pangeran Zidayatullah I di abad ke-9.

. Eye catching #Chandelier in the #Great #Mosque of #Kairouan in #Tunisia

A post shared by Zak Kadva (@zaki_kads) on

Masjid yang terletak di sebuah kota suci dan sangat kuno bagi umat Islam Afrika, Kairouan ini tercatat telah mengalami dua kali renovasi pada abad ke-18. Masjid ini dibangun sangat megah di atas lahan seluas 10.800 meter persegi yang terbagi menjadi tiga lantai.

Di dalam bangunan ini terdapat ruang ibadah dengan 17 lengkungan dengan penyangga tiang ukir yang cantik. Termasuk di dalamnya sebuah mihrab dengan hiasan yang indah pula. Tak ketinggalan di dalam masjid ini masih tertinggal mimbar tertua yang disebut dengan Al Majal al Qadim.

Meski secara keseluruhan sentuhan Islami sangat kental terasa pada arsitektur Masjid Agung Kairouan, akan tetapi saat diamati masjid ini juga menyematkan sentuhan gaya Romawi. Detil tersebut bisa dilihat dari model menara masjid. Nah, untuk para traveler muslim yang sedang berada di Tunisia, sempatkan datang dan beribadah di masjid tertua di Afrika ini ya!

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *