Seperti Ini Masjid Tertua di Benua Afrika

Advertisement

Masjid adalah bangunan yang sangat penting bagi umat Islam sebagai tempat ibadah. Di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, mudah ditemukan Masjid. Bagaimana dengan Afrika Berbicara tentang negara di Afrika yang memiliki situs peninggalan Islam paling penting pasti tak lepas dari negara Tunisia.

Di dalam negara ini berdiri sebuah masjid yang disebut-sebut sebagai yang tertua di Benua Afrika, Masjid Agung Kairouan namanya. Traveler yang sedang berlibur di Tunisia, jangan cuma menikmati keberagaman budayanya saja.

Masjid Afrika [image source]
Tempat  itu merupakan peninggalan Islam tertua di Benua Afrika yang berupa Masjid.  Dari informasi yang didapatkan Travelingyuk di laman UNESCO, Masjid Agung Kairouan dibangun sejak abad ke 670. Masjid ini dibangun oleh Jenderal Uqba ibn Nafi yang kemudian dilakukan renovasi menyeluruh untuk memperkokoh strukturnya oleh Pangeran Zidayatullah I di abad ke-9.

Masjid Afrika [image source]
Masjid yang terletak di sebuah kota suci dan sangat kuno bagi umat Islam Afrika, Kairouan ini tercatat telah mengalami dua kali renovasi pada abad ke-18. Masjid ini dibangun sangat megah di atas lahan seluas 10.800 meter persegi yang terbagi menjadi tiga lantai.

Masjid Afrika [image source]
Di dalam bangunan ini terdapat ruang ibadah dengan 17 lengkungan dengan penyangga tiang ukir yang cantik. Termasuk di dalamnya sebuah mihrab dengan hiasan yang indah pula. Tak ketinggalan di dalam masjid ini masih tertinggal mimbar tertua yang disebut dengan Al Majal al Qadim.

Masjid Afrika [image source]
Meski secara keseluruhan sentuhan Islami sangat kental terasa pada arsitektur Masjid Agung Kairouan, akan tetapi saat diamati masjid ini juga menyematkan sentuhan gaya Romawi. Detil tersebut bisa dilihat dari model menara masjid.

Masjid Afrika [image source]
Punya impian untuk berkunjung ke Masjid ini tentu saja boleh, namun jangan pula kamu melewatkan Masjid Indah di Indonesia ya!

Advertisement
Tags
Afrika Luar negeri masjid
Share