Menakjubkan, Ini Masjid-masjid Indonesia yang Mirip Taj Mahal di India

Taj Mahal adalah bukti kejayaan masa lampau ketika kerajaan Islam di bawah keturunan dinasti Mughal memegang tumpuk kekuasaan. Salah satu rajanya yang sukses dan kaya raya adalah Shāh Jahān. Sebagai salah satu bentuk penghormatan pada mendiang istri yang sangat dicintainya yaitu Mumtaz Mahal, Shah Jahan memerintahkan pembangunan Taj Mahal, sebuah makam atau monument megah yang keindahannya masih bisa dinikmati hingga saat ini. Kamu yang belum punya kesempatan datang ke India, tepatnya ke Kota Agra untuk menyaksikan bangunan tersebut, jangan terlalu bersedih.

Kamu bisa datang ke tempat yang arsitektur bangunannya mirip dengan Taj Mahal. Di Indonesia banyak kok, memang tak semuanya memiliki kesamaan yang benar-benar mirip. Tapi cukuplah mengatasi rasa penasaranmu pada Taj Mahal. Kamu bisa datang untuk berwisata dan melakukan wisata religi, mencari ketenteraman dan ketenangan di rumah Allah. Berikut ini adalah beberapa Masjid di Indonesia yang mirip dengan Taj Mahal.

1. Masjid Ramlie Mustafa

Masjid ini baru beberapa bulan yang lalu diresmikan dan proses pembangunannya selesai setelah melalui beberapa tahun. Dari masjid lainnya di Indonesia, Masjid Ramlie Mustofa adalah yang paling mirip dengan Taj Mahal.

Masjid Ramlie Mostofa [via instagram @mirza1404]
Masjid Ramlie Mostofa [via instagram @mirza1404]

Dindingnya didominasi dengan warna putih, termasuk juga kubah dan menaranya. Kamu bisa menemukan masjid ini jika datang ke Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C – 14A, Jakarta Utara. Kabarnya, orang yang mendirikan masjid itu adalah seorang mualaf berdarah Tionghoa. Hal itu juga terlihat dari nama masjid yang menggunakan tiga bahasa yaitu Arab, Mandarin dan Indonesia.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah tempat wisata religi yang menjadi kebanggaan bangsa Aceh. Bukan hanya bangunannya yang memiliki nilai seni tinggi perpaduan berbagai unsur budaya, tapi nilai sejarahnya juga nggak bisa diabaikan begitu saja. Kubah-kubah besar dan kolam air di depannya, membuat Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu Taj Mahalnya Indonesia.

 

Masjid Raya Baiturrahman [via instagram @dausocto]
Masjid Raya Baiturrahman [via instagram @dausocto]

Pembangunan pertama kali dilakukan pada tahun 1612 ketika Kesultanan Aceh masih berjaya. Sempat dibakar dan direnovasi, bahkan juga selamat dari terjangan tsunami, Masjid Baiturrahman memang menyuguhkan keindahan yang begitu mengagumkan.

3. Masjid Annur Pekanbaru

Masjid Annur Pekanbaru adalah salah satu pusat ibadah dan kegiatan agama Islam di Riau. Lokasinya berada di jantung Kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau. Diresmikan sekitar tahun 1968 dan hingga saat ini terus mendapatkan tambahan fasilitas agar para jama’ah lebih nyaman beribadah di dalamnya.

Masjid Agung Annur [via instagram @masjid.indah]
Masjid Agung Annur [via instagram @masjid.indah]

Yang membuat Masjid Annur mirip dengan Taj Mahal adalah bentuk kubah dan menaranya. Ada juga kolam yang memanjang di depan pintu utama masjid, membuat pemandangannya terutama saat malam hari jadi mirip-mirip dengan Taj Mahal.

4. Masjid Jami Malang

Malang adalah kota wisata, kamu nggak hanya disuguhi dengan alam yang keren tapi juga suasana kota bersejarah yang masih menunjukkan jejak-jejak peninggalan masa lampau. Di dekat alun-alun terdapat bangunan yang berdiri kokoh dan mentereng dari bangunan-bangunan yang lainnya. Pandanganmu pasti akan langsung menuju Masjid Jami Kota Malang. Pertama kali dibangun pada tahun 1890 dan selesai pada 1903.

Masjid Jami Malang [via intsagram@namakuzulfie]
Masjid Jami Malang [via intsagram@namakuzulfie]

 Dari masa itu hingga saat ini, masjid terbesar di Kota Apel itu telah mengalami beberapa kali renovasi hingga sekarang bentuknya mirip dengan Taj Mahal. Kubah utama didampingi oleh kubah lain yang lebih kecil. Memang bentuknya tidak sepenuhnya persis. Namun keindahannya tetap bisa membuat kagum siapapun yang melihatnya.

Itulah beberapa masjid di Indonesia yang mirip dengan Taj Mahal. Dari beberapa tempat di atas, manakah yang sudah kamu kunjungi? Semoga dengan mendatanginya rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa jadi lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *