Wisata Hutan Mangrove di Jawa Timur yang Instagram-able

Advertisement

Setidaknya ada lima hutan mangrove di Jawa Timur yang menghijau dengan baik. Beberapa di antara tempat itu ada yang dikelola dengan baik sehingga ragam fasilitas dibangun untuk menarik pengunjung. Berikut lima hutan mangrove paling Instagram-able di Jawa Timur.

1. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo [image source]
Untuk mendukung pelestarian lingkungan yang ada di Surabaya, hutan mangrove yang awalnya tidak dikelola ini mulai dimanfaatkan dengan baik. Proyek penanaman, pembangunan jembatan-jembatan, restoran, hingga ada fasilitas perahu motor dan kayak yang bisa disewa oleh pengunjung.

Ekowisata Mangrove Wonorejo
Ekowisata Mangrove Wonorejo [imahge source]
Dengan luas mencapai 200-an hektare, kawasan ini menjadi salah satu hutan mangrove terbesar di Jawa Timur. Berada di kota, ekowisata ini menjadi buruan banyak warga Surabaya yang ingin lepas dari kebisingan dan kemacetan.

2. BeeJay Bakau Resort (BJBR)

BJBR Probolinggo
BJBR Probolinggo [image source]
BeeJay Bakau Resort (BJBR) adalah salah satu destinasi wisata di Probolinggo yang menarik banyak wisatawan. Dibuka pada tahun 2013 silam, tempat ini selalu menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan, mencari ketenangan, dan tentu saja mencari objek foto yang banyak ditemukan di kawasan ini.

BJBR Probolinggo
BJBR Probolinggo [image source]
Oh ya, tempat yang awalnya hanya kawasan kumuh dan dipenuhi sampah itu, kini telah menjadi primadona. Beragam fasilitas telah dibangun mulai dari jembatan, tempat makan, hiburan, bahkan saat malam hari ada beberapa pertunjukan. Bagi mereka yang ingin menghabiskan malam di sini, pengelola BJBR juga menyediakan resor yang cukup mewah dan berkelas.

3. Wisata Mangrove Gunung Anyar

Wisata Mangrove Gunung Anyar [image source]
Nyaris sama dengan Ekowisata Mangrove Wonorejo, hutan ini juga sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Fasilitas dasar seperti jembatan yang menembus hutan sudah dibangun cukup panjang. Selebihnya beberapa bangunan lain seperti rumah makan dan tempat istirahat juga bisa ditemukan di sekitaran hutan.

Wisata Mangrove Gunung Anyar, Sidoarjo [image source]
Yang menarik dari hutan mangrove ini adalah Anda bisa berkeliling menggunakan perahu nelayan. Tarif naik perahu ini sekitar Rp50.00. Anda akan dibawa menyusur semua wilayah hutan bakau hingga ke pesisir dan tempus ke laut. Oh ya, disarankan untuk tetap hati-hati saat mengambil gambar karena ada risiko kamera atau ponsel jatuh ke sungai.

4. Ekowisata Mangrove Cengkrong

Ekowisata Mangrove Cengkrong
Ekowisata Mangrove Cengkrong [image source]
Trenggalek juga memiliki ekowisata yang mengelola hutan mangrove dengan baik meski tidak terlalu besar. Terletak sekitar 500 meter dari kawasan Pantai Cengkrong, hutan mangrove ini mulai ramai dikunjungi oleh banyak orang. Muda dan mudi datang untuk mengelilingi hutan mangrove yang masih hijau sembari berburu foto sampai puas.

Ekowisata Mangrove Cengkrong
Ekowisata Mangrove Cengkrong [image source]
Oh ya, salah satu daya tarik dari hutan mangrove ini adalah adanya jembatan galau. Jembatan kayu dengan panjang puluhan meter dinamai demikian agar banyak orang tertarik datang. Oh ya, pemandangan di sekitar jembatan galau sangat indah lo. Kamu bisa mengabadikan setiap sudut yang ada atau melakukan selfie.

5. Mangrove Ujungpangkah

Mangrove Ujungpangkah [image source]
Awalnya pengelola kawasan ini tidak menyangka kalau apa yang mereka lakukan bisa jadi hutan wisata. Penduduk setempat hanya menanam bakau untuk mengatasi abrasi air laut saja. Namun, perlahan tapi pasti kawasan ini jadi hutan yang cukup lebat, hijau, dan jadi sarang banyak hewan liar yang kadang bersembunyi pada pohon.

Mangrove Ujungpangkah
Mangrove Ujungpangkah [image source]
Setelah terkenal sebagai tempat wisata, pengelola membangun jembatan yang menembus hutan. Penduduk setempat juga semakin giat mengkampanyekan penanaman mangrove yang bisa langsung melibatkan pengunjung.

Inilah beberapa hutan mangrove di Jawa Timur yang tidak hanya indah tapi Instagram-able. Menjelajahi kawasan akan membuat kamu betah dan tidak sadar terus mengabadikannya dalam kamera.

Advertisement
Tags
Hutan Bakau Indonesia Jawa Timur
Share