Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Sebelum Coba 8 Makanan Super Aneh Ini!

fi

Sering keluar masuk kafe dan restoran, serta pernah mencoba berbagai makanan enak belum bisa dijadikan bukti bahwa Anda adalah pecinta kuliner sejati. Karena untuk membuktikan dan mendapatkan penyematan gelar tersebut, Anda harus mengetahui atau pernah mencicipi hidangan dari berbagai macam negara.

Tentunya, di setiap negara selain kuliner yang lazim disantap, ada pula jenis-jenis masakan atau kudapan-kudapan aneh dengan label ekstrem. Tertantang dan tertarik untuk mencoba?

1. Keju terbau di dunia

Prancis identik sebagai surganya makanan lezat. Tapi siapa sangka, negeri satu ini menyimpan kuliner yang cukup ‘menyeramkan’, yaitu Vieux-Boulogne, keju yang terbuat dari susu sapi unpasteurisasi.

Keju terbau di dunia [image source]
Keju terbau di dunia [image source]
Keju ini merupakan makanan khas dari Boulogne-sur-Mer dan disebut-sebut sebagai keju dengan bau paling menyengat di dunia. Meski demikian, Vieux-Boulogne memiliki rasa yang lezat. Berani membuktikannya?

2. Ikan paling beracun di dunia

Pufferfish alias ikan fugu merupakan salah satu bahan kuliner terbaik yang terkenal dari Negeri Sakura. Meski rasanya sangat lezat, ikan ini memiliki kandungan racun yang sangat tinggi.

Ikan paling beracun di dunia [image source]
Ikan paling beracun di dunia [image source]
Yaitu mencapai 1.200 kali kadar racun sianida. Karena hal tersebut, hanya chef dengan pengalaman bertahun-tahun saja yang boleh mengolah ikan fugu untuk dijadikan sashimi.

3. Kari terpedas di dunia

Banyak restoran yang mengklaim menjual kari paling pedas. Tapi jangan dulu percaya sebelum melihat chef dari New York’s Brick Lane Curry House yang harus mengenakan masker saat memasak kari khas restoran mereka.

Kari terpedas di dunia [image source]
Kari terpedas di dunia [image source]
Kari ini dibuat dengan 8 buah cabai Bhut Naga Jolokiachillies, yang masing-masing memiliki tingkat kepedasan 1 juta scoville. Cabai ini juga bisa menimbulkan efek samping seperti munculnya keringat berlebih, mual dan muntah, hingga halusinasi.

4. Camilan dengan kaki terbanyak

Ya, Anda tak salah baca! Bukan makanan terpedas atau terbau, tapi kali ini camilan dengan kaki terbanyak! Di Skuon, Kamboja, tarantula goreng menjadi camilan lokal favorit yang juga banyak diburu wisatawan.

Camilan dengan kaki terbanyak [image source]
Camilan dengan kaki terbanyak [image source]
Tarantula ini dibalut dengan bawang putih kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Meski tampak menyeramkan, kabarnya tarantula goreng memiliki rasa mirip dengan daging ayam.

5. Makanan dengan aroma bawang terkuat

Bawang putih memang dikenal sebagai penyedap alami yang hampir selalu muncul di masakan apapun. Tapi bagaimana rasanya kalau bawang putih justru dijadikan bahan utama?

Makanan dengan aroma bawang terkuat [image source]
Makanan dengan aroma bawang terkuat [image source]
Hal ini terjadi di restoran bernama Garlic & Shots yang terletak di London. Salah satu menu andalan mereka yang memiliki aroma paling menyengat adalah es krim bawang putih. Hmm, mau coba?

6. Wine paling ‘buas’

Kalau biasanya wine terbuat dari anggur yang difermentasi, kali ini ada yang berbeda. Di Vietnam, Anda bisa menemukan wine yang terbuat dari rendaman ular berbisa.

Wine paling ‘buas’ [image source]
Wine paling ‘buas’ [image source]
Tubuh ular berbisa yang masih utuh dimasukkan ke dalam sebotol wine dan disajikan dalam takaran kecil. Selain di Vietnam, minuman ini juga populer di Taiwan serta Cina dan dipercaya bisa meningkatkan kekuatan tubuh.

7. Telur dengan proses masak paling menjijikkan

Mana yang paling Anda suka, telur mata sapi, dadar, atau telur rebus? Di Dongyang, Provinsi Zhejiang, Cina, ada olahan telur yang membuat siapapun bergidik.

Telur dengan proses masak paling menjijikkan [image source]
Telur dengan proses masak paling menjijikkan [image source]
Telur-telur mentah direbus perlahan dalam air kencing anak laki-laki yang dikumpulkan di toilet sekolah. Terkenal dengan nama virgin boys eggs, makanan ini dianggap bisa meningkatkan yin di tubuh yang mengonsumsinya.

8. Kudapan paling berlemak di dunia

Dengan 45 gram lemak per porsi, hidangan dari Iowa State Fair di Amerika ini menjadi kudapan paling berlemak di dunia.

Kudapan paling berlemak di dunia [image source]
Kudapan paling berlemak di dunia [image source]
Terdiri dari mentega yang dibalut tepung dan digoreng, makanan ini tentu saja memiliki rasa gurih yang bikin ketagihan. Tapi bagaimana dengan resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkannya?

Well, kalau memang Anda mengaku pecinta kuliner, cobalah makanan-makanan tersebut dan buktikan sendiri ‘keajaibannya’! Next