Nikmatnya Makanan Khas Manado yang Dijamin Bisa Menggoyang Lidah

Advertisement

Selain dikenal kaya budaya, Indonesia juga memiliki warisan kuliner yang begitu beragam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Anda bisa menemukan berbagai sajian lezat khas daerah. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan kelezatan kulinernya adalah Manado.

Baca Juga :7 Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Indonesia

Manado memang telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Pulau Sulawesi. Kota yang berada di tepi pantai Laut Sulawesi atau lebih tepatnya di Teluk Manado ini akan menyuguhkan beragam kuliner tradisional yang bisa menggoyang lidah. Penasaran? Yuk simak ulasan menariknya!

1. Tinutuan Alias Bubur Manado

Anda tentunya pernah mendengar tentang tinutuan bukan? Ya, kebanyakan dari kita mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan bubur Manado. Makanan tradisional ini merupakan campuran dari berbagai macam sayuran seperti labu kuning, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi.

Tinutuan Alias Bubur Manado [Image source]
Tinutuan Alias Bubur Manado [Image source]
Sajian ini biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan atau makanan pergaulan ketika mengadakan acara-acara istimewa. Bubur Manado tidak hanya dimakan sendiri, namun juga dihidangkan bersama lauk-pauk lainnya.

2. Cakalang Fufu

Bagi Anda pecinta makanan pedas, cakalang fufu rabe rica bisa menjadi sajian pas untuk dicoba. Hidangan tradisional yang terbuat dari ikan cakalang ini sebelumnya telah melalui proses pengasapan (atau fufu). Setelah itu, ikan yang sudah diasap disuwir-suwir dan dimasak dengan bumbu pedas.

Cakalang Fufu [Image source]
Cakalang Fufu [Image source]
Jika Anda penasaran dengan cara membuat ikan cakalang fufu ini, yuk mampir ke lokasi produksi utamanya di Bitung, Sulawesi Utara. Di sana, Anda bisa memuaskan rasa ingin tahu sembari menyantap olahan cakalang fufu yang super lezat.

3. Sambal Ikan Roa

Kalau berlibur ke Manado, jangan pernah melewatkan hidangan yang satu ini. Sambal ikan roa merupakan salah satu kuliner tradisional khas Manado yang rasanya nampol abis. Sambal ini dibuat dari daging ikan roa yang sudah di haluskan.

Sambal Ikan Roa [Image source]
Sambal Ikan Roa [Image source]
Biasanya, itu disantap bersama tinutuan atau makanan khas Manado lainnya. Sedikit informasi untuk Anda, ikan roa adalah jenis ikan laut terbang yang banyak ditemui di perairan laut utara Pulau Sulawesi hingga Kepulauan Maluku.

4. Paniki

Suka makanan ekstrem? Mungkin Anda perlu mencoba paniki untuk membuktikannya. Paniki adalah kuliner khas Manado yang dibuat dari daging kelelawar. Oke, ini memang terdengar seram, namun soal rasa jangan ditanya. Oleh karena itu, hidangan tradisional ini pun cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Paniki [Image source]
Paniki [Image source]
Sebelum dimasak, kelelawar akan dibakar terlebih dulu untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya. Kemudian kelelawar dimasak dengan santan dan diberi bumbu. Menurut masyarakat setempat, hidangan ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung gizi yang tinggi.

5. Nasi Kuning Manado

Tak lengkap rasanya bila mampir ke Manado belum merasakan nasi kuningnya. Sajian ini memang cukup terkenal di Manado. Bahkan, banyak turis yang kepincut dengan olahan nasi kuning khas Manado yang begitu menggugah selera.

Nasi Kuning Manado [Image source]
Nasi Kuning Manado [Image source]
Untuk isiannya, nasi kuning ini biasanya diberi telur dan irisan daging sapi. Soal rasa, nasi kuning khas Manado tentunya punya cita rasa yang berbeda dengan nasi kuning yang biasa kita temui di Jawa. Dan nasi kuning Manado memiliki ciri khas lain yang bisa dikatakan unik, yakni makanan ini biasanya dihidangkan di atas janur kuning.

Baca Juga :15 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu yang Bikin Liburanmu Serasa di Maladewa

Nah, itulah lima makanan khas Manado yang dijamin bisa bikin Anda ketagihan. Jangan sampai kelewatan ya saat berkunjung ke sana!

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Manado Sulawesi Utara
Share