Mencicipi Makanan Eksotik Khas Belitung Yang Unik Dan Istimewa

Siapa sih yang tak tahu Belitung?! Pulau yang berada di lepas pantai timur Sumatra ini ikut terdongkrak popularitasnya gara-gara syuting Laskar Pelangi. Sejak itu, banyak orang yang tertarik untuk menikmati liburan seru di pulau tersebut, terutama bagi mereka yang suka suasana pantai.

Ada beberapa pantai yang terkenal di Belitung. Ada Tanjung Kelayang, Pulau Kepayang, Tanjung Tinggi, Pulau Burung, Tanjung Binga dan masih banyak lagi. Semuanya menawarkan pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Plus angin sepoi-sepoi dari pepohonan kelapa di sekitarnya.

Tidak cukup sampai di situ, beberapa air terjun dan museum juga lengkap di sana. Penduduknya ramah, serasa tidak pergi jauh dari rumah. Belum lagi karena berada di kepulauan, jauh dari hingar bingar keramaian kota.

Baca Juga :13 Tempat Makan Halal di Pulau Bali

Eits bukan cuma itu lho. Belitung juga terkenal dengan makanan eksotiknya yang menggugah selera. Dijamin bakal bikin Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Jadi penasaran? Yuk kita simak bersama!

1. Gangan

Ikan tengiri tidak hanya enak dijadikan siomay, namun juga sup. Di Pulau Belitung, ikan tengiri biasanya disajikan dalam bentuk sup yang disebut gangan. Masakan tradisional ini memang cukup populer di kalangan wisatawan karena rasanya yang lezat. Selain itu, bahan utama ikan yang digunakan untuk membuat masakan ini tidak mengeluarkan bau amis lho.

Gangan [Image source]
Gangan [Image source]
Gangan memiliki kuah berwarna kuning cerah dan memiliki cita rasa gurih serta asam. Untuk bumbunya, sup ini menggunakan campuran kunyit, bawang merah, lengkuas, dan cabai. Sementara itu, rasa asam dari gangan berasal dari irisan nanas yang dimasukkan ke dalam masakan tersebut.

2. Mie Belitung

Mie Belitung adalah makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke negeri Laskar Pelangi. Sajian khas Belitung ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan lho. Keistimewaan dari mie ini adalah aroma dan rasa kuahnya yang sangat gurih. Bagi Anda pecinta seafood, sajian tradisional ini tentunya sangat patut untuk dicoba.

Mie Belitung [Image source]
Mie Belitung [Image source]
Mie Belitung biasanya diberi taburan taoge, potongan timun, kentang rebus, emping melinjo dan terakhir disiram kuah udang yang kental sehingga terasa begitu gurih. Jika Anda tertarik untuk mencoba makanan ini, restoran Mie Belitung Atep yang berada di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, adalah tempat yang tepat. Restoran ini selalu menjadi jujukan para wisatawan yang merasa penasaran dengan kuliner mie Belitung yang begitu populer.

3. Nasi Tim Ayam Belitung

Setelah menyantap seporsi mie Belitung yang super lezat, Anda juga harus mencoba sepiring nasi tim ayam khas negeri Laskar Pelangi itu. Tak perlu jauh-jauh, Mie Belitung Atep juga menyediakan menu nasi tim ayam yang sudah tersohor hingga ke luar Belitung.

Nasi Tim Ayam Belitung [Image source]
Nasi Tim Ayam Belitung [Image source]
Rasa gurih dan manis berbaur jadi satu, sehingga cita rasa dari nasi tim ini sangat patut untuk dicicipi. Selain itu, menu ini juga cocok disantap dalam berbagai suasana. Entah itu untuk sarapan, makan siang, atau bahkan malam. Pokoknya kalau pergi ke Belitung, Anda wajib coba makanan yang satu ini.

4. Suto Belitung

Selain menawarkan sajian mie dengan kuah udangnya yang oke punya, Belitung juga memiliki menu lain yang tak kalah lezat, yakni suto Belitung. Seperti halnya mie Belitung, masakan ini juga terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu penjual suto Belitung yang tersohor di daerah tersebut adalah Mak Janah.

Suto Belitung [Image source]
Suto Belitung [Image source]
Meski warung Mak Janah terbilang sederhana, cita rasa dari suto Belitung buatannya super duper lazis. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mampir ke warungnya untuk mencicipi sepiring suto Belitung yang mungkin kalau di Jawa hampir mirip dengan lontong sayur. Meski begitu, rasa dari kuah menu tersebut sangat berbeda dengan lontong sayur.

5. Pais

Setelah menyantap suto Belitung, yuk lanjutkan perburuan kuliner Anda dengan mencicipi pais. Yap, pais adalah salah satu makanan tradisional khas Belitung yang populer di kalangan wisatawan. Mirip pepes? Sepintas iya, tapi rasanya agak berbeda. Sajian ikan bakar ini dibumbui dengan bahan sama yang digunakan pada gangan. Bumbu tersebut dilumuri ke ikan sebelum itu dibakar.

Pais [Image source]
Pais [Image source]
Untuk jenis ikan yang sering digunakan untuk menu ini, warga Belitung biasanya menggunakan ikan ilak, unsat atau cubit. Jika Anda tertarik untuk mencicipinya, kunjungi kedai makan yang juga menjual gangan, karena biasanya menu ini juga ada. Dan kedai makan semacam itu sangat mudah ditemukan di sekitar pantai Tanjung Tinggi.

Baca Juga : 15 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu yang Bikin Liburanmu Serasa di Maladewa

Nah, sudah tahu kan apa saja kuliner lezat asal Belitung. Jadi tunggu apalagi nih? Yuk, buruan pesan tiket untuk menghabiskan liburan di sana! Next

Written by andi

andi