Ini 4 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Machu Picchu, Peru

Machu Piccu Indonesia

Pernah mendengar tentang Machu Picchu di Peru? Yaitu gunung tua yang merupakan reruntuhan simbol kerajaan Inka. Situs ini menjadi tempat wisata karena berada di ketinggian. Ternyata, tanah air kita yang kaya ini memiliki beberapa lokasi yang bisa dibilang mirip dengan Macchu Picchu, Lho. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Peru, deh. Ada di mana saja, ya?

Machu Picchu, Peru

Machu Piccu, Peru
Macchu Picchu, Peru [image source]
Macchu Picchu merupakan salah satu lokasi favorit warga lokal maupun wisatawan asing yang sengaja datang untuk menyaksikan sendiri keindahan bersejarah ini. Keindahan ini juga sempat menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Sayangnya, karena itu wisata ini dibanjiri pengunjung sehingga mengakibatkan beberapa kerusakan. Namun tenang saja, kini Macchu Picchu sudah kembali cantik, kok.

Maccu Piccu di Peru
Maccu Piccu di Peru [image source]

Bukit Batu Ngroto

Keindahan Bukit Batu Ngroto, Nganjuk
Keindahan Bukit Batu Ngroto, Nganjuk [image source]
Salah satu wisata Indonesia yang disebut-sebut mirip dengan situs indah di Peru adalah Bukit Batu Ngroto di Nganjuk. Wisata yang berada di kawasan Gunung Wilis ini langsung menjadi serbuan bagi mereka yang hobi foto-foto. Dari ketinggian ini, keindahan kota Nganjuk bisa dilihat, lengkap dengan pegunungan yang mengelilinginya. Kamu bisa mampir selfie di sini setelah bermain air di Petung Ulung Adventure yang hanya berjarak 16 menit berkendara.

Bukit Batu Ngroto, Nganjuk
Bukit Batu Ngroto, Nganjuk [image source]
Bukit Batu Ngroto

Lokasi: Margopatut, Sawahan, Margopatut, Nganjuk

Wae Rebo, Flores

Wae Rebo village
Wae Rebo village [image source]
Lokasi lainnya yang disebut sebagai gunung tua adalah Desa Wae Rebo. Jika Macchu Picchu merupakan reruntuhan, Wae Rebo masih ditinggali oleh suku aslinya. Flores memang dikenal memiliki banyak surga cantik yang tersembunyi, salah satunya ya tempat ini. Perlu usaha ekstra untuk bisa sampai dan menyapa langsung penduduknya, tapi pemandangannya yang seperti lukisan alam ini sungguh akan membuatmu lupa akan lelah dan berganti dengan decakan kagum. Tak ada signal di sini, siap-siap mengucapkan selamat tinggal pada sosial media dan menyambut alam.

Wae Rebo di Flores
Wae Rebo di Flores [image source]
Wae Rebo

Lokasi: Satar Lenda, Satar Mese Bar., Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Gunung Padang, Jawa Barat

Gunung Padang, Jawa Barat
Gunung Padang, Jawa Barat [image source]
Jawa Barat memang kaya akan wisata alam dan pegunungan. Inilah yang membuat daerah ini banyak diminati wisatawan yang ingin mencari suasana sejuk dan sedang bosan dengan perkotaan. Salah satunya Gunung Padang. Di lokasi ini juga ada reruntuhan yang disebut meghalitic sites, tak kalah indah dengan yang ada di Peru. Setelah turun dari gunung, jangan lupa mencicipi Sate Maranggi Sari Asih yang berada di Cipendawa, Kabupaten Cianjur, ya.

Keindahan Gunung Padang, Jawa Barat
Keindahan Gunung Padang, Jawa Barat [image source]
Lokasi : Jl.Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cibubur

Stone Garden, Bandung

Stone Garden Bandung
Stone Garden Bandung [image source]
Selain Cianjur, Jawa Barat juga memiliki  objek wisata Bandung yang jadi destinasi favorit para turis. Selain dekat dari Jakarta, wisata dan kulinernya memang sangat beragam. Paris Van Java ini juga mempunyai Macchu Picchu-nya sendiri, yaitu Stone Garden. Adalah bebatuan yang terbentuk secara alamiah sehingga tampak sangat indah dipandang. Lokasi ini juga disebut mirip dengan Chrismast Island di Australia. Berangkatlah pagi-pagi karena wisata keren ini berada kurang lebih 2 jam dari kota Bandung.

Indahnya Stone Garden Bandung
Indahnya Stone Garden Bandung [image source]
Lokasi : Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wah, Indonesia ternyata tak bisa dipandang sebelah mata ya untuk urusan wisata. Pantai, air terjun, hingga pegunungan luar biasa pun ada di tanah air kita ini. Setuju, kan? Next