Buka Puasa dengan Lontong Dekem Khas Pemalang, Enaknya Nggak Hilang-hilang

Advertisement

Siraman demi siraman kuah yang mengguyur lontong dan tambahan isi lain akan kamu nikmati jika datang langsung ke Pemalang.  Kuliner legendaris ini bisa kamu sebut dengan Lontong Dekem. Dalam bahasa setempat berarti terendam. Memang butuh beberapa kali siraman dan rendaman agar bumbu serta kuahnya merasuk sempurna. Cara ini dipercaya dapat menghadirkan rasa yang lebih enak. Lalu di mana kamu bisa mencicipi hidangan yang otentik yang pas untuk buka puasa? Ulasannya ada di Bawah ini.

1. Lontong Dekem Pak Drajat

Lontong Dekem [image source]
Lontong Dekem ini memiliki rupa yang mirip dengan soto namun tidak menggunakan tauge. Dan yang mencolok adalah kerupuknya. Soal rasa silakan coba langsung di Warung Pak Drajat. Lontong Dekem di tempat ini ternyata sudah ada sejak tahun 70-an. Selain rasa yang tak berubah, harganya juga murah. Satu porsi hanya dipatok dengan harga sekitar Rp10.000,00. Letak warung dekat dengan Stasiun Pemalang yaitu sekitar 1 km saja. Jadi, setelah lelah naik kereta api, kamu bisa mampir ke tempat ini.

Lontong Dekem [image source]
Lokasi : Jl. Mochtar, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

2. Lontong Dekem Pak Kasirin

Lontong Dekem [image source]
Jangan remehkan tenda yang sederhana ketika menyambangi Warung Pak Kasirin. Kamu akan puas setelah mencoba hidangan lontong dekemnya. Cita rasa khas Pemalang tersaji dalam satu porsi berisi lontong dan taburan serundeng kelapa. Lokasinya bisa kamu tamukan tak jauh dari Pasar Anyar. Bisa juga mampir ke sini setelah liburan di Pantai Widuri karena jalurnya searah.

Lontong Dekem [image source]
Lokasi : Sebelah utara Alun-alun Pemalang

3. Lontong Dekem Pak Sidul

Lontong Dekem Pak Sidul [image source]
Punya Rencana mengunjungi Alun-alun Pemalang? Coba masukkan agenda kulineran ya. Apalagi jika datangnya malam hari. Saat udara sedang dingin pasti pas banget menyantap lontong dekem Pak Sidul. Biasanya kuliner ini disantap dengan sate ayam. Jadi, rasanya sudah pasti enak dan nagih. Lebih ke utara lagi dari warung ini ada Nasi Grombyang H. Warso yang tidak boleh kamu lewatkan. Katanya belum ke Pemalang kalau tidak mencicipi seporsi menu khas di sini.

Nasi Grombyang H. Warso [image source]
Lokasi : Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

4. Lontong Dekem Pak Da’an

Ilustrasi Lontong Dekem [image source]
Masih di kawasan yang sama tak jauh dari Alun-alun Pemalang ada satu lagi warung dengan menu serupa tapi tidak kalah menggoda. Menempati sebuah sudut di pinggir jalan, Warung Pak Da’an selalu ramai pembeli hampir setiap hari. Kamu bisa melihat langsun bagaimana penjualnya meracik lontong dengan berbagai pelangkap hingga disiram kuah lezat. Bahkan sensasinya akan bertahan lama karena kuahnya dibuat dengan rempah-rempah yang bisa menghangatkan badan.

Ilustrasi Lontong Dekem [image source]
Lokasi :  Jl. R.E .Martadinata No.168, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Telepon: 0819-1167-9300

Berada di daerah pesisir membuat Pemalang dilalui jalur Pantura.  Jalannya rami dan objek wisata Pemalang juga sering dikunjungi oleh pengendara yang ingin istirahat. Namun kalau kuliner yang kamu cari, beberapa Lontong Dekem di atas bisa jadi pilihan.

Advertisement
Tags
kuliner kuliner pemalang wisata pemalang
Share