Ini yang Harus Kamu Periksa Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Hampir semua orang ingin dan memang membutuhkan liburan. Bayangkan saja bagaimana jadinya jika setiap hari harus berhadapan dengan pekerjaan dan aktivitas rutin tanpa waktu untuk beristirahat dan santai. Bukannya kualitas pekerjaan tambah meningkat, yang ada justru nggak selesai dan berakhir berantakan karena rasa lelah. Maka dari itu luangkan waktu dan manfaatkan hari libur untuk mendatangi tempat keren di muka bumi ini. Jangan tanggung-tanggung, sesekali kamu harus coba untuk pergi ke luar negeri.

Terbang melewati batas-batas negara untuk mendatangi serpihan-serpihan surga di seluruh dunia. Dengan perkembangan teknologi, jarak yang jauh sudah bukan lagi jadi masalah. Namun bukan berarti kamu bisa menyepelekannya. Ada banyak hal yang harus kamu periksa dan pastikan semua beres sebelum kamu berangkat. Jika tidak, bisa-bisa kamu akan mendapat masalah dan liburan yang harus menyenangkan akan berubah jadi mimpi buruk. Kamu nggak mau itu terjadi kan? Maka simak ulasan di bawah ini ya!

1. Pastikan Semua Dokumen Perjalananmu Valid dan Resmi

Passport [image source]
Setiap negara memiliki aturan dan hukum sendiri-sendiri, maka para warga asing yang datang diharuskan membawa dokumen-dokumen penting yang menunjukkan identitas maupun sebagai alat untuk bertransaksi. Pastikan kamu juga memilikinya, mulai dari passport hingga visa. Proses untuk mendapatkan dokumen itu terkadang membutuhkan waktu yang lama, maka jauh hari kamu sudah harus mengurusnya. Pastikan surat-surat yang kamu butuhkan sudah ditangani baru mengatur jadwal perjalanan.

2. Dapatkan Informasi Seputar Keamananmu di Negara Tujuan

Informasi keamanan [image source]
Maksud dari keamanan di sini, bukan hanya seputar ancaman tindak kejahatan atau kriminal seperti pencurian atau pemerkosaan, tapi juga jaminan sosial. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang ketika kamu ada di negeri orang. Bisa saja kamu sakit atau mengalami kecelakaan. Untuk hal ini kamu juga harus memikirkan dan mengantisipasinya. Cari tahu tentang penyedia jaminan sosial atau asuransi di negara tujuanmu untuk warga negara asing. Di Eropa asuransi kesehatan harus dipesan setidaknya 15 hari sebelum keberangkatan. Tentu di negara lain peraturannya bisa berbeda.

3. Konsultasikan dengan Dokter Pribadimu

Konsultasi [image source]
Jika kamu memiliki penyakit tertentu, maka perlu sekali untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jelaskan tentang rencana keberangkatan serta negara tujuan. Jika memang diperlukan, kamu akan mendapatkan vaksin. Di beberapa negara, ada peraturan yang mengharuskan kamu menunjukkan catatan vaksinasi yang telah kamu lakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap wabah penyakit.

4. Laporan pada saat Kedatangan

Laporan saat kedatangan [image source]
Untuk kedatangan dalam waktu singkat misalnya untuk liburan kurang dari dua bulan atau keperluan bisni, kamu bisa melakukan report on arrival atau laporan saat kedatangan pada pihak yang berwenang dalam hal ini adalah kedutaan. Isilah formulir dan sertakan informasi diri termasuk kontak. Ini diperlukan jika terjadi sesuatu yang darurat, kamu bisa cepat dihubungi oleh pihak kedutaan.

5. Ketahui Hukum di Negara yang Kamu Tuju

Ketahui Hukumnya [image source]
Sekali lagi, setiap negara memiliki hukum dan peraturan tersendiri. Kadang sesuatu yang dianggap lumrah di negara kita, justru jadi pelanggaran berat di negara lain. Bahkan kamu bisa berhadapan dengan hukuman mulai dari denda dan kurungan penjara. Sebelum berangkat, sangat disarankan untuk mencari tahu undang-undang yang berlaku di negara tujuan. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah peraturan lalu lintas, penggunaan makanan dan obat-obatan, hingga adat istiadat serta kelakuan. Salah mengucapkan kata, bisa diartikan sebagai penghinaan , maka kamu harus berhati-hati.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatian sebelum melancong ke luar negeri. Pastikan juga untuk mengetahui tanggal kadaluwarsa visa yang kamu miliki. Selamat berwisata! Next