Ini Lho Langit Malam Paling Keren Dilihat dari Berbagai Belahan Dunia

Di manapun kamu berpijak di bumi ini, bagian atasmu sudah pasti adalah langit. Ingin melihatnya juga mudah, tinggal  ke luar rumah atau bangunan kamu sudah bisa melihat langit membentang di angkasa. Membuka jendela atau berdiri di balkon juga bisa mendekatkanmu pada pemandangan langit. Menurut sebagian orang, langit malam terlihat lebih indah karena bertabur dengan bintang dan terang karena cahaya bulan. Namun saat ini, menemukan langit malam yang cerah penuh bintang-bintang itu semakin sulit. Ada banyak sekali penyebabnya selain karena cuaca. Ya, perkembangan teknologi dan zaman membuat kota-kota semakin besar. Tidak peduli siang atau malam, masih tetap ramai tidak pernah sepi.

Di Amerika, kita tahu bahwa New York adalah salah satu kota yang tak pernah tidur. Keluar tengah malam, kamu masih akan menemukan orang-orang berlalu lalang. Sedangkan di Indonesia ada Jakarta dan beberapa yang lainnya. Saat malam hari, cahaya dari kota-kota besar sangat terang. Hal itu ternyata bisa menjadi polusi lho. Akibatnya, keindahan malam dan cahaya bintang tidak bisa terlihat dengan jelas. Meski begitu, tidak semua tempat di muka bumi ini seperti itu. Ada beberapa bagian dunia yang masih memiliki langit malam dengan keindahan mengagumkan. Yuk intip tempat-tempat itu lewat ulasan berikut ini.

1. La Palma, Kepulauan Canaria

La Palma [image source]
La Palma [image source]
La Palma adalah salah satu daratan di kawasan Kepulauan Canaria. Berdampingan dengan enam pulau lain. Letaknya ada di Samudra Atlantik dan termasuk dalam wilayah Spanyol. Langit malam di pulau ini sangat cantik, itulah mengapa dibangun observatorium yang besar untuk meneliti benda langit seperti bintang dan lain sebagainya.

2. Gurun Atacama, Chili

Gurun Atacama [image source]
Gurun Atacama [image source]
Gurun Atacama di Amerika Selatan adalah daratan kering yang menjadi rumah bagi beberapa observatorium. Kamu bisa melakukan petualangan di gurun ini. Saat siang, suasananya bisa mengagumkan seolah-olah kamu sedang berada di planet Mars. Malam hari malah lebih keren lagi, karena langitnya sering dipenuhi dengan bintang-bintang.

3.Gurun Sahara, Mesir

Gurun Sahara [image source]
Gurun Sahara [image source]
Gurun Sahara terletak di Mesir dan menjadi yang terbesar di dunia. Usianya diperkirakan sudah lebih dari 2,5 juta tahun dan saat ini membentang dari Samudra Atlantik hingga ke Laut Merah. Menempati 10 persen dari wilayah Afrika. Kondisi alamnya bisa sangat ganas, meski begitu berburu keindahan di Gurun Sahara sangat penuh dengan tantangan. Berada di gurun yang luas, bisa dipastikan tidak akan ada polusi cahaya yang akan merusak pemandangan malam.

4. Gurun Namib

Gurun Namib [image source]
Gurun Namib [image source]
Gurun Namib berada di Nabia dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Namib-Naukluft. Siluet perbukitan berpadu dengan taburan bintang di langit. Gurun pasir dianggap sebagai tempat yang pas untuk melihat langit malam karena tidak ada penghalang dan jauh dari pemukiman. Ke manapun kamu memandang, di situ ada keindahan.

5. Rub Al Khali

Rub Al Khali [image source]
Rub Al Khali [image source]
Rub Al Khali adalah daratan berbentuk padang pasir yang hampir menutupi sepertiga wilayah semenanjung Arab, termasuk di dalamnya wilayah Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab dan Yaman. Luasnya sekitar 650 ribu kilometer persegi. Ada observatorium juga di sana, kamu bisa melihat bintang dan memandang langit yang tampil begitu cantik. Pemandangan yang jarang sekali terlihat di kota-kota  besar penuh cahaya saat malam hari.

6. Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya [image source]
Pegunungan Himalaya [image source]
Foto ini diambil dari kawasan Kuari di India. Saat siang hari, rerumputan hijau dan pohon yang rindang akan menyapamu. Namun saat malam, keindahannya bisa lebih menakjubkan lagi. Yang akan kamu lihat adalah langit malam penuh bintang. Berpadu dengan bayangan pegunungan tertinggi di Dunia yaitu Himalaya.

7. Hawaii

Hawaii [image source]
Hawaii [image source]
Hawai adalah pulau dengan pesona pantai yang cukup keren. Masuk dalam wilayah Amerika Serikat tapi terpisah dari daratan utamanya. Hawaii adalah gunung laut tertinggi di dunia, dari daratannya, kamu bisa melihat langit malam yang cerah. Bintang-bintang bisa terlihat dengan jelas. Dengan adanya laut yang keren, maka keindahan Hawaii jadi semakin lengkap. Di beberapa bagian pulau terdapat Observatorium.

8. Observatorium Gingin, Australia

Observatorium Gingin [image source]
Observatorium Gingin [image source]
Gingin adalah observatorium publik terbesar di Australia. Berada di  wilayah Australia bagian barat, untuk sampai di sini kamu cukup berkendara selama satu jam dari pusat Kota Perth. Selain bangunan observatorium, juga ada taman-taman dengan bunga cantik. Kamu bisa bersantai di sana saat siang hari dan melihat bintang ketika malam tiba.

9. Cherry Springs State Park

Cherry springs state park [image source]
Cherry springs state park [image source]
Taman Nasional ini berada di wilayah Amerika Serikat tepatnya masuk dalam wilayah negara bagian Pennsylvania. Untuk mendukung agar tempat ini cocok digunakan meneliti bintang-bintang, maka penggunaan cahaya saat malam hari dibatasi. Suasana gelap justru membuat langit di malam hari telihat cantik.

Itulah beberapa penampakan langit malam di berbagai belahan dunia. Sungguh melegakan karena masih ada tempat-tempat secantik itu. Akan sangat menyenangkan jika kita bisa melihatnya setiap waktu. Makanya, kita harus lebih bijak dalam menggunakan energi terutama listrik untuk membuat cahaya di malam hari. Next