Menguak Potensi Wisata Kabupaten Lampung Timur

Advertisement

Selama ini tujuan wisata di provinsi Lampung yang paling banyak diulas adalah objek-objek yang berada di daerah sekitaran Teluk Lampung dan Teluk Semangka. Padahal Lampung Timur juga menyimpan banyak destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Untuk itu pada kesempatan ini Travelingyuk mengajak kalian semua untuk menyusuri setapak demi setapak wilayah ini untuk mencari tempat wisata keren.

Lampung Timur adalah sebuah kabupaten di provinsi Lampung yang berada di pesisir Laut Jawa. Kabupaten ini memiliki pusat pemerintahan di kecamatan Sukadana. Tanpa bercerita panjang lebar, langsung saja kita telusuri tempat-tempat wisata yang terletak di Lampung Timur.

1. Danau Way Jepara, Kerennya Luar Biasa

Danau Way Jepara adalah salah satu andalan wisata di Lampung Barat. Danau ini terletak di kecamatan Way Jepara dengan luas total danau mencapai 200 hektar. Ada kisah kejayaan kecamatan Way Jepara yang masih terkenang hingga sekarang. Dulu kecamatan ini adalah salah satu lumbung padi terbesar di lampung hasil dari panen melimpah sawah yang mendapatkan pengairan dari Danau Way Jepara.

Danau Way Jepara, via instagram
Danau Way Jepara, via instagram

Kini debit air danau Way Jepara semakin menyusut yang menyebabkan ribuan hektar sawah tak teraliri air. Pun demikian pemandangan di sekitar danau ini tetap saja menarik perhatian banyak pengunjung terutama pada hari libur. Salah satu yang bisa diharapkan dari danau ini adalah dikembangkan sebagai tujuan wisata. Apalagi sarana penunjang sudah terbangun dengan baik terutama akses jalan yang mulus hingga ke lokasi.

2. Taman Nasional Way Kambas, Tujuan Wisata Terpopuler di Lampung Timur

Taman Nasional Way Kambas bukan hanya tujuan wisata populer di Lampung Timur namun juga menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia bahkan dunia. Pintu masuk ke taman nasional ini berada di desa Karangsari dan bisa dicapai oleh traveler dengan berkendara dari Bandar Lampung selama 2 jam.

Taman Nasional Way Kambas, via instagram
Taman Nasional Way Kambas, via instagram

Taman nasional Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan gajah Sumatera yang langka. Kegiatan yang bisa dilakukan di sana antara lain safari gajah, foto hunting, naik kereta gajah dan ada pula pertunjukan gajah. Fasilitas wisata yang tersedia di taman nasional ini pun terbilang lengkap mulai dari toilet, musala, area parkir, kios makanan, cinderamata dan lain sebagainya.

3. Taman Purbakala Pugung Raharjo, Aset Penting Lampung Timur

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah sebuah situ purbakala dari zaman megalitikum yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1957 oleh penduduk setempat di kecamatan Sekampung Udik. Lokasinya berjarak sekitar 40 km dari kota Bandar Lampung. Di dalam area taman purbakala ini ditemukan banyak peninggalan arca batu, menhir, punden berundak, keramik lokal maupun asing dan masih banyak lagi.

Taman Purbakala Pugung Raharjo, via instagram
Taman Purbakala Pugung Raharjo, via instagram

Taman Purbakala Pugung Raharjo menempati lahan seluas 30 hektar. Terdapat pula benteng parit primitif yang diyakini dulunya parit tersebut berisi air. Konon air yang mengaliri parit purba tersebut berkhasiat membuat orang awet muda. Kini parit tersebut telah kering dan menyisakan hamparan tanah tandus dengan segudang peninggalan penting.

4. Islamic Center, Landmark Terpopuler di Lampung Timur

Tempat ibadah yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh traveler yang berada di Lampung Timur. Masjid Ar-Rahman yang juga dikenal sebagai Islamic Center Lampung Timur ini berada di kecamatan Sukadana. Masjid ini sekarang menjadi ikon kota dengan arsitekturnya yang indah.

Islamic Center, via instagram
Islamic Center, via instagram

Tentu saja selain mengagumi keindahan arsitektur masjid traveler yang berkunjung ke Islamic Center Lampung Timur bisa sekalian istirahat dan beribadah. Tempat ibadah ini juga menjadi pusat syiar agama Islam di Lampung Timur. Pasti ada yang kurang jika liburan di kabupaten ini tanpa punya foto di salah satu landmarknya yang ikonik ini.

5. Danau Beringin Indah, Potensi Wisata Air di Lampung Timur

Selain pantai Lampung Timur punya sumber daya alam lain untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata air. Kabupaten ini punya banyak danau berpemandangan indah yang belum tergarap secara optimal. Selain danau Way Jepara ada lagi Danau Beringin Indah yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Sukadana.

Danau Beringin Indah, via instagram
Danau Beringin Indah, via instagram

Meski memiliki nama Danau Beringin Indah namun untuk saat ini penampilan danau tersebut masih jauh dari kata indah. Tempat yang dulu pernah menjadi salah satu tujuan wisata populer ini sempat mati suri. Kini pemkab Lampung Timur tengar gencar untuk menghidupkan kembali objek wisata alam ini. Sayang memang melihat potensi besar yang dimiliki Danau Beringin Indah dibiarkan begitu saja.

6. Suaka Rhino Sumatera (SRS), Bertemu Badak Sumatera yang Sangat Langka

Kembali lagi ke kawasan Taman Nasional Way Kambas, ada satu area yang dibangun khusus untuk penangkaran badak Sumatera yang terancam punah, namanya Suaka Rhino Sumatera (SRS). Inilah salah satu spot yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berada di Way Kambas.

Suaka Rhino Sumatera, via instagram
Suaka Rhino Sumatera, via instagram

Di dalam Suaka Rhino Sumatera, dipelihara badak dari spesies yang sangat terancam punah. Pengelola akan memperhatikan betul kesehatan badak serta menyediakan habitat yang nyaman sesuai dengan habitat aslinya. Traveler bisa berfoto dengan badak super langka di lokasi ini.

7. Waterboom Tirta Kencana Sribhawono, Pilihan Tepat untuk Liburan Keluarga

Waterboom Tirta Kencana Sribhawono adalah waterpark yang terletak di kecamatan Bandar Sribhawono, kabupaten Lampung Timur. Taman wisata air ini telah berdiri sejak tahun 2007 dan menjadi salah satu tujuan favorit wisata keluarga.

Waterboom Tirta Kencana Sribhawono, via instagram
Waterboom Tirta Kencana Sribhawono, via instagram

Waterboom Tirta Kencana Sribhawono menjadi salah satu tujuan wisata air terbesar di Lampung Timur yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang untuk anak dan dewasa, bungee jumping, dragon coaster, gazebo untuk pertemuan, kereta mini, tempat biliar dan masih banyak lagi. Pada saat-saat tertentu pengunjung akan dihibur oleh penampilan organ tunggal dan live band.

8. Pantai Labuhan Maringgai, Potensi Wisata Bahari di Lampung Timur

Labuhan Maringgai adalah nama dari sebuah kecamatan yang berada di pesisir timur kabupaten Lampung Timur. Karena posisinya yang menghadap ke Laut Jawa membuat daerah ini punya banyak pantai yang berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata.

Pantai Labuhan Maringgai, via instagram
Pantai Labuhan Maringgai, via instagram

Sederet pantai yang ada di daerah ini secara kumulatif disebut dengan Pantai Labuhan Maringgai. Beberapa diantaranya yang cukup dikenal traveler adalah Pantai Kuala Penet, Pantai Kuala Bom, Pantai Cemara, Pantai Prunas, dan Pantai Bandung. Meski begitu ketenaran pantai di timur Lampung ini masih kalah pantai-pantai di Teluk Lampung dan Teluk Semangka.

9. Sesat Agung, Bangunan Tradisional Lampung

Destinasi yang terakhir ini tidak boleh dilewatkan traveler yang berlibur ke Lampung Timur. Adalah Sesat Agung atau populer juga disebut dengan Nuwou Sesat, bangunan tradisional adat Lampung yang sangat unik. Bangunan ini biasanya digunakan untuk balai pertemuan. Untuk traveler ketahui bahwa Sesat Agung bukanlah rumah tradisional lampung, bangunan ini hanya digunakan untuk menggelar pertemuan.

Sesat Agung [image source]
Sesat Agung [image source]
Rumah adat lampung sendiri bernama Pepadun. Yang membedakan antara keduanya adalah ukuran bangunannya dimana Sesat Agung berukuran lebih besar. Keunikan dari bangunan ini adalah adanya hiasan payung besar berwarna putih, kuning dan merah di atapnya. Di Lampung Timur bangunan Sesat Agung bisa traveler jumpai di Sukadana yang difungsikan sebagai sarana informasi budaya Lampung Timur.

Meski bagian timur wilayah kabupaten Lampung Timur berbatasan dengan Laut Jawa namun nampaknya pemerintah daerah belum sepenuhnya membangun kawasan tersebut menjadi destinasi wisata. Hal ini bisa dilihat dari minimnya promosi wisata pantai ke daerah ini. Pun demikian pengalaman liburan di Lampung Timur tetap memberikan kesan manis pada setiap traveler.

Advertisement
Tags
Danau Indonesia Lampung Lampung Timur masjid Taman
Share