Berburu Kuliner Peranakan Paling Ngehits di Yogyakarta yuk!

no image available

no image available

Advertisement

Untuk urusan kuliner, Yogyakarta memanglah jagonya. Di Kota Pelajar ini, kamu bisa menemukan aneka kuliner lokal yang memiliki cita rasa pedang, asin, hingga manis seperti gudeg. Selain kuliner lokal yang menggunakan bumbu racikan Jawa, Yogyakarta juga dipenuhi oleh makanan-makanan peranakan loh kawan.

Kamu bisa mencari makanan yang resepnya masih asli Tiongkok hingga yang sudah mengalami asimiliasi akibat berbaur dengan penduduk pribumi. Kalau kamu kebetulan sedang merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, jangan lupa untuk berburu kuliner peranakan yang nikmat di bawah ini.

1. Lomie Kangkung

https://www.instagram.com/p/BIy3XaQDWVp/?tagged=lomiekangkung

Lomie kangkung adalah kuliner peranakan yang masih banyak bertahan di Indonesia khususnya Yogyakarta. Kalau biasanya kuliner mi menggunakan sawi untuk pelengkapnya, lomie justru menggunakan kangkung. Sayur hijau itu dimasak bersama-sama dengan tambahan potongan ayam dan bawah goreng yang renyah.. Di Yogyakarta, kedai lomie kangkung paling terkenal terletak di kawasan Jalan Beskalan No.35 Yogyakarta dengan nama kedai Mie Ayam Bandung 59.

2. Kedai Manalagi

https://www.instagram.com/p/BJXVEjUAX_L/?tagged=kedaimanalagi

Kedai Manalagi menghadirkan makanan peranakan yang merupakan perpaduan masakan Manado dan Tiongkok. Cita rasa dari fushion masakan ini menghasilkan rasa yang tiada bandingannya. Oh ya, kuliner yang banyak diolah di sini berupa olahan babi. Kamu bisa menemukan olahan mie, babi yang dimasak bumbu pedas, hingga nasi babi yang memiliki cita rasa juara. Kedai Manalagi terletak di Jalan Magelang No, 132 A, Yogyakarta.

3. Rumah Makan Baru

Rumah Makan Baru adalah salah satu kedai makanan pernakan Tionghoa yang ada di Jalan Dr. Wahidin No. 12 Yogyakarta. Di kedai sederhana yang sudah menjalani usaha selama puluhan tahun ini, kamu bisa menemukan kuliner peranakan ayam cah jamur, sia ayam yang merupakan olahan bistik ayam, dan hunceng swan lat yang terbuat dari olahan jerohan sapi. Kuliner peranakan di kedai ini memiliki rasa yang menggoda sehingga kamu bakalan rela antre lama sebelum semua menu disajikan.

4. Kampung Arab Resto

Arabian delights…. #kebuli #arabian #arabiandish #kampungarab #foodgram #Yogyakarta #indonesia

A post shared by Adellia Dian Permatasari (@adellodel) on

Kampung Arab Resto yang terletak di Jalan Palagan km 6 ini menghadirkan masakan khas Arab yang menggoda iman. Di sini, kamu bisa menikmati aneka olahan daging kambing seperti nasi kebuli, steak kambing, dan masih banyak lagi. Masakan yang disajikan di restoran ini memiliki cita rasa yang sangat kuat. Kamu bisa merasakan makanan asli Timur Tengah yang sedikit berbaur dengan bumbu-bumbu asli Indonesia. Selain hidangan yang “Arab” banget, bangunan di sini juga didesain dengan unik agar kamu seperti berada di Arab.

5. Taj Mahal Kitchen

Yogyakarta juga memiliki kuliner peranakan India loh. Kalau kamu datang ke Jalan Urip Sumoharjo, Yogyakarta, di sana berdiri Taj Mahal Kitchen. Restoran yang menyajikan makanan khas ini berusaha menghadirkan hidangan khas anak benua Asia itu dengan sempurna. Kamu bisa menikmati Roti Naan lengkap dengan side dish-nya, nasi briyani, dan gulab janum yang menggoyang lidah.

Inilah kuliner-kuliner peranakan yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi Yogyakarta. Sesekali cobalah makanan unik ini agar suatu saat kamu bisa pergi untuk mencicipinya di negara aslinya. Siapa sih yang enggak mau traveling ke luar negeri, ya nggak?

Advertisement
Tags
kuliner peranakan kuliner yogyakarta
Share