6 Makanan Khas Asli Lombok, Dijamin Nikmat

no image available

no image available

Advertisement

Rasanya kurang afdol jika traveling ke suatu tempat tanpa mencicipi hidangan khas tempat tersebut apalagi tujuan travelingnya adalah Lombok yang notabene punya banyak sekali makanan lezat penggugah selera. Yap, kuliner memang menjadi satu point penting yang tak terpisahkan dari kegiatan traveling. Biar liburan makin lengkap cari tahu dulu kuliner khas daerah tersebut.

Lombok misalnya, punya beraneka macam kuliner yang jumlahnya tak terhitung jari. Tidak mungkin pula bisa traveler cicipi semuanya dalam satu kali sesi, butuh berhari-hari atau berbulan-bulan buat mencoba semua kekayaan kuliner pulau ini. Tapi setidaknya ada 6 makanan khas yang bisa traveler cicipi dan cukup mewakili keseluruhan kuliner yang ada, berikut daftarnya.

1. Ares

Pernah mencicipi olahan gedebok pisang? Nah, saat sebagian besar orang tahu jika gedebok pisang hanya berfungsi untuk menancapkan wayang kulit pada pagelaran wayang maka beda dengan warga Lombok. Gedebok pisang yang masih muda bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Adalah ares, nama makanan yang terbuat dari bahan baku pelepah pisang atau gedebok yang masih muda.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBOmO_1D5Ji/?tagged=sayurares hidecaption=true width=640]

Ares adalah makanan tradisional Suku Sasak yang biasa disajikan pada acara besar seperti pernikahan. Cara memasaknya adalah dengan dicampur dengan kuah santan sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan unik. Makanan ini cukup populer di Lombok, jadi traveler wajib mencicipi hidangan khas yang satu ini saat bertualang ke pulau Seribu Masjid ini.

2. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah salah satu makanan khas Lombok yang juga tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Bahan baku makanan ini sebenarnya adalah jenis sayuran yang jamak orang temukan di berbagai daerah di Indonesia yang juga menjadi salah satu bahan membuat gado-gado yakni kangkung. Hanya saja cara pengolahan dan penyajiannya saja yang berbeda.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/8m3txiywhv/?tagged=plecingkangkunglombok hidecaption=true width=640]

Plecing kangkung ini terdiri dari kangkung yang telah direbus kemudian disajikan dengan sambal tomat yang sebelumnya telah dicampur dengan aneka bumbu seperti cabai rawit, garam, terasi dan bumbu lainnya. Plecing kangkung begitu khas karena menggunakan kangkung asli Lombok yang katanya berbeda dengan kangkung yang sering dijumpai di daerah lain. Mungkin traveler yang pernah mencicipi makanan ini bisa berbagai cerita tentang rasa kuliner plecing kangkung khas Lombok?

3. Sate Bulayak

Sate memang terkenal berasal dari Madura, namun varian sate satu ini asli khasnya Lombok dan telah lama menjadi salah satu makanan tradisional Suku Sasak. Kalau sate Madura umumnya menggunakan daging kambing atau ayam maka lain halnya dengan sate di Lombok. Satenya dikenal dengan nama sate bulayak dan daging yang digunakan adalah daging sapi.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/k8T5OfKKc_/?tagged=satebulayaklombok hidecaption=true width=640]

Sate bulayak adalah sate daging sapi yang disajikan bersamaan dengan lontong. Eits, tunggu dulu bukan lontong yang sering traveler temukan di pasaran ya, sebab lontong ini dibungkus menggunakan daun aren atau sejenisnya dengan cara membuat lilitan memanjang berbentuk spiral. Bumbu yang digunakan juga bumbu khas Suku Sasak yang yummy di lidah kebanyakan orang. Sedikit informasi untuk traveler yang ingin mencicipi hidangan ini bisa mendapatkannya di berbagai objek wisata, beberapa yang terkenal berada di halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, dan Taman Suranadi.

4. Ayam Taliwang

Ngomong-ngomong masalah kuliner yang paling populer di Lombok maka tak afdol tanpa menyebut nama ayam taliwang. Sebuah hidangan berupa ayam yang diolah dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar dengan bumbu sangat pedas ini memang paling banyak dicari traveler. Biar makin dendang lezatnya maka ayam yang digunakan harus ayam kampung serta dilumuri dengan sambal merah ekstra pedas.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/_ttmSAHpGx/?tagged=ayamtaliwang hidecaption=true width=640]

Menu ayam taliwang mudah traveler temukan di warung-warung makan seputaran objek wisata di pulau Lombok hingga Sumbawa. Umumnya menu satu ini makin sempurna saat disantap dengan menu khas Lombok lainnya seperti plecing kangkung. Jika punya budget berlebih, traveler bisa mencicipi ayam taliwang di restoran Taliwang Irama yang beralamat di Jalan Ade Irma Suryani No. 10, kota Mataram. Ayam taliwang di restoran ini disebut-sebut nomor satu di Lombok, dijamin rasanya mak nyuzz!

5. Bebalung

Makanan khas suku Sasak lainnya yang tak kalah lezat adalah bebalung. Bebalung adalah makanan yang berbahan baku iga sapi atau kerbau yang telah dimasak dengan campuran bumbu seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit. Selain menghidangkan sajian berbahan dasar balung atau tulang, bagi masyarakat suku Sasak bebalung juga memiliki arti tenaga yang mana dipercaya setelah makan makanan ini maka akan memberikan tenaga dan vitalitas.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BF10b94PZK7/?tagged=bebalung hidecaption=true width=640]

Menu bebalung menjadi hidangan wajib di setiap hajatan warga setempat. Sajian bebalung ini berupa sup atau berkuah sehingga banyak orang yang belum pernah mencicipinya mengira rasanya akan sama dengan gulai padahal keduanya sangat jauh berbeda dalam hal urusan rasa. Kuliner bebalung paling terkenal berada di Lombok Barat yang dijual di depot Kelebet yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto.

6. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung adalah makanan khas terakhir yang wajib traveler cicipi selama liburan di Lombok. Makanan ini berupa nasi putih yang ditaburi suwiran daging ayam yang telah diolah dengan cabai pedas, kacang kedelai, taburan udang kering, abon dan belut goreng. Secara tampilan menu makanan ini cukup sederhana dan tidak ada hal yang istimewa, barulah setelah makanan tersebut menyentuh lidah kelezatannya tak terbantahkan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BDvIqD3zcb7/?tagged=nasibalappuyung hidecaption=true width=640]

Nasi Balap Puyung selalu berhasil membuat traveler yang mencicipi jatuh hati dan menjadikannya salah satu makanan favorit yang selalu dicari saat kembali ke Lombok. Menu nasi balap puyung yang terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Sriwijaya Mataram.

Itulah enam makanan khas dari Lombok yang siap memanjakan perut traveler. Hayo yang ngaku khatam keliling Lombok sudah mencicipi hidangan tersebut belum?

Advertisement
Tags
Ares Ayam Taliwang Bebalung Nasi Balap Puyung Plecing Kangkung Sate Bulayak
Share