Kuliner di Sekitar Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Selangkah Menuju Pulau Bali

Ke mana tujuan mudikmu tahun ini?Jika ingin ke Bali melalui jalur darat, mungkin akan melewati Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Sebelum mengarungi laut,  boleh nih  berburu kuliner dan mengisi perut dengan menu yang enak di sekitar pelabuhan. Kira-kira ada apa saja ya? Berikut ini ulasan selengkapanya.

1. Sego Tempong Sukowidi

Ilustrasi Sego Tempong Banyuwangi [image source]
Sudah tahu tentang sego tempong? Kuliner khas Banyuwangi ini memiliki rasa yang nampar alias pedes. Kamu yang akrab dengan cabai pasti suka banget. Warung Sukowidi yang letaknya sejauh 7 km dari pelabuhan Ketapang juga menjualnya. Ada tambahab lauk yang enak-enak mulai pecel lele, nasi lodeh, hingga ayam goreng. Dari sini juga bisa sekalian wisata di Pantai Cacalan karena lokasinya dekat.

Pantai Cacalan [image source]
Alamat : Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

2. RM. Daipoeng

RM. Daipoeng [image source]
Rumah Makan Daipoeng memiliki cabang di mana-mana termasuk Ketapang. Tempat ini bisa jadi pilihan jika yang ingin kamu makan adalah olahan ayam, bebek hingg iga bakar. Semuanya enak dan bisa kamu coba sesuai dengan selera. Tambahkan juga dengan plecing kangkung hingga rujak khas Banyuwangi. Jika mengunakan kendaraan, kamu cukup menempuh perjalanan selama 6 menit dari Pelabuhan Ketapang.

RM. Daipoeng [image source]
Lokasi : Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

3. Rengganis Restaurant

Rengganis Restaurant [image source]
Sudah terlalu lela untuk melanjutkan perjalanan ke Bali atau wilayah Indonesia timur? Jangan dipaksakan ya, lebih baik mencari penginapan yang juga menyediakan makanan enak. Pilih saja Rengganis Restaurant yang masih satu kawasan dengan  Mirah Hotel Banyuwangi. Tersedia beragam menu khas nusantara dengan nuansa ruangan yang berkelas. Dari hotel ini menuju ke Pelabuhan Ketapang, cukup ditempuh dengan berkendara selama 7 menit.

Rengganis Restaurant [image source]
Lokasi : Jalan  Yos Sudarso No.177, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Telepon : (0333) 420600

4. Gumitir Restaurant

Gumitir Banyuwangi [image source]
Yang satu ini menyuguhkan sensasi yang berbeda karena menempati lahan perbukitan dengan pemandangan hijau di mana-mana. Selain makanan enak, ada taman dengan berbagai bunga yang indah. Sebenarnya lokasi bernama Gumitir ini memang dibangun sebagai tempat istirahat setelag melalui perjalanan yang jauh. Jangan khawatir dari sini ke Bali sudah dekat kok, Pelabuhan Ketapang saja bisa diakses hanya dengan 12 menit berkendara.

Gumitir Banyuwangi [image source]
Lokasi : JL. Jend Gatot Subroto Km 7, Bulusan, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Telepon: (0333) 421295

5. Sego Cawuk Rogojampi

Sego Caawuk [image source]
Sego Cawuk Rogojampi letaknya memang luayan jauh dari Pelabuhan Ketapang. Jika naik kendaraan butuh sekitar 15 menit perjalanan. Tetapi jika untuk kelezatan sepiring nasi dengan aneka lauk khas Banyuwangi, pengorbanan tersebut bukanlah apa-apa. Sego Cawuk adalah hidangan dengan kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda. Sedangkan lauknya bisa berupa pepes ikan laut, pindang hingga semanggi sambal serai.

Sego Caawuk [image source]
Lokasi : Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Sudah punya destinasi kulineran untuk mudik ke Bali, kan? Kamu sekarang bisa berangkat dengan tenang. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri. Kalau lelah, silakan berhenti di tempat istirahat.

 

  Next