Harga Kuliner Indonesia di Luar Negeri ini Bikin Nangis Saking Mahalnya

Advertisement

Indonesia bukan hanya kaya akan warisan budaya dan tradisinya. Tapi, tanah air kita juga punya beragam kuliner yang memiliki rasa luar biasa. Tidak hanya di dalam negeri, kamu juga akan menemuinya ketika berkunjung ke luar negeri. Sayangnya, harga untuk setiap menu cukup mahal dan pasti bikin kamu kangen rumah. Nah, penasaran dengan harga kuliner Indonesia di negara lain?

1. Mi Instan

Mie Instan
Mie Instan [image source]
Makanan sejuta umat ini terbilang sangat murah. Harga pasaran untuk sebungkus hanya berkisar Rp2000,00 – Rp3.500,00. Namun jangan salah, harga tersebut akan berubah 2 hingga 4 kali lipat ketika berada di negara lain. Salah satunya adalah Jepang yang membandrol 85 yen atau sekitar Rp10.000,00 untuk sebungkus.

Mie Instan di Jepang
Mie Instan di Jepang [image source]

2. Tempe

Tempe
Tempe [image source]
Olahan dari kedelai ini sudah menjadi lauk wajib di meja makan orang Indonesia. Tidak perlu khawatir, di kawasan benua Eropa juga banyak supermarket yang menjual tempe. Sayangnya, lauk tersebut cukup mahal, berkisar 1,8 euro atau setara dengan Rp25.000,00/potong. Wah, kalau di tanah air bisa mendapatkan 12 potong nih.

Tempe di London
Tempe di London [image source]

3. Pecel lele

Pecel Lele
Pecel Lele [image source]
Jika harga tempe bisa mencapai Rp25.000,00 lain halnya dengan pecel lele. Makanan nikmat ini ternyata dipatok 15 euro atau kurang lebih Rp210.000,00 di negara Swiss. Padahal, biasanya hanya dijual sekitar Rp10.000,00/porsi. Wah, berminat jualan pecel lele di Eropa?

Pecel Lele Go Internasional
Pecel Lele Go Internasional [image source]

4. Gorengan

Gorengan
Gorengan [image source]
Siapa sih yang tidak suka dengan jajanan satu ini. Mulai dari pisang hingga tahu goreng sudah menjadi santapan paling nikmat baik pagi, siang maupun malam. Harganya pun sangat murah dan tidak pernah lebih dari Rp1000,00 per biji. Nah, kalau kamu berkunjung ke Belanda, harga untuk camilan ini ternyata bisa mencapai 5 euro atau Rp70.000,000 Wah, mahal kan?

Gorengan Mahal
Gorengan Mahal [image source]

5. Sate Ayam

Sate Ayam
Sate Ayam [image source]
Salah satu kuliner yang disukai hampir seluruh orang Indonesia adalah Sate Ayam. Untuk seporsi makanan ini terbilang cukup murah sekitar Rp20.000,00. Tentu saja harga tersebut sangat jauh berbeda di luar negeri. Seperti di Jerman, untuk satu porsi sate ayam bisa dihargai sampai 10 euro atau sekitar Rp140.000,00.

Sate Ayam Enak
Sate Ayam Enak [image source]

6. Nasi goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng [image source]
Bagi beberapa pelajar yang sekolah di Amerika Serikat pasti bakal sedih karena tidak dapat menikmati enaknya nasi goreng di tanah air. Meski ada yang berjualan, harganya untuk seporsi sangat mahal. Bukan lagi Rp10.000,00 tapi USD 10 atau sekitar Rp130.000,00.

Nasi Goreng USA
Nasi Goreng USA [image source]
Jangan berkecil hati, meski mahal tentu saja rasa yang disajikan dalam makanan tersebut sudah pasti enak. Kebanyakan yang menjual juga orang Indonesia yang sudah lama merantau. Nah, bagaimana, belum berangkat ke luar negeri sudah kangen rumah kan?

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia makanan Indonesia
Share