Kong Djie Coffee, Tempat Ngopi Legendaris di Belitung

Kuliner Belitung yang otentik itu bisa banget kamu dapatkan di tanah asalnya. Kamu bisa merasakan langsung bagaimana sebuah makanan atau minuman yang disajikan oleh tangan-tangan ahli yang mewarisi resep dan cara memasak turun temurun sejak dulu kala. Sama seperti beberapa daerah lainnya di Nusantara, minuman kopi juga bisa kamu dapatkan di Kepulauan Bangka Belitung. Untuk kamu yang mengaku sebagai pencinta kopi, pasti akan penasaran apakah seduhan dalam satu cangkir kopi legendaris bisa membuat kamu puas.

Sempatkan untuk mampir ke Warung Kopi Kong Djie. Keberadaannya melengkapi daftar kuliner Belitung yang mantap. Letaknya ada di Jalan Siburik Barat, Kota Tanjung Pandan. Kamu akan merasakan kebanggaan tersendiri setelah berhasil mencicipi secangkir kopi di Warung Kong Djie karena kelegendarisannya. Tempat ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu. Saat ini yang mengelola usaha tersebut adalah generasi kedua sang pemilik warung.

Warung Kopi Kong Djie [image source]
Karena ingin mempertahankan keunikannya, maka interior bangunan bahkan juga rasa dari menu tidak mengalami banyak perubahan. Dengan masuk ke sana, kamu akan merasakan nuansa tempat ngopi era kemerdekaan dulu sekitar tahun 40an. Keaslian rasa didapat dari cara memasak yang tak berubah, bahkan masih menggunakan ceret tinggi bersisi biang kopi yang khas. Hal yang sama juga nampak pada perapian. Bukannya menggunakan kompor, tapi ceret tersebut diletakkan di atas arang yang membara.

Menurut generasi kedua dari pemilik warung yaitu Ishak Holidi, cara itu berhasil menciptakan rasa dan aroma kopi yang lebih keluar. “Itu untuk bikin induk kopi, kapasitasnya satu kilogram, kopi bubuk yang diseduh pakai air, nanti itu kopi induk dituang melalui saringan kaos 555 ke gelas-gelas baru diseduh lagi pakai air, ada yang mau kentel sekali, ada yang suka encer saja, kita masih pakai tungku arang supaya aromanya keluar. Memang sekarang dicampur pakai gas juga sih karena cari arang susah. Perubahan dari pakai ceret tembaga ke aluminium itu enggak ada pengaruh ke cita rasa, sama saja,” kata Ishak

Itulah beberapa informasi seputar Kopi Kong Djie yang menjadi salah satu ikon kuliner Belitung paling fenomenal dan terkenal . Masih ada deretan kuliner Belitung lain yang nggak kalah istimewa, cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *