7 Rute Kereta dengan Pemandangan Fantastis, Pengen deh!

Advertisement

Kereta api merupakan salah satu transportasi yang paling nyaman digunakan untuk bepergian. Selain jalurnya tetap, kamu pun tidak akan terjebak macet seperti menggunakan kendaraan darat lain. Pemandangan menakjubkan dari sungai, ladang bahkan pegunungan hijau dapat kamu lihat saat menaikinya. Nah, kamu yang hobi liburan dengan kereta api, wajib menjajal beberapa besi berjalan yang terkenal karena melewati rute dengan pemandangan fantastis. Penasaran kan? Berikut rangkumannya!

1. Eastern & Oriental Express

Pemandangan Eastern & Oriental Express
Pemandangan Eastern & Oriental Express [image source]
Jalan-jalan dengan kereta? Naik saja Eastern & Oriental Express. Kereta satu ini beroperasi dari Singapura menuju Malaysia serta Thailand, dan sebaliknya. Bukan sembarang kereta, besi berjalan ini dirancang dengan fasilitas mewah mulai dari kamar tidur, makanan lezat hingga rute perjalanan melewati  alam. Ya, sebelum sampai di Kuala Kangsar untuk beristirahat sejenak, kamu bisa menikmati pesona hutan Malaysia yang subur dan eksotis. Nah, untuk mencoba traveling dengan Eastern & Oriental Express, kamu harus mengantongi uang sebesar USD $ 2155 atau Rp29.000.000,- dulu. Tenang, harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari loh! Berminat?

Eastern & Oriental Express
Eastern & Oriental Express [image source]

2. ExpoRail  (Kandy to Elly), Sri Lanka

Kandy to Elly
Kandy to Elly [image source]
Sri Lanka memang jarang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Padahal, di negara tersebut ada kereta mewah yang menawarkan pemandangan kece selama perjalananan. Ya, hamparan pegunungan teh akan tersaji sepanjang perjalanan dari Kandy ke Elly, juga sebaliknya. Dibandingkan dengan Eastern & Oriental Express, tiket kereta ini terbilang cukup murah, yaitu USD $ 13 atau sekitar Rp 173.000,-. Sayangnya harga tersebut tidak termasuk dengan makan malam serta teh nikmat khas Sri Lanka. Sekedar tips, untuk bisa menikmati perjalanan dengan kereta ini, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman. Tidak dilarang kok!

Kandy to Elly, Srilanka [image source]

3. KTX Train, Korea Selatan

KTX Kereta Api
KTX Kereta Api [image source]
Ingat dengan film Korea berjudul Train To Busan? Yap, film keren yang diperankan oleh Gong Yoo ini sukses besar dengan ceritanya yang berlatarkan gerbong kereta menuju ke Busan. Di dunia nyata, ternyata memang ada kereta yang mengantarkan penumpangnya dari Kota Seoul ke Busan. Namun lebih mewah dan menawarkan berbagai sensasi menyenangkan kepada wisatawan. Ya, besi berjalan ini bernama KTX Train yang waktu tempuhnya hanya 2 jam 45 menit. Selain pemandangan super indah selama perjalanan, fasilitas yang disediakan juga cukup mewah. Sementara untuk tiketnya sebesar USD $ 99 atau Rp1.330.000,-. Nah sampai di Busan, kamu bisa mengunjungi Busan Tower yang selama ini menjadi landmark kota pesisir ini. Tentu saja keindahannya tidak kalah dengan Seoul.

KTX Train
KTX Train [image source]

4. Glecier Express, Swiss

Glazier Express
Glacier Express [image source]
Tidak hanya di Asia saja, kereta mewah yang sepanjang rute perjalanannya menyajikan pemandangan eksotis juga ada di Eropa. Salah satunya di negara Swiss dengan kereta Glacier Express. Besi berjalan yang dijuluki sebagai kereta ekspres paling lambat di dunia ini menawarkan keindahan alam Pegunungan Alpen langsung dari dalam kereta. Bahkan hampir semua atap didesain menggunakan kaca agar pengunjung dapat menikmati pegunungan berlapis salju tersebut. Sayangnya, kendaraan satu ini akan diistirahatkan antara bulan Oktober hingga pertengahan Desember. Nah, jika ingin liburan dengan Glacier Express, lebih baik hindari bulan-bulan tersebut ya !

Glazier Express Eropa
Glacier Express Eropa [image source]

5. Bernina Express

Bernina Express
Bernina Express [image source]
Jika tidak memungkinkan untuk naik Glacier Express, kamu bisa mencoba menggunakan Bernina Express saat berkunjung ke Swiss. Ya, kereta ini dianggap sebagai saudara Glazier karena hampir memiliki kesamaan. Keberangkatannya dari Swiss ke Italia dalam waktu empat jam dan melewati 196 jembatan serta 55 terowongan. Tentu saja, kamu tidak akan bosan selama perjalanan. Tidak perlu jauh-jauh ke tempat wisata, jalan-jalan dengan Bernina Express sudah bikin kamu puas. Nah, untuk harga tiket dari Glacier Express sekitar USD $ 31 atau Rp412.000,-. Wah, berminat untuk mengintip indahnya salju tebal di Swiss?

Bernina Express Swiss
Bernina Express Swiss [image source]

6. Rocky Mountaineer

Kereta Rocky Mountaineer
Kereta Rocky Mountaineer [image source]
Swiss boleh bangga dengan keretanya yang mampu memperlihatkan keindahan Pegunungan Alpen. Namun, Rocky Mountaineer juga tidak kalah dengan menawarkan pemandangan alam khas Kanada sepanjang perjalanan dari kota Banff ke Vanouver. Dalam perjalanan kereta yang ditempuh dalam waktu dua hari ini, penumpang disajikan dengan panorama Pegunungan Rocky hingga danau eksotis di tepi rel. Selain cantiknya alam Kanada, sepur mewah ini juga menyediakan menu makan yang super lezat. Untuk tiket perjalanan dengan Rocky Mountaineer selama dua hari dibandrol dengan harga mulai $1779 atau Rp23.640.000,-.

Rocky Mountaineer
Rocky Mountaineer [image source]

7. Kuranda Scenic

Kuranda Scenic Railway
Kuranda Scenic Railway [image source]
Liburan dengan kereta memang menyenangkan, apalagi jika bisa memandang langsung objek wisata sepanjang perjalanan. Seperti Kuranda Scenic, sebuah kereta yang bisa mengantarkanmua dari Cairns, Queensland, Australia ke kota terdekat dari Kuranda. Selain hutan nan hijau di sini, kamu juga menikmati keindahan air terjun kecil yang eksotis dan terkenal di kalangan traveler Australia. Nah, untuk bisa merasakan serunya naik kereta ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang paling sedikit Rp550.000,- untuk tiketnya.

Kereta Kuranda Scenic
Kereta Kuranda Scenic [image source]
Nah, liburan tidak harus berjemur ke pantai kan? Naik kereta dan menjelajah beberapa kota yang cantik dan indah seperti di atas juga tidak kalah menyenangkan. Tentu saja kamu bakalan puas dan terkesan.

Advertisement
Tags
mancanegara traveling
Share