Kereta ini Menempuh Jarak 7000 Kilometer Sekali Jalan, Rutenya Luar Biasa!

trans siberian

Bisa keliling dunia sudah menjadi cita-cita banyak traveler. Ditambah lagi, kencangnya informasi tentang berbagai surga di negara lain semakin membangkitkan gairah untuk jalan-jalan. Sarana transportasi pun kini sudah cukup mudah dijangkau. Mau kemana pun, ada pesawat atau kereta api yang bisa mengantar.

Traveling dengan Kereta Api

Perjalanan panjang dengan kereta api
Perjalanan panjang dengan kereta api [image source]
Salah satu wahana transportasi yang bisa dipilih adalah kereta api. Sarana yang satu ini memang sempat kalah dengan pesawat yang kini memasang harga rendah. Namun, belakangan kereta api di beberapa negara termasuk Indonesia kembali diminati. Apalagi kalau bukan karena perbaikan di sana sini. Kamu tidak akan lagi berdesak-desakan dan berebut kursi. Untuk tiket kelas ekonomi pun, sudah tertera nomor tempat duduk masing-masing. Pedagang sudah tidak bisa berjualan, sehingga gerbong akan selalu bersih. Nyaman, deh.

Gerbong kereta
Gerbong kereta [image source]

Ini Salah Satu Jalur Kereta Api Terpanjang

Gerbong kereta resto
Gerbong kereta resto [image source]
Kalau ambil cuti panjang, boleh nih sekali-kali keliling dunia dengan menggunakan kereta api. Salah satu rute terpanjang yang ada adalah dari Cina ke Rusia dengan Trans-Mongol. Dilansir dari DailyMail, jarak yang ditempuh sejauh 4.300 mil dengan jangka waktu kurang lebih 7 hari untuk sampai ke tujuan. Sarana ini akhirnya juga digunakan untuk perdagangan di antara kedua negara. Indonesia juga pernah bercita-cita akan membuat rute panjang, yaitu dari Denpasar ke London, dan sebaliknya.

Bernyanyi bersama penumpang lainnya
Bernyanyi bersama penumpang lainnya [image source]

Bisa Melewati Beberapa Landmark Dunia

Tembok Besar China sebagai pemandangan
Tembok Besar China sebagai pemandangan [image source]
Dengan menaiki rute Cina-Rusia, para penumpang akan berada di atas commuter untuk menempuh jarak sekitar 7000 km selama berhari-hari. Yang terbayang adalah melelahkan, bukan? Namun, ada sisi bagus yang perlu dipertimbangkan dari perjalanan ini. Penumpang bisa melihat beberapa landmark terkenal di dunia sebagai pemandangan saat berkereta. Titik awal rute ini dimulai dari Beijing. Tembok Besar China pun termasuk dalam panorama perjalanan yang bisa dinikmati lewat jendela. Selain itu, kereta juga akan melewati Gurun Gobi, landmark Tiongkok yang lainnya.

Gurun Gobi
Gurun Gobi [image source]

Keuntungan Naik Kereta Jalur Panjang

Wisata Mongolia
Wisata Mongolia [image source]
Menyaksikan berbagai keindahan dunia dari jendela selama perjalanan bukanlah satu-satunya keuntungan naik kereta api dengan rute terpanjang. Fabien Astre, seorang fotografer yang juga salah satu penumpang menyatakan bahwa ia memutuskan berhenti di salah satu titik untuk berkeliling. “Saya berhenti di Mongolia dan berkeliling selama satu bulan. Akhirnya saya memulai perjalanan lagi dari Ulan Bator ke Moskow, yang memakan waktu enam hari di kereta” jelasnya. Wah, bisa menyaksikan sendiri warisan kerajaan dan juga festival-festival yang ada. Nah, terbayang bukan? Kamu bisa berhenti dan menjelajah setiap negara yang dilewati jalur ini.

Festival Kerajaan Mongolia
Festival Kerajaan Mongolia [image source]

Wisata Moskow

Kremlin
Kremlin [image source]
Berada di atas kereta api selama 7 hari, akan memberimu cukup waktu untuk merencanakan perjalanan selama di negara tujuan, yaitu Moskow. Salah satu yang paling sering kita lihat di beberapa film action adalah Kremlin, sebuah istana benteng bersejarah. Jangan lupa kalau negara ini kaya akan bangunan indah dengan arsitektur yang sangat cantik. Dari gereja, museum, hingga pertokoan dan juga kafe dibuat dalam model bangunan yang super menawan.

Gereja di Moskow
Gereja di Moskow [image source]
Wah, naik kereta api selama 7 hari ini patut dicoba. Setelah turun, mungkin bisa nambah saudara baru dari teman perjalanan, nih. Setuju, kan? Next