Jalan-jalan ke Gayo, Keramahan Alam di Negeri Serambi Mekkah

Ada tarian cantik, rumah dan seni kerajinan tradisional, hingga kuliner mantap bisa kamu nikmati dengan mudah di Gayo. Itu belum semuanya, tunggu sampai kamu menjelajahi alamnya yang begitu indah. Pengalaman wisatamu akan semakin lengkap dengan menjelajahi Tanah Gayo. Bukit-bukit hijau menjulang tinggi, air terjun bergemuruh, hingga lembah yang luas. Biar makin tahu, kamu harus menyimak beberapa tempat wisata Gayo berikut ini.

1. Gunung Birah Panyang

Mendakilah sampai ke puncaknya, kamu akan disuguhi dengan pemandangan luar biasa seperti sebuah surga. Di atas ketinggian kamu bisa memandang jauh ke depan, melihat hamparan Danau Laut Tawar  yang terkenal itu. Semilir angin gunung akan ramah menyapamu membawa kesejukan dan hawa dingin khas pegununungan. Gunung Birah Panyang berada di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Di sekitar Danau Laut Tawar, terdapat kawasan yang disebut Bur Birah Panyang, di situ biasanya penuh dengan para pemancing ikan. Setidaknya ada sekitar 100 orang yang melempar umpan. Nah setelah puas mendaki sampai ke puncak, kamu bisa turun untuk memancing.

2. Gunung Gereudong

Gunung Greudong
Gunung Greudong

Dalam bahasa setempat salah satu gunung di Gayo ini diberi mana Bur ni Geureudong. Letaknya dekat dengan Bur ni Telong. Menjulang tinggi dengan gagahnya sebagai penampakan alam yang indah. Begitulah gunung berjenis stratovolcano itu melekat di benak siapapun yang melihatnya. Sempat mengalami beberapa kali longsor, Gunung Gereudong tetap menyuguhkan keindahan. Di bagian lerengnya terdapat mata air panas. Letaknya ada di Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Jika ingin mendaki, kamu harus tetap ingat untuk menjaga diri dengan baik. Begitu juga dengan alam, harus dijaga dan nggak boleh dirusak dengan berbagai hal seperti sampah dan lain sebagainya.

3. Gayo Lues

Gayo Lues
Gayo Lues

Aceh memang tanah  yang mempesona, kesuburannya membuat berbagai macam tumbuhan hidup dan berkembang. Salah satu yang paling subur adalah daerah Gayo Lues dengan Taman Nasional Gunung Leusernya. Bukan hanya tanaman, kamu juga bisa menemukan berbagai satwa liar seperti orangutan Sumatera, black gibbon, dan lain-lainnya. Untuk sampai di sini, kamu harus melakukan perjalanan selama beberapa jam. Apalagi jika kamu berangkat dari Medan, perjalanannya bisa lebih dari 10 jam. Gayo Lues juga dijuluki negeri 1000 bukit, karena adanya deretan bukit-bukit hijau super keren. Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan selama ada di Gayo Lues, coba untuk hiking menjelajahi jalur-jalur yang akan membawamu pada pesona alam. Sungai-sungainya menantang untuk aktivitas air seperti rafting.

4. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar

Jadi, yang satu ini laut apa danau ya? Jawabannya adalah danau karena dikelilingi oleh daratan Aceh. Letaknya ada di  Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Hamparan danau yang luas dengan berbagai biota di perairannya, membuat Danau Laut Tawar jadi salah satu primadona di Aceh. Salah satu ikan yang habitatnya di danau tersebut adalah ikan depik. Selain itu, ada mamalia yang hidup di sekitarnya seperti  binturung, pukas, trenggiling, landak, kancil, napu, owa, siamang, tanado, harimau, kucing hutan, rusa, dan kijang. Karena populasi ikannya cukup banyak, kamu bisa menjadikan Danau Laut Tawar sebagai lokasi memancing.

5. Bur Kelieten bur-kelieten

Bur Kelieten juga merupakan kebanggaan Suku Gayo, jika kamu bisa sampai di puncaknya, maka suguhan panorama yang indah berupa bukit-bukit bersanding dengan danau akan menjadi tontonan yang tidak akan pernah kamu lupakan. Jalur menuju puncak sangat menantang, bebatuan terjal dan rimbunnya hutan akan menghadangmu, namun jangan buru-buru ciut nyali, karena keindahan yang menunggumu di puncak akan sebanding dengan lelah dan tenaga yang terbuang.

6. Bur Tunah Paya Tumpibur-tanah-paya

Gayo adalah negeri seribu bukit, jangan heran jika kamu akan menemukan banyak sekali gunung-gunung berdiri dengan puncak yang kokoh. Keindahan juga akan kamu dapatkan jika datang ke Bur Tunah Paya Tumpi, memang untuk sampai di sana kamu harus melangkahkan kaki menghadapi jalur hingga sampai di sebuah lokasi berupa padang savana. Padang rumput adalah tempat yang keren, kamu bisa berfoto atau merekam video di sini. Lokasi Bur Tunah Paya Tumpi ada di Takengon, sebuah wilayah yang menjadi ibu kota Aceh Besar.

7. Linge

Linge
Linge

Linge adalah salah satu destinasi wisata yang jadi kebanggan Aceh. Sampai saat ini, pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan infrastruktur dan sarana agar para wisatawan semakin betah di Linge. Kawasan berbentuk kecamatan tersebut, merupakan salah satu tempat orang Gayo bermukim. Tentu kamu akan disuguhi dengan tradisi-tradisi khas Gayo. Beberapa bangunan rumah adat bisa kamu temukan di sini. Selain itu, ada juga wisata-wisata lain seperti Atu Belah, Pinus, Hutan Alami dan Makam Reje Linge.

Itulah beberapa destinasi wisata yang keren di Gayo, tertarik untuk mengunjunginya? Next