Menikmati Indahnya Kepulauan di Sulawesi

Indonesia dikaruniai dengan banyak spot-spot indah yang menarik untuk dijelajahi lebih dalam. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak objek wisata alam. Nah, kali ini Travelingyuk akan mengajak Anda untuk mengintip indahnya Sulawesi. Sulawesi atau dulunya juga disebut Celebes, merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia atau keempat di Indonesia.

Selain itu, bentuk pulau Sulawesi juga sangat unik, karena terlihat seperti huruf K. Bukan cuma itu. Pulau ini juga terkenal dengan Kapal Pinisi-nya lho. Alat transportasi itu bahkan sudah tersohor sejak abad ke-14. Biar tidak penasaran, berikut adalah pulau-pulau indah di Sulawesi Selatan. Yuk simak selengkapnya!

1. Pulau Cangke

Pulau Cangke memang sedang populer di kalangan wisatawan, baik itu dari dalam atau pun luar negeri. Pulau ini masih menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Spermonde. Kebanyakan orang menamai pulau itu dengan sebutan Pulau Cinta. Untuk bisa sampai ke sana, Anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam dari Pelabuhan Paotere Makassar. Anda bisa menumpang perahu kayu untuk menuju pulau indah ini.

Asal-muasal dari sebutan Pulau Cinta sendiri dikarenakan ada sepasang suami-istri yang tinggal di pulau tersebut. Mereka adalah Daeng Abu dan Maidah. Kisah cinta mereka bahkan lebih dahsyat dari Romeo dan Juliet lho. Maidah rela menyepi ke pulau ini hanya untuk menemani suaminya yang terkena kusta. Dulu, penyakit kusta dianggap sebagai kutukan. Alhasil, Daeng Abu pun memutuskan untuk pindah ke pulau tak berpenghuni, yang sekarang kita kenal sebagai Pulau Cangke.

2. Pulau Kambing

Buat Anda yang suka berpetualang ke alam bebas, wajib banget untuk pergi ke pulau ini. Yah, namanya memang cukup unik. Pulau Kambing adalah sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 30 menit dari Tanjung Bira. Daya tarik utama dari pulau ini adalah kehidupan bawah lautnya yang menakjubkan. Tak heran jika banyak turis yang menjadikan pulau ini sebagai spot snorkeling.

Mencoba menggapai ā›°šŸ #nature #beautifulscenery #pulaukambing #mbojo #dhitajuliana

A post shared by Dhita Juliana (@dhitajuliana) on

Kenapa diberi nama kambing? Apakah bentuknya seperti kambing? Asal-muasal dari nama pulau ini tampaknya masih jadi misteri. Kenapa? Pertama, bentuk dari pulau ini, mau dilihat dari sudut manapun, memang tidak mirip kambing. Di sekitar pulau juga tidak ditemukan hewan itu. Nah lho, trus namanya kok gitu? Yah, itu memang masih menjadi misteri di kalangan wisatawan.

3. Pulau Kapoposang

Pulau selanjutnya yang patut Anda kunjungi saat liburan di Sulawesi Selatan adalah Kapoposang. Di sana, Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan warga lokal. Ada sekitar 100 KK yang hidup di pulau Kapoposang. Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda bisa menumpang boat dari Makassar dengan jarak sekitar 1 jam 20 menit.

Sayangnya, tidak ada pelayaran reguler di pulau itu, sehingga biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Namun, keindahan pulau ini akan membuat semua biaya yang Anda keluarkan terbayar tuntas. Kegiatan seru yang wajib dicoba di pulau ini adalah menyelam karena dunia bawah lautnya sangat menakjubkan. Bahkan, beberapa mengatakan kalau lagi beruntung, kita bisa bertemu hiu paus.

4. Pulau Lanjukang

“Surga” ini dinamakan Pulau Lanjukang. Memiliki luas sekitar 6 hektar, pulau ini punya pesona bawah laut yang tiada duanya. Jika Anda sedang tidak ingin snorkeling, Anda bisa menikmati keindahan pulau ini dengan berjalan kaki di sepanjang garis pantainya. Anda pun akan dibuai dengan hembusan angin nan sepoi, pasir pantai yang putih berkilau, serta air laut yang jernih.

Sedikit informasi untuk Anda, Lanjukang sendiri juga merupakan salah satu pulau terluar di wilayah Indonesia Timur. Untuk bisa sampai ke sana, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 40 km dari pusat Kota Makassar. Biasanya, pulau ini dipakai nelayan lokal untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pelayaran. Untuk sewa perahu, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 1-1,5 juta (pulang-pergi).

5. Pulau Lakkang

Pulau Lakkang terkenal dengan terumbu karangnya yang subur dan beraneka ragam. Pulau ini juga masih sangat alami dan sangat terjaga kebersihannya. Plus, air lautnya sangat jernih, yang membuat siapa pun yang melihatnya langsung ingin nyebur. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa naik kapal dari Dermaga Kera-kera di Makassar.

Pulau Lakkang sendiri sebetulnya adalah sebuah perkampungan yang berada di antara Sungai Tallo dan Pampang. Destinasi wisata ini juga sering disebut delta karena terbentuk akibat sedimentasi. Seperti halnya pulau Lanjukang, Lakkang juga termasuk pulau berpenghuni. Ada sekitar 300 KK yang tinggal di sana. Mereka kebanyakan mencari nafkah sebagai petambak dan nelayan.

6. Pulau Sembilan

Ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Untuk bisa sampai ke sana, Anda harus menumpang kapal kayu dari pelaburan Lappa, dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa naik speed boat yang hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Pulau Sembilan adalah gugusan pulau yang terdiri dari sembilan pulau. Dari kesembilan pulau tersebut, ada satu yang tak berpenghuni yaitu Pulau Larea-rea. Karena Pulau Sembilan begitu indah, terutama panorama pantainya, kepulauan ini sering dijadikan tempat mengambil foto pre-wedding lho. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut pulau-pulau di Sembilan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Inilah enam pulau indah yang wajib Anda kunjungi saat traveling ke Sulawesi Selatan. So, tunggu apalagi? Yuk bikin list tempat-tempat keren apa saja yang akan Anda kunjungi di Sulawesi.

Written by andi

andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *