Tips Menggunakan Kendaraan Sewaan Saat Berwisata

Membuat Liburan jadi seru itu susah-susah gampang, tergantung bagaimana kamu bikin perencanaan dan menyesuaikan dengan medan. Ya karena terkadang apa yang kita inginkan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Apalagi jika kamu termasuk traveler kelas hemat atau istilahnya backpacker. Salah satu masalah yang pasti kamu pikirkan adalah transportasi. Apakah mau mengandalkan angkutan umum atau menyewa kendaraan saja. Dalam beberapa keadaan dan tempat, menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor terbilang lebih murah.

Kamu juga bisa bebas ke mana-mana tanpa terikat dengan jalur seperti yang ada di pada angkutan umum. Kamu bisa mulai dengan mengumpulkan informasi terkait persewaan kendaraan di lokasi yang kamu tuju. Dari harga, jenis kendaraan dan lain sebagainya. Terus tinggal dibandingkan mana yang paling murah. Masih ada tips-tuips lainnya sih. Kali ini Travelingyuk akan memberikan ulasan tentang hal itu.

1. Wajib Memiliki SIM atau Izin Mengemudi Internasional

Namanya saja berkendara, tentu ada peraturan lalu lintas yang harus kamu patuhi. Apalagi saat ada di negeri orang. Jangan sampai kamu lupa membawa Surat Izin Mengemudi atau SIM. Berkas ini penting sekali untuk menunjukkan bahwa kamu dalam keadaan yang memungkinkan untuk berkendara dan paham dengan aturan-aturan di jalanan.

SIM [image source]
Nah jika tujuanmu adalah negara lain, perhatikan juga untuk mengurus Izin mengemudi Internasional. Ada sekitar 150 negara yang mengharuskan warga negara asing menggunakan SIM internasional jika berkendara di wilayahnya. Misalnya saja Jerman, Itali atau Spanyol.

2. Rencanakan Jadwal dan jalur Mengemudinya

Sebelum berangkat pastikan kamu sudah tahu ke mana arah dan bagaimana kondisi lalu lintas di jalan yang akan kamu ketahui. Hal ini beda dengan mengandalkan angkutan umum seperti taksi, kamu hanya tinggal duduk manis hingga sampai di tujuan. Buatlah perencanaan dengan matang dan cerdas, dengan begitu kamu bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Buat jadwal perjalanan [image source]
Sebagian jasa persewaan kendaraan menentukan batas jam pengembalian. Jika lebih akan dikenakan biaya tambahan, tentu kamu akan rugi sendiri. Dengan membuat perencanaan, kamu bisa melakukan perjalanan dengan tenang.

3. Asuransi

Biasanya mobil yang disewakan sudah memiliki asuransi. Maka jangan asal sewa saja tanpa tahu bagaimana peraturan yang berlaku di tempat kamu menyewa. Saat ada kerusakan pada kendaraan, pihak penyewa akan dikenakan biaya ganti rugi sesuai dengan kondisi.

Asuransi [image source]
Hal itu bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih Rental kendaraan. Kalau kamu pergi ke negara tertentu, diharuskan untuk mengurus asuransi juga, biasanya yang jangka pendek.

4. Aturan di Jalan

Ketika melakukan perjalanan dengan kendaraan pastikan kamu membawa surat-surat pentingnya ya. Seperti yang disebutkan tadi seperti SIM , Izin Mengemudi Internasional, Surat Kendaraan, Paspor dan lain sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan sendiri mana yang wajib dibawa.

Aturan di Jalan [image source]
Hal itu ternyata belum cukup, ada yang penting lagi. Yaitu perihal keselamatan dan aturan berkendara. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan batas kecepatan yang diperbolehkan. Termasuk juga menyediakan kuris khusus untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun.

5. Jasa Servis dan layanan Derek

Yang namanya kendaraan bisa saja mogok di mana-mana. Ya kalau dekat dengan bengkel sih tidak masalah tinggal panggil montirnya. Nah kalau kamu berada di tengah hutan bagaimana. Maka dari itu, kamu harus mencatat tempat-tempat servis kendaraan di sepanjang jalur yang kamu lalui.

Layanan Derek [image source]
Jangan lupa juga mencari tahu tentang layanan derek mobil. Akan lebih baik jika ada peralatan darurat seperti ban cadangan dan lain sebagainya. Serta pastikan mobil yang kamu sewa dalam keadaan baik.

Itulah beberapa tips jika kamu menggunakan kendaraan sewaan. Ingat keselamatan adalah hal yang paling penting dan gunakan barang milik orang lain dengan baik dan benar ya! Selamat berkendara, semoga selamat sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *