Jelajah Pemalang, dari Ekstremnya Arung Jeram hingga Magisnya Telaga Rengganis

Sebelum kita membahas artikel terkait potensi wisata yang ada di Pemalang. Mari sejenak uji kemampuan Geografi kamu. Kira-kira, Kabupaten Pemalang itu berada di provinsi mana dan dekat dengan kota apa? Hayo, kalau jawabannya Jawa Timur, salah, karena di provinsi ujung Jawa yang ada adalah Malang, bukan Pemalang.

Well, baiklah kalau begitu. Pemalang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki cukup banyak wisata alam mulai dari kawasan pesisir utara hingga ke kawasan pegunungan yang masih alami. Berikut potensi wisata di Pemalang yang wajib kamu sambangi dan jelajahi hingga puas.

1. Arung Jeram Sungai Comal

Arung Jeram Sungai Comal [image source]
Sungai Comal menyajikan pengalaman luar biasa bagi mereka yang hobi dengan petualangan. Bagaimana tidak, dari hulu sungai, pengunjung akan diajak menjelajahi derasnya air dan ngerinya bebatuan. Bayangkan, jarak 6-9 kilometer, pengunjung akan diajak seru-seruan sampai adrenalinnya terkuras habis.

Arung Jeram Sungai Comal yang mengasyikkan [image source]
Aliran sungai Comal sangat bersih dan jernih. Di sekelilingnya juga masih alami dan banyak rerimbunan hijau. Kawasan sungai yang masih alami membuat banyak pengunjung mau datang mencoba sensasi petualangan air yang sangat panjang. Oh ya, pengelola juga menyediakan fasilitas dokumentasi berupa video dan foto yang tidak mungkin kamu ambil di atas perahu.

Nama: Rainbow Rafting

Alamat: Jl. Raya Moga – Randudongkal Km.5 No. 99, Desa Kecepit, Moga, Warungpring, Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52354, Indonesia

No. Telepon: +62 877-4999-4077

2. Hutan Mangove Mojo

Hutan Mangove Mojo [image source]
Pemalang juga memiliki hutan mangrove yang cukup luas dan digunakan sebagai tempat wisata dan juga tambak. Pengelola hutan mangrove juga mengembangkan banyak bibit mangrove yang kelak akan ditanam lagi dan menghindari adanya abrasi dari air laut. Di sini, kamu bisa melihat aktivitas pengelola dan juga penduduk lokal yang lalu lalang mengantarkan pengunjung.

Hutan Mangove Mojo, spot foto [image source]
Berbeda dengan hutan mangrove pada umumnya, hutan ini ada pada sebuah pulau kecil di ujung sungai Comal. Artinya, kamu harus naik perahu terlebih dahulu sejauh 3 kilometer baru menginjakkan kaki ke kawasan hutan bakau yang dipenuhi spot Instragram-able yang sayang untuk dilewatkan.

Nama: Hutan Mangrove Mojo

Alamat:

3. Curug Duwur

Curug Duwur [image source]
Curug Duwur yang terletak 30 kilometer dari pusat Pemalang ini menyajikan pemandangan yang cukup mengesankan. Sekeliling curug hanya ada pemandangan hijau serta sungai yang mengalir dengan cukup deras. Kamu bisa mandi di curug sekaligus berenang di kawasan sungai yang alirannya sangat jernih.

Curug Duwur yang indah [image source]
Sebelum sampai ke kawasan curug yang indah ini, kamu harus menjelajahi kawasan persawahan yang cukup luas. Selanjutnya menyusuri hutan pinus, sungai, dan akhirnya sampai ke lokasi. Perjalanan memang cukup melelahkan tapi apa yang didapatkan akan mengobati semuanya. Serius!

Nama: Curug Duwur

Alamat: D

4. Gunung Mendelem

Gunung Mendelam [image source]
Penduduk sekitar gunung atau bukit Mendelem menyebut kawasan ini sebagai gunung jimat. Mengapa disebut demikian? Karena gunung ini konon memiliki banyak benda pusaka yang terpendam dan bisa dikeluarkan dengan ritual tertentu. Selain masalah magis yang cukup kental, gunung ini juga dijadikan spot wisata yang cukup menantang.

Gunung Mendelem, dari puncak [image source]
Dengan ketinggian sekitar 1454 mdpl, gunung ini cukup mudah untuk didaki. Itulah mengapa, kawasan ini sering dikunjungi oleh pendaki pemula. Mereka yang ingin mendaki gunung-gunung termasyhur di Indonesia biasanya latihan di sini beberapa kali sebelum memutuskan melakukan pendakian besar di Rinjani atau Semeru.

Nama: Gunung Mendelem

Alamat:

5. Gunung Gajah

Gunung Gajah [image source]
Hampir sama dengan kawasan gunung Mendelem, gunung ini tidak begitu tinggi atau sekitar 1100 mdpl saja. Meski tidak terlalu tinggi akses untuk menuju ke sana cukup menantang. Dengan jalan kaki dari desa terdekat dibutuhkan sekitar 4 jam dan menggunakan kendaraan seperti motor dibutuhkan waktu 1,5 jam.

Gunung Gajah, dari puncak [image source]
Gunung Gajah digunakan sebagai lokasi pendakian yang cukup menantang. Selain itu, beberapa orang juga menjadikannya sebagai lokasi pendakian tebing dengan medan yang cukup menantang sebelum sampai di puncak.

Nama: Gunung Gajah

Alamat:

6. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis [image source]
Telaga Rengganis terletak cukup jauh dari pusat Kabupaten Pemalang. Dibutuhkan waktu tempus sekitar 1,5-2jam untuk sampai ke sana. Dengan waktu tempuh yang tidak terlalu lama, kamu akan segera disambut dengan jernihnya kolam air raksasa plus hijaunya hutan yang mengelilingi kawasan yang masih sangat alami ini.

Telaga Rengganis yang menghijau [image source]
Saat mengunjungi telaga ini disarankan untuk membawa bekal sendiri baik makanan mau pun minuman. Lokasinya yang cukup terpencil dan belum dikelola dengan baik akan membuat kamu kesusahan mencari tempat makan. Oh ya, telaga ini memiliki cukup banyak ikan yang bisa kamu pancing sambil menikmati suasana sekitar yang lengang dan menenangkan.

Nama: Telaga Rengganis

Alamat: Desa Gapura, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia


Inilah beberapa destinasi wisata di Pemalang yang bisa kamu jelajahi ketika singgah. Jadi, lokasi mana saja yang akan kamu jadikan sasaran? Next