Gurun Pasir Busung, Cuilan Timur Tengah yang Eksotis di Indonesia

Bukit Pasir Busung

Gurun pasir memang memiliki keindahan tersendiri bagi pecinta traveling. Lautan pasir yang luas dan lanskap alam sempurna menjadikan banyak wisatawan asal Indonesia ingin menjelajahinya. Apalagi di momen Ramadan seperti ini. Kini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah atau juga ke Benua Afrika. Di Indonesia juga ada loh. Bukan di Jogjakarta, destinasi gurun satu ini berada di pulau Bintan dan memiliki keunikan tersendiri. Nah, penasaran kan ?

1. Gurun Mini di Pulau Bintan

Gurun Pasir Busung Bintan
Gurun Pasir Busung Bintan [image source]
Hal pertama yang muncul di benak kita saat mendengar nama Bintan adalah resort mewah yang tidak jauh dari laut. Belum lagi dengan pantai-pantai eksotisnya yang membuat siapapun betah tinggal lama di sana. Di Sebelah barat pulau ini terdapat kembarannya Gurun Sahara, yaitu Gurun Pasir Busung. Ya, objek wisata Bintan yang tengah hits di kalangan traveler. Dulunya merupakan tempat penambangan bauksit yang kini menjelma menjadi gurun pasir nan eksotis.

Danau di tengah gurun
Danau di tengah gurun [image source]

2. Destinasi Alam dengan Pepohonan Hijau di Sekitarnya

Foto OOTD di Gurun Pasir
Foto OOTD di Gurun Pasir [image source]
Seperti gurun di Timur Tengah, objek wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Pasir Busung ini memiliki beberapa gundukan yang eksotis. Bahkan di sisi lain ada dua buah gunungan pasir yang biasa didaki oleh pengunjung demi mendapatkan sudut sempurna dari tempat ini. Dari puncak, mereka dapat menikmati keindahan pepohonan khas negara tropis yang mengelilingi Desa Busung . Belum lagi dengan rerumputan seperti ilalang yang kering.

Foto OOTD di Gurun Pasir Bintan
Foto OOTD di Gurun Pasir Bintan [image source]

3. Spot Instagram-able yang Seru Dikunjungi dengan Sahabat

Spot Foto Unik di Gurun Pasir
Spot Foto Unik di Gurun Pasir [image source]
Yang tidak kalah menakjubkan dari wisata ini adalah warna pasir yang berbeda dari gurun lainnya. Pada umumnya, selalu berwarna cokelat hingga cokelat tua. Namun, kamu bisa melihat lautan pasir berwarna putih cokelat, merah mudah bahkan ungu. Tidak heran jika pengunjungnya makin bertambah sejak terekspos di media sosial. Bukan hanya untuk berwisata, tapi sebagian besar dari mereka memilh hunting foto di sini sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Nah, tertarik untuk berkunjung ke Gurun Pasir Busung?

Gurun Saharanya Indonesia
Gurun Saharanya Indonesia [image source]

4. Gurun Pasir Eskotis yang Dekat dengan Banyak Tempat Makan

Gurun Pasir Busung
Gurun Pasir Busung [image source]
Lokasi gurun pasir eksotis ini sendiri sebenarnya berada persis di pinggir jalan raya Busung, Kepulauan Riau. Karena itu pula aksesnya sangat mudah. Jika mengambil arah dari Kota Tanjungpinang, waktu yang bisa kamu habiskan berkisar antara 40 hingga 60 menit untuk sampai. Meski jauh, kamu tidak perlu khawatir kalau ingin mencari makanan enak di sini. Pasalnya, sekitar 2 km dari gurun sudah banyak warung makan bahkan angkringan, seperti Warung Flamboyan yang menyajikan berbagai makanan hingga kuliner enak khas Bintan.

Gonggong
Gonggong [image source]

5. Bermalam di Resort Mewah Tepi Pantai

Gurun Pasir di Bintan
Gurun Pasir di Bintan [image source]
Tidak hanya tempat makan, Gurun Pasir Busung juga dekat dengan hotel mewah di Bintan. Sebut saja The Canopi, yang bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan dari gurun. The Canopi sendiri merupakan resort lucu yang menawarkan sensasi bermalam layaknya berkemah dalam tenda. Sebanyak 41 buah tenda, masing-masing dikelilingi pohon hijau yang menyejukkan dan di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas penyejuk ruangan, ranjang berkelambu, bak mandi air panas di luar ruangan, serta koneksi WiFi. Nah, untuk bermalam di sini, kamu perlu menyiapkan uang paling sedikit Rp2.000.000,-.

The Canopi
The Canopi [image source]
Nama : Gurun Pasir Busung
Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152

Nah, untuk kamu yang dari Jakarta dan berniat liburan ke sini, langsung saja gunakan penerbangan langsung menuju ke Tanjung Pinang. Setelah itu, sewa mobil atau motor karena tidak ada jalur angkutan umum ke gurun pasir. Wah, kini tidak perlu ke Timur Tengah atau Afrika kan? Next