Hanya Ada di Jember, Gudeg Campur Pecel! Penasaran?

Siapa yang tak kenal dengan nasi gudeg? Kuliner Jogja ini bisa dibilang menjadi favorit turis lokal maupun asing. Banyak yang sengaja mampir ke wilayah Sultan Hamengkubuwono X tersebut demi menikmati sepiring nasi, sayur nangka, telur bacem, dan gak ketinggalan sambel kerecek. Yang tak kalah nikmat adalah pecel, yaitu bumbu kacang yang disiram pada nasi dan sayuran rebus. Nah, bagaimana kalau 2 kuliner enak itu disatukan? Ini dia jawabannya.

Dua Kuliner Enak Dalam Satu Piring

Warung Gudeg Pecel Lumintu
Warung Gudeg Pecel Lumintu [image source]
Jogja boleh punya gudeg sebagai kuliner andalan. Dan banyak daerah lai yang punya pecel enak sebagai daya tariknya. Namun, hanya di Jember kamu bisa menemukan dua kuliner ini di satu piring. Berlokasi di Jalan Kertanegara, Jember ada Pecel Gudeg Lumintu. Bayangkan, nasi dengan sayur nangka, sambel kerecek yang disiram bumbu pecel. Jangan lupa keripik peyek kacang yang menjadi pasangan setia pecel.

Nikmatnya Gudeg Pecel Lumintu
Nikmatnya Gudeg Pecel Lumintu [image source]

Enak dan Porsi Besar

Gudeg Pecel Luminto
Gudeg Pecel Luminto [image source]
Di warung Lumintu ini menu yang disediakan beragam, ada nasi gudeg, pecel, dan yang ketiga adalah campuran keduanya. Di mana lagi kamu bisa merasakan sensasi dua kenikmatan yang dijadikan dalam satu sajian? Untuk satu porsinya, pecel gudeg ini dibandrol harga sekitar 18 ribu rupiah. Kamu bisa juga menambah lauk seperti ayam panggang dengan bumbu merah menggoda. Porsinya pun banyak dan sepiring cukup untuk berdua dengan si dia, lho.

Pecel Lumintu Khas Jember
Pecel Lumintu Khas Jember [image source]

Pakai Nomor Antrian dan Cepat Habis

Pecel Lumintu murah
Pecel Lumintu murah [image source]
Waktu yang pas untuk menikmati sepiring pecel gudeg adalah pagi hari. Sarapan enak bisa menjadi semangat tersendiri untuk memulai hari, bukan? Lumintu buka dari jam 7 pagi sampai pukul 18 malam. Namun, biasanya tak sampai sore pun sudah habis. Warung ini memilih hari Sabtu untuk tutup dan beristirahat. Dari Alun-alun Kota Jember, lokasinya hanya berjarak 9 menit berkendara. Cocok nih untuk sarapan setelah jalan-jalan pagi di Alun-alun.

Gudeg Lumintu pakai nomor antrian
Gudeg Lumintu pakai nomor antrian [image source]

Kuliner Sekitar yang Wajib Dicicipi

Kedai Mie Mertua
Kedai Mie Mertua [image source]
Mumpung berada di lokasi ini, tak jauh dari Lumintu, ada Kedai Mie Mertua yang sempurna banget bagi penggemar makanan pedas. Tepatnya berada di Jalan Kertabumi, yang bisa ditempuh berjalan kaki dari warung gudeg pecel selama kurang lebih 5 menit. Untuk makanan penutup, boleh mencicipi yang manis-manis di Dapur Cokelatku, tepatnya di Jalan PB. Sudirman. Es krim seger banget, nih.

Es krim di Dapur Cokelat
Es krim di Dapur Cokelat [image source]

Wisata Keluarga di Dekat Lumintu

Tiara Water Park
Tiara Water Park [image source]
Selain Alun-alun, ada banyak wisata di tengah kota yang dekat dengan Lumintu. Acara refreshing bareng keluarga di hari Minggu bisa dimulai dengan sarapan pecel gudeg dan dilanjutkan berenang di Tiara Waterpark yang berjarak sekitar 20 menit. Jika ingin mencari yang lebih sepi, Cempaka Swimming Pool bisa menjadi pilihan. Kolam renang yang berada di Jalan Cempaka ini hanya berjarak 9 menit berkendara dari warung gudeg pecel. Minggu-minggu menghabiskan waktu di kota saja, sudah bahagia dan kenyang, kok.

Cempaka Swimming Pool
Cempaka Swimming Pool [image source]
Wah, jadi tahu kalau kuliner Jember yang wajib banget untuk dicicipi. Harus mampir nih untuk sarapan hari Minggu esok. Bagaimana, ada yang sudah coba? Next