8 Tempat Paling Direkomendasi Untuk Melihat Gerhana Matahari

Advertisement

Gerhana matahari total 2016 yang melintasi sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi dalam hitungan hari atau tepatnya pada tanggal 9 Maret mendatang. Sudah memutuskan terbang ke daerah mana untuk melihat fenomena alam yang sangat langka ini? Jika masih bingung memiliki daerah mana yang akan dikunjungi, berikut traveler rangkumkan 8 tempat yang paling direkomendasi untuk melihat gerhana matahari.

Gerhana matahari total yang akan terjadi bulan Maret ini akan melintasi 12 provinsi di Indonesia dan sisanya hampir seluruh wilayah negeri ini bisa menikmati gerhana matahari sebagian. Tapi diantara kota-kota di 12 provinsi tersebut ada beberapa kota yang paling lama mengalami gerhana matahari sehingga digadang-gadang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan fenomena ini. Mana saja tempat tersebut berikut Travelingyuk rangkum dari berbagai sumber untuk kamu sekalian.

1. Palembang

Kita mulai dari daerah di ujung barat Indonesia yang juga menjadi salah satu kawasan yang akan mengalami gerhana matahari total pertama kali yaitu Palembang. Mulai saat ini kamu bisa menyiapkan untuk mencari itinerary tempat liburan yang lapang di kota tersebut untuk menangkan fenomena gerhana matahari total lebih leluasa.

Rumah Adat Pelembang, via instagram
Rumah Adat Pelembang, via instagram

Gerhana matahari total di Palembang diperkirakan akan mulai terjadi sejak pagi dan mengalami puncaknya pada pukul 07.20 WIB yang mana durasi matahari tertutup bulan secara penuh akan berlangsung selama 1 menit 50 detik. Setelah gerhana selesai jangan langsung pulang sebab banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Museum Balaputra Dewa yang mana di sana ada rumah adat yang fotonya nampang di pecahan uang kertas nominal Rp. 10 ribu.

2. Bangka

Beralih ke sisi timur Palembang, traveler juga bisa menikmati gerhana matahari total di pulau Bangka. Bahkan ada beberapa operator tur yang menawarkan liburan gerhana yang dimulai sejak tanggal 8 Maret mendatang dimana fokus pengamatan akan dilakukan di Pantai Penyak yang ada di kawasan Bangka Tengah. Gerhana matahari di pulau Bangka akan berlangsung pada pukul 07.21 WIB.

Danau Biru Kaolin di Bangka, via instagram
Danau Biru Kaolin di Bangka, via instagram

Pulau Bangka sendiri terkenal memiliki banyak destinasi yang keren sayang untuk traveler lewatkan begitu saja. Mumpung sudah dipulau ini lanjutkan saja mengekplorasi wilayahnya setelah gerhana selesai. Banyak pantai menarik di bangka tapi satu tempat yang wajib disinggahi adalah Danau Biru Kaolin, kawasan bekas tambang yang berubah menjadi danau berwarna biru seperti Blue Lagoon di Islandia.

3. Belitung

Pulau Belitung menjadi salah satu daerah yang paling diburu wisatawan untuk melihat gerhana matahari total. Bahkan pemerintah setempat telah menyiapkan beberapa tempat yang akan menjadi fokus pengamatan diantaranya berada di dua kecamatan yaitu Manggar dan Damar yang berada di Belitung Timur.

Pulau Lengkuas Belitung, via instagram
Pulau Lengkuas Belitung, via instagram

Seperti saran dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) yang memberikan gambaran tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari adalah kawasan yang luas tidak terhalang pepohonan dan juga perbukitan maka ada beberapa tempat di Belitung yang masuk dalam kriteria yang dimaksud. Tempat-tempat tersebut antara lain Bukit Samak, Pantai Olipier, Pulau Buku Limau, Pantai Serdang dan Pantai Tambak. Kawasan Pulau Belitung sendiri akan mengalami puncak gerhana matahari sekitar pukul 06.24 WIB dan berlangsung selama 2 menit 2 detik.

4. Palangkaraya

Kota Palangkaraya tentu tidak boleh dilewatkan sebab kota ini akan dilewati jalur gerhana paling lama setelah Ternate. Gerhana matahari total di kota ini terjadi pada pukul 07:30:12 selama 2 menit 29 detik. Wisatawan akan sangat puas menyaksikan matahari yang tiba-tiba menjadi gelap karena tertutupi oleh bulan.

Taman Nasional Tanjung Puting, via instagram
Taman Nasional Tanjung Puting, via instagram

Pemerintah Kota Palangkaraya juga telah menyiapkan paket wisata untuk 40-50 wisatawan untuk bergabung dalam kegiatan pengamatan gerhana matahari. Pada tanggal 8-9 Maret mendatang di sana akan diadakan berbagai lomba seperti kesenian, fashion show, kuliner, upacara balian serta kearifan lokal. Fenomena gerhana matahari ini juga menjadi ajang promosi Palangkaraya ke dunia.

5. Balikpapan

Balikpapan menjadi satu dari beberapa kota di Indonesia yang juga dilewati gerhana matahari total pada 9 Maret. Gerhana tersebut diperkirakan sudah akan mulai pada pukul setengah delapan pagi dan mengalami puncaknya pada pukul 08.34.26,1 WITA. Gerhana di kota ini termasuk salah satu yang cukup lama dimana akan berlangsung sekitar 1 menit 10 detik.

Canopy Bridge, via instagram
Canopy Bridge, via instagram

Setelah gerhana selesai jangan langsung pulang sebab Balikpapan punya banyak tempat yang asyik untuk dijelajahi. Yang pertama bisa traveler kunjungi adalah Canopy Bridge yang terletak di Bukit bangkirai. Di tempat ini traveler bisa merasakan sensasi menapaki jembatan gantung di tengah hutan. Atau bisa juga datang ke Pasar Kebun Sayur, di pasar ini traveler bisa menemukan banyak penjual batu akik untuk oleh-oleh.

6. Palu

Palu tentu tidak boleh terlewatkan dalam daftar spot menyaksikan gerhana matahari total 2016 lantaran daerah ini menjadi salah satu daerah yang akan mengalami kegelapan sesaat yang cukup lama yakni lebih dari 2 menit. Gerhana matahari total di Palu akan berlangsung pada pukul 08:38:49 waktu setempat.

Pantai Talise, via instagram
Pantai Talise, via instagram

Salah satu spot yang menjadi incaran warga dan juga wisatawan saat di Palu adalah Pantai Talise. Pada kesehariannya pantai ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di sana. Mereka yang berkunjung ke pantai ini selain bermain air juga berburu momen sunrise dan sunset. Di pantai ini pula diperkirakan akan menjadi jujugan utama traveler maupun peneliti untuk mengamati gerhana matahari total. Apalagi si sekitar pantai banyak warung yang menjajakan makanan khas seperti jagung bakar, pisang epe, steak pisang dengan berbagai rasa, pisang goreng, kacang, sarabba, kopi susu dan beberapa jenis makanan lainnya.

7. Ternate

Ternate akan menjadi destinasi terbaik untuk melihat gerhana matahari total di tahun ini. Pasalnya kota ini akan mengalami gerhana matahari paling lama yakni pada kisaran 2 menit 39 detik yang terjadi pada pukul 09.51 waktu setempat. Pemerintah Kota Ternate bahkan telah menyiapkan 9 titik pengamatan yang tersebar di wilayahnya.

Pantai Sulamadaha Ternate, via instagram
Pantai Sulamadaha Ternate, via instagram

Tempat-tempat yang bisa traveler sambangi untuk menyaksikan gerhana matahari di Ternate antara lain lokasi swering 01 hingga kedaton Kesultanan Ternate yang mana keseluruhan tempatnya berada di bagian tengah dan utara Kota Ternate. Akan banyak sekali wisatawan yang datang termasuk kalangan ilmuwan dari mancanegara yang bergabung dalam pengamatan di Ternate. Kalau momennya sudah selesai, asyiknya bermain air di Pantai Sulamadaha.

8. Halmahera

Kota terakhir yang bisa dijadikan destinasi melihat gerhana matahari total adalah Halmahera. Berkunjunglah ke kota Kao di Halmahera Timur yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana. Total gerhana yang terjadi di daerah ini berlangsung selama lebih dari satu menit.

Pantai Kupa Kupa Halmahera, via instagram
Pantai Kupa Kupa Halmahera, via instagram

Selain itu dengan memilih Kota Kao di Halmahera, traveler juga berkesempatan menyambangi tempat-tempat bersejarah serta pantai-pantai yang indah. Sedikit informasi bahwa Kota Kao adalah basis tentara Jepang pada tahun 1942-1945 sehingga banyak bangunan peninggalan di sana yang membuat kota ini dijuluki Tokyo Kecil. Pantai-pantai yang bisa dikunjungi antara lain Pantai Gamlaha dan Pantai Sosol.

Pilih kota mana untuk menyaksikan gerhana matahari total mendatang guys?

Advertisement
Tags
Balikpapan Bangka Belitung Halmehra Indonesia Kalimantan Tengah Kalimantan Timur Palangkarya Palembang Palu Sumatra Selatan Ternate Wisata
Share