Geopark Ciletuh, Ada Air Terjun Cantik Hingga Pantai Menarik

Jalan-jalan ke Jawab Barat nggak melulu harus ke Bandung. Bandung memang terkenal dengan Lembang dan juga kuliner luar biasa menggoda. Namun, Jawa Barat juga punya Sukabumi, yang ternyata menyimpan surga wisata. Yap, Sukabumi yang berbatasan dengan Bandung ini punya tempat wisata komplit di satu tempat.

Adalah Geopark Ciletuh, merupakan taman alam batuan purba yang terbentuk menjadi indah setelah mengalami pelapukan selama jutaan tahun. Taman ini baru-baru saja diresmikan menjadi Geopark. Di sini, terdapat banyak spot wisata yang wajib dikunjungi satu-persatu. Dari air terjun atau yang biasa disebut curug, pantai, hingga sawah, semuanya sungguh indah dan membuat tak bisa berkata-kata. Seindah apa, sih? Yuk, lihat foto-fotonya di bawah ini.

Curug Awang

Curug Awang, Geopark Ciletuh
Curug Awang, Geopark Ciletuh (image source)

Geopark Ciletuh memiliki sederetan air terjun, atau yang juga dikenal dengan sebutan curug. Salah satu dan yang paling terkenal adalah Curug Awang. Kenapa? Karena Curug Awang ini juga disebut-sebut sebagai Niagara mini-nya Indonesia. Dari kejauhan, Curug Awang memang menyerupai Air Terjun terbesar di dunia tersebut, Niagara. Jelas saja ini versi mininya. Saat musim penghujan, debit air di air terjun juga meningkat. Dan kalau beruntung, kamu akan diberi salam oleh pelangi.

Penampakan Curug Awang Geopark Ciletuh dari atas
Penampakan Curug Awang Geopark Ciletuh dari atas (image source)

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung, Geopark Ciletuh
Curug Cimarinjung, Geopark Ciletuh (image source)

Curug Cimarinjung sudah bisa terlihat dari pertama kali mulai melangkahkan kaki di Geopark Ciletuh. Curug ini juga merupakan salah satu curug yang mudah dijangkau. Hanya perlu mengikuti jalan setapak sepanjang sekitar 400 meter, maka pemandangan indah Curug Cimarinjung ini sudah bisa dinikmati langsung di depan mata. Deretan tebing-tebing raksasa yang berwarna coklat di sekelilingnya membuat air terjun satu ini terlihat sangat gagah. Rugi banget nih kalau nggak basah.

Curug Cimarinjung dari dekat, Geopark Ciletuh
Curug Cimarinjung dari dekat, Geopark Ciletuh (image source)

Curug Sodong

Keindahan Curug Sodong, Geopark Ciletuh
Keindahan Curug Sodong, Geopark Ciletuh (image source)

Jangan bermimpi bisa mencapai deretan air terjun cantik dengan mudah, apalagi saat musim hujan. Namun, Curug Sodong merupakan pengecualian. Dari sederetan air terjun di Geopark Ciletuh, Curug Sodong merupakan yang paling mudah dijangkau. Kamu bisa parkir mobil langsung di depan air terjunnya, lho. Di lokasi ini juga bisa dinikmati sambil piknik. Duduk berdua menikmati air terjun sambil bakar-bakar ikan juga bisa jadi ide kencan yang seru, lho.

Curug Sodong, Geopark Ciletuh
Curug Sodong, Geopark Ciletuh (image source)

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh (image source)
Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh (image source)

Yang doyan hiking, di Geopark Ciletuh ini hobi itu bisa sangat tersalurkan. Untuk mencapai Curug Cikanteh, bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja dari Curug Sodong. Tapi, jangan salah. Kamu harus lebih dulu melewati jembatan untuk menyeberangi sungai, juga akan melewati batu-batu licin. Kamu juga harus menaklukkan berbagai tanjakan sebelum akhirnya disuguhi keindahan Curug Cikanteh yang bikin melongo.

Cantiknya Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh (image source)
Cantiknya Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh (image source)

Curug Tengah

Curug Tengah, di Geopark Ciletuh
Curug Tengah, di Geopark Ciletuh (image source)

Curug Tengah bisa dibilang masih satu saudara dengan Curug Awang. Diberi nama Curug Tengah karena lokasinya yang diapit oleh dua air terjun lainnya, yang merupakan keunikan dari curug yang satu ini. Selain itu, Curug Tengah ini airnya mengalir pas di tengah tebing yang luas. Air yang mengalir dari Curug Tengah ini mengisi danau di bawahnya yang cukup luas untuk berenang. Namun, kamu harus hati-hati, karena di beberapa titik masih sangat dalam.

Curug Tengah, Geopark Ciletuh
Curug Tengah, Geopark Ciletuh (image source)

Taman Purba

Bagian dari Geopark Ciletuh (image source)
Bagian dari Geopark Ciletuh (image source)

Namanya saja Geopark, sudah tentu taman ini merupakan geologi yang memiliki keindahan alam berupa pemandangan alam dan batuan-batuan tua. Banyak batu-batu tua yang sudah mengalami pelapukan, atau yang muncul lagi ke permukaan. Pemandangan batu-batuan besar dan tebing-tebing yang gagah di Geopark Ciletuh ini mengingatkan dengan masa saat Dinosaurus masih ada.

Taman Purba, Geopark Ciletuh (image source)
Taman Purba, Geopark Ciletuh (image source)

Puncak Darma

Puncak Darma, Geopark Ciletuh (image source)
Puncak Darma, Geopark Ciletuh (image source)

Penggila dan hunter sunset harus mencoba ke puncak yang satu ini. Puncak Darma terdapat di ketinggian 230 mdpl di atas Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai Puncak Darma bisa ditempuh dengan jalan kaki, dengan ojek, atau naik mobil 4 WD. Jika punya banyak waktu, nggak ada salahnya memilih hiking untuk bisa sampai puncak. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai puncak dan menikmati pemandangan Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda dari ketinggian. Sunset di spot ini juga kelewatan cantiknya.

Pemandangan dari Puncak Darma, Geopark Ciletuh (image source)
Pemandangan dari Puncak Darma, Geopark Ciletuh (image source)

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan, Geopark Ciletuh (image source)
Bukit Panenjoan, Geopark Ciletuh (image source)

Bukit Panenjoan merupakan tebing yang berada di ketinggian sekitar 250 mdpl di atas kawasan Geopark Ciletuh, Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bukit ini bisa juga disebut gerbang yang menyambut saat memasuki area Geopark Ciletuh. Dari bukit ini, merupakan spot sempurna untuk menikmati keseluruhan area Geopark Ciletuh dari ketinggian. Aksesnya sangat mudah, membuat bukit ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat digemari.

Pose cantik di Bukit Panenjoan, Geopark Ciletuh
Pose cantik di Bukit Panenjoan, Geopark Ciletuh (image source)

Pantai Palangpang

Pose di Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh
Pose di Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh (image source)

Pantai Palangpang merupakan muara dari Curug Cimarinjung. Dari pantai ini, pemandangan indahnya Curug Cimarinjung pun masih terlihat meski dari kejauhan. Pantainya yang berbentuk tapal kuda dipenuhi pasir-pasir yang halus dan sedikit mengandung karang. Tak akan menyakiti kaki meski kamu memutuskan untuk berjalan di pantai tanpa alas kaki. Ingat, jangan buang sampah sembarangan, ya.

Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh
Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh (image source)

Nah, sudah lihat kan ada surga apa di Sukabumi, Jawa Barat? Well, Geopark Ciletuh bisa banget kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan weekend bareng pacar atau keluarga. Bagaimana, yakin nggak tertarik untuk menyaksikan keindahan curug-curug ini dengan mata sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *